Berbagi Tak Harus dengan Rupiah

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 22 Maret 2019 19:15
Berbagi Tak Harus dengan Rupiah
Kamu bisa berbagi dengan orang lain, misalnya, dengan tenaga atau ide.

Dream – Pernahkah beranggapan kita belum mampu atau merasa belum cukup secara materi sehingga tak bisa memberi bantuan kepada orang lain?

Sebenarnya, arti memberi itu berbagi kepada orang lain dengan ikhlas. Kuncinya adalah ikhlas. Bukan seberapa besar yang kita berikan kepada orang lain. Tidak sebatas materi.

Inilah yang ditekankan oleh influencer sekaligus desainer busana Muslim, Lulu Elhasbu.

“ Kalau dengar kata ‘berbagi’, kita sering berpikir punya uang enggak, ya?,” kata Lulu dalam acara “ Jangan Takut Berbagi” di Piknik @ArifInn, Jumat 22 Maret 2019.

“ Padahal, bisa dari diri kita sendiri, kayak tenaga, ide juga bisa. Atau, bahkan kita mengajarkan sesuatu yang kita bisa kepada orang lain,” tambah dia.

 Selain uang, kita bisa berbagi dengan ide atau tenaga.© Dream.co.id/Tri Yuniwati Lestari

Dia mengatakan, media sosial juga mempermudah untuk berbagi kebaikan dengan sesama. Misalnya, berbagi hal-hal baik di media sosial.

“ Kita sudah menyebarkan kebaikan ke banyak orang,” kata Lulu.

Manajer Komunikasi Dompet Dhuafa, Etika Setiawanti, mengatakan, acara berbagi ini sering dilakukan oleh Dompet Dhuafa. Misalnya, untuk Ramadan, ada kegiatan-kegiatan yang bisa diikuti oleh siapa pun.

“ Kami, Dompet Dhuafa, sudah menyusun acara seperti untuk Ramadhan ini, seperti parsel Ramadhan, yaitu memberikan bingkisan paket sembako dan baju Lebaran.”

“ (Ada juga) berbagi harapan untuk Palestina, Ramadhan Tenang Damai. Kami menggalang donasi sehingga mereka bisa menjalankan Ramadhan dengan tenang seperti kita,” tambah Etika.

Dia mengatakan acara berbagi seperti itu juga dilakukan hari ini. Dompet Dhuafa menggandeng Wardah dan para influencer untuk melakukan decoupage, yaitu menggunting dan menempel di atas tas pandan kerajinan asli dari Tasikmalaya, Jawa Barat.

Nantinya, tas ini akan dilelang oleh Dompet Dhuafa untuk dapat didonasikan langsung kepada orang-orang yang membutuhkan dan korban-korban bencana alam. Kalian bisa cek langsung Instagram @DompetDhuafa atau dapat cek #JanganTakutBerbagi.

Laporan: Tri Yuniwati Lestari

Beri Komentar
Video Kondisi Terkini WNI dari Wuhan di Natuna