Kategori Selebgram yang Bakal Kena Pajak

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 22 Januari 2019 19:15
Kategori Selebgram yang Bakal Kena Pajak
Pemerintah sedang mengkaji lebih seksama ketentuan perpajakan bagi artis Instagram dan Youtube.

Dream – Pemerintah saat ini sedang mengkaji aturan pengenaan pajak bagi selebriti Instagram (selebgram) atau YouTubers. Wacana ini sebetulnya sudah cukup lama berkembang namun kini gambarannya semakin jelas.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, memastikan tak semua Selebgram akan dikenakan penarikan pajak tersebut. Ketentuan pajak hanya diberikan jika selebgram mendapat penghasilan di atas Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP).

Untuk kategori selebgram yang bebas dari pajak adalah mereka yang penghasilan selama setahun masih di bawah ketentuan PTKP yakni Rp45 juta hingga Rp54 juta.

" Namun, kalau sampai sangat terkenal dan pendapatannya sampai setengah miliar, ya itu baru kena pajak," kata Sri Mulyani di Jakarta, dikutip dari laman Liputan6.com, Selasa 22 Januari 2019.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) DJP, Hestu Yoga Saksama menjelaskan pemerintah selama ini memang belum memiliki aturan khusus yang mengatur pengenaan pajak bagi para selebgram.

" Tetapi bukan berarti para selebgram tidak memiliki kewajiban membayar pajak. Dalam hal ini berlaku ketentuan pajak secara umum," kata dia.

Yoga menjelaskan, aturan mengenai pajak penghasilan tidak merinci sebuah profesi. Yang jelas, mereka yang wajib membayar pajak penghasilan yakni tidak masuk dalam kategori PTKP.

" Atas penghasilan selebgram, tentu saja merupakan obyek PPh, dan wajib dilaporkan dalam SPT Tahunan serta dibayar PPhnya," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Andina Librianty)

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Jokowi Menanggapi Desakan Pembentukan TGPF kerusuhan Bawaslu