Relakan 15 Menit Waktu Tes untuk Sholat, Peserta Ini Lulus CPNS

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 9 November 2018 17:14
Relakan 15 Menit Waktu Tes untuk Sholat, Peserta Ini Lulus CPNS
Di saat peserta harus berkonsentrasi penuh 90 menit, peserta wanita ini memilih mendirikan sholat. 15 menit waktu yang seharusnya dipakai mengerjakan soal direlakannya untuk sholat.

Dream - Banyak peserta berlomba-lomba untuk lolos tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Dengan waktu 90 menit, mereka harus berjibaku dengan sederet soal Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dan Tes Wawasan Kebangsaan (TKD).

Tahapan tes kedua setelah seleksi administrasi ini memang banyak menggugurkan para pelamar.

Peserta yang ingin lolos SKD memang harus mencapai Passing Grade (PG) yang ditetapkan. Tak heran beragam cara dilakukan peserta temasuk membawa jimat keberuntungan agar bisa lulus. 

Namun, cara ini tidak diikuti oleh peserta seleksi CPNS bernama Uswatun Hasanah. Wanita asal Gorontalo justru melepas waktu 15 menit ketika SKD berlangsung.

Dia menggunakan waktu itu untuk menunaikan sholat Ashar.

Meskipun kehilangan waktu pengerjaan SKD, Uswatun lolos PG. Dia mendapatkan total skor 309 dari TWK 85 poin, TIU 80, dan TKP 114.

" Miris juga ada sobat yang masih berpikiran negatif. CAT (computer assisted test) is the real competition. No KKN. Kita harus yakin bahwa Tuhan yang mengatur nasib setiap hambanya. Buktinya, teman kita dari Gorontalo, Uswatun Hasanah, kehilangan waktu 15 menit demi salat Ashar. Dia tetap yakin ada Allah yang menolongnya, dan hasilnya PG," cuit Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKKPD) Pohuwatu, @bkkpdpohuwatu, dikutip Dream, Jumat 9 November 2018.

 

1 dari 3 halaman

Warganet Salut

Sikap Uswatun membuat warganet terharu. Mereka juga mengapresiasi Uswatun yang mendahulukan ibadah daripada tes.

" Memang betul kalau kita mendahulukan Allah dan menjaga sholat kita, Allah juga akan mendahulukan daripada orang lain," kata @muneera_q.

" Pantes lulus, lah Allah didahulukan daripada CAT dan masih ada yang nyinyir," cuit @firmanfarmoen.

" Seperti namanya, Uswatun Khasanah (teladan yang baik). Salut sama mbaknya. Barakallaahuffikum, Mbak," cuit @tiwiksiwi.

" Percaya bahwa Allah SWT tempat untuk memohon, meminta kelancaran itu merupakan koentji. Barakallah, mbak Uswatun Khasanah," cuit @Mantan_Kabogoh.

2 dari 3 halaman

Peserta Tes CPNS Jenius, Kerjakan Soal Cuma 29 Menit dan Lolos!

 Ingat, Kamu Hanya Bisa Daftar 1 Posisi di Seleksi CPNS© MEN

Dream - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) memiliki cerita yang unik-unik. Mulai dari mempelai yang " kabur" dari resepsi untuk mengikuti tes sampai melahirkan usai mengerjakan tes.

Tak hanya kocak, aura mistis juga mewarnai tes SKD beberapa waktu lalu. Pemicunya adalah pengawas yang menemukan salah seorang peserta membawa jimat untuk ujian.

Cerita baru ini mungkin cukup mencengangkan. Seorang peserta CPNS menyelesaikan tes tes SKD dalam waktu yang sangat cepat. Waktu yang dihabiskan untuk menggarap soal-soal SKD kurang dari satu jam.

Sekadar informasi, peserta diberikan waktu 90 menit untuk menggarap Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kepribadian (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Peserta itu bukan tak bisa menyelesaikan soal ujian. Sebaliknya, dia lolos passing grade yang ditetapkan.

Namanya Nurul Fajri Aulia. Dia merupakan peserta tes CPNS untuk formasi di Kementerian Keuangan.

" #SobatBKN, Nurul Fajri Aulia peserta formasi @KemenkeuRI di tilok (titik lokasi) Kantor Walikota Jakarta Barat mendapat nilai yg memenuhi Passing Grade hari ini," cuit Badan Kepegawaian Negara (BKN) di akun Twitternya, @BKNgoid, Rabu 7 November 2018.

BKN menyebut Nurul mengerjakan soal dalam waktu 29 menit. Dia mendapatkan total skor 343 dengan rincian TWK 95, TIU 100, dan TKP 148.

" Sayang sekali mimin tdk sempat selfie dengannya #2019JadiASN,"  cuit BKN.

 

3 dari 3 halaman

Bikin Takjub

Warganet takjub dengan " kehebatan" Nurul mengerjakan soal SKD. Sudah soalnya panjang-panjang, lolos passing grade pula.

" Setengah jam nyampai passing grade? Gokil. Saya yang waktu 90 menit saja rasanya masih kurang. Itu pun tidak sampai passing grade," cuit @ailamaadn.

" Bisa cuma 29 menit Ya Allah, bagaimana ceritanya?" cuit @Demmanyai.

" Jago bangeeettt sih mbaknya Ya Allah. Semoga nular," cuit @mutiaapus.

Malah, ada yang bercanda bahwa peserta itu adalah penjual onlineshop karena saking teliti membaca soal.

" Kayaknya dia admin olshop deh. Jadi jeli, teliti, dan hafal bingit. heuheuheu," cuit AKN_46.

Beri Komentar