Masuk Kerja Saat Pilpres? Kamu Dapat Uang Lembur

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 17 April 2019 07:00
Masuk Kerja Saat Pilpres? Kamu Dapat Uang Lembur
Kamu juga tetap bisa nyoblos.

Dream - Masyarakat Indonesia menyalurkan aspirasinya melalui pemungutan suara, Rabu 17 Aprl 2019. Untuk pesta demokrasi ini, pemerintah memutuskan untuk menetapkannya sebagai hari libur nasional.

Meski demikian, sejumlah kantor tetap meminta beberapa karyawan untuk tetap masuk kerja. Memang harus diakui, kondisi setiap kantor berbeda-beda. Ada yang meliburkan seluruh karyawan, tak sedikit pula yang tetap menyalakan roda perusahaannya.

Tapi, bagi karyawan yang tetap masuk kerja jangan bersedih hati. Sebab, sesuai ketentuan, kamu berhak mendapatkan kompensasi berupa uang lembur.

Kompensasi ini tertuang dalam Keputusan Menteri Ketenagakerjaan No. 1 Tahun 2019 tentang Hari Libur Pekerja/Buruh pada Pelaksanaan Pemungutan Suara Pemilihan Umum Tahun 2019.

" Pekerja/buruh yang bekerja pada hari dan tanggal pemungutan suara, berhak atas upah kerja lembur dan hak-hak lainnya yang biasa diterima pekerja/buruh yang dipekerjakan pada hari libur resmi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulis regulasi ini, dikutip dari situs Kementerian Ketenagakerjaan, Selasa 16 April 2019.

1 dari 1 halaman

Tetap Bisa Nyoblos

Aturan ini mewajibkan pengusaha untuk memberikan pekerja untuk menyalurkan hak pilihnya. Perusahaan juga bisa mengatur waktu kerja agar mereka tetap bisa nyoblos.

" Apabila pada hari dan tanggal pemungutan suara tersebut pekerja/buruh harus bekerja, maka pengusaha mengatur waktu kerja agar pekerja/buruh tetap dapat menggunakan hak pilihnya," tulis Keputusan Menteri ini.

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair