LinkAja Mempermudah Masyarakat Untuk Belanja Online Di Pasar Tradisional.
Dream – Teknologi belanja online semakin memudahkan masyarakat Indonesia selama masa pandemik Covid-19 saat ini. Tak hanya belanja online di minimarket, sekarang masyarakat Indonesia juga bisa memesan barang sembako di pasar tradisional.
Layanan terbaru ini disediakan platform e-Commerce LinkAja yang bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). LinkAja menyediakan solusi pembayaran pembelanjaan secara online di 18 pasar tradisional di Jakarta.
Dikutip dari keterangan tertulis, Selasa 26 Mei 202, belasan pasar tradisional ini terbagi menjadi tiga sektor. Sektor satu terdiri dari Pasar Senen, Pasar Kue Senen, Pasar Jaya Gondangdia, Pasar Cempaka Sari, Pasar Poncol Jaya. Sektor dua terdiri dari Pasar Kebayoran Baru, Pasar Mayestik, Pasar Santa, Pasar Blok A, Pasar Jaya Cidodol, Pasar Cipulir, dan Pasar Buah Barito.
Terakhir adalah pasar tradional di sektor tiga terdiri dari Pasar Muara Karang, Pasar PIK, Pasar Kamal, Pasar Rawa Gabus, Pasar Lima Lima, dan Pasar Muara Angke.
Direktur Utama LinkAja, Haryadi Lawidjaja, menjelaskan pedagang pasar tradisional menjadi salah satu UMKM yang paling rentan terdampak pandemi corona. Dengan kerja sama ini, jasa layanan uang elektronik pelat merah tersebut bisa membantu para pengguna untuk mempermudah belanja di pasar tradisonal.
“ Kami harap inisiatif yang didukung oleh Kemkominfo ini dapat meringankan beban kita semua dalam menghadapi berbagai tantangan sehari-hari di era pandemi COVID-19,” kata Haryati.
Kepala Subdirektorat Pengembangan Ekonomi Digital Pariwisata, Transportasi dan Perdagangan Kominfo, Sumarno, mengatakan pandemi ini memukul omzet para pedagang UMKM. Dengan kerja sama ini, pedagang bisa terbantu agar bisa berjualan secara online.
“ Kehadiran LinkAja sebagai penyedia layanan pembayaran elektronik (digital payment) diminta juga berperan aktif untuk memberikan kemudahan dalam pembayaran dengan menggunakan uang elektronik, sehingga baik penjual dan pembeli akan semakin dimudahkan,” kata Sumarno.
Cara untuk berbelanja berbagai kebutuhan rumah tangga di berbagai pasar ini cukup mudah. Pengguna LinkAja dapat menghubungi nomor telepon Mitra Pasar LinkAja yang terdekat dengan area tempat tinggal, memberi tahu daftar kebutuhan apa saja yang akan dibeli, lalu mitra pasar LinkAja akan memberikan total nominal harga yang harus dibayarkan.
Untuk proses transaksinya, Mitra Pasar LinkAja akan mengirimkan QR Code, sehingga para pelanggan dapat melakukan scan atau upload QR Code di Aplikasi LinkAja di handphone masing – masing. Setelah transaksi berhasil dilakukan, barang pun siap untuk dikirimkan ke tempat pelanggan.
Para pengguna LinkAja pun dapat menikmati cashback sebesar 20 persen dengan nominal maksimal Rp5 ribu untuk setiap transaksinya, yang berlaku hingga tujuh kali transaksi dalam satu minggu.
Sekadar informasi,LinkAja telah dapat digunakan di lebih dari 400 ribu merchant di seluruh Indonesia, 380 e-commerce, 451 pasar tradisional, 189 partner donasi digital, 380 e-commerce, pembayaran dan pembelian kebutuhan sehari hari seperti pulsa telekomunikasi, token listrik, tagihan rumah tangga, iuran BPJS, hingga berbagai layanan keuangan lainnya seperti transfer ke semua rekening bank dan tarik tunai tanpa kartu.
Selain itu, LinkAja juga dapat digunakan di satu juta titik transaksi untuk pengisian dan penarikan saldo, yang meliputi ATM, transfer perbankan, jaringan ritel, hingga layanan keuangan digital.
Advertisement


IOC Larang Indonesia Jadi Tuan Rumah Ajang Olahraga Internasional, Kemenpora Beri Tanggapan

Ada Komunitas Mau Nangis Aja di X, Isinya Curhatan Menyedihkan Warganet

Wanita 101 Tahun Kerja 6 Hari dalam Seminggu, Ini Rahasia Panjang Umurnya

Kenalan dengan CX ID, Komunitas Customer Experience di Indonesia

Ranking FIFA Terbaru, Indonesia Turun ke Peringkat 122 Dunia

Warung Ayam yang Didatangi Menkeu Purbaya Makin Laris, Antreannya Panjang Banget