Transaksi Fesyen Online Meningkat, Ini 3 Kata Kunci Paling Dicari di 2019

Reporter : Cynthia Amanda Male
Rabu, 12 Februari 2020 18:45
Transaksi Fesyen Online Meningkat, Ini 3 Kata Kunci Paling Dicari di 2019
Ada tiga kata kunci produk fashion paling dicari

Dream - Belanja pakaian maupin aksesoris secara online bukan lagi hal yang tabu. Para pelapak juga mulai menyadari pentingnya kualitas dan informasi lengkap terkait produk yang mereka tawarkan.

Saat booming belanja fashion via online berkembang, memang masih banyak masyarakat yang ragu berbelanja karena ukuran, warna atau kondisi yang sering berbeda dengan aslinya.

Head of Fashion & Lifestyle Shopee Indonesia, Adi Rahardja meyakinkan mayoritas brand fashion terpercaya telah mencantumkan detail ukuran, dimensi, bahan, tekstur pakaian, motif serta potongan.

Kelengkapan informasi yang dilakukan ini telah berdampak pada peningkatan penjualan produk fashion online pria maupun wanita.

" Kategori fashion termasuk favorit menurut pengguna kami,” kata Adi di Jakarta, Rabu 12 Februari 2020.

Menurut Adi, pada kampanye 12.12 tahun 2019, transaksi pembelian online kategori fesyen meningkat 2,5 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dari berbagai koleksi fashion yang ditawarkan, Adi mengatakan ada tiga kata kunci yang paling banyak dicari masyarakat. Ketiga kata tersebut adalah sepatu, tas, dan jaket.  " Itu adalah 3 kata kunci terpopuler" .

Jelang hari kasih sayang di bulan ini, Adi juga mengungkapkan koleksi pakaian kembar (couple) juga mulai banyak diburu sejak awal Februari.

Adi menggambarkan meningkatnya jumlah transaksi fashion lewat media e-Commerce juga terlihat dari bertambahnya jumlah brand yang menawarkan produknya lewat platform ini.

Hampir semua brand tersebut berasal dari dalam negeri, seperti Erigo, Wakai, Berrybenka, Dr. Kevin, Zoya, Elzatta, atau Ramayana.

" Saat ini, Shopee Mall terdiri dari 2 ribu brand. Tujuh ratusnya dari kategori fashion," kata dia.(Sah)

1 dari 6 halaman

Ajak Kaum Pria Tampil Ganteng, Shopee Luncurkan Kampanye Bro Code Vol.3

Dream - Pasar kebutuhan pria kini tengah naik daun. Hal ini ditangkap sebagai peluang oleh industri e-commerce.

Demikian juga dengan Shopee. Mengajak kaum pria tampil lebih ganteng, e-commerce ini meluncurkan kampanye Bro Code Vol.3 bertajunk 'Siap Ganteng di 2020 Bareng Shopee'.

" Lewat Shopee 2.2 Men Sale, kita ingin membantu para pria yang punya resolusi ingin lebih ganteng untuk bisa menemukan berbagai kebutuhannya lewat promo menarik di Shopee," ujar Head of Brands Management Shopee, Daniel Minardi, Sabtu 18 Januari 2020.

Melalui kampanye ini Shopee mengusung format podcast live yang nantinya diluncurkan pada 21 Januari 2020 di akun Spotify milik BKR Brothers. Podcast ini diramaikan oleh Andika Mahesa, BKR Brothers, dan Kiki Aulia Ucup.

 

 

Ada banyak tema menarik yang menjadi bahan diskusi dalam podcast live ini. Seperti tips dan trik menjadi ganteng sesuai karakter yang dapat memberikan banyak inspirasi.

" Setiap pria punya gaya hidup tersendiri yang sangat tergantung dari kesehariannya, dan kita bisa tahu dengan kehadiran Shopee, banyak yang merasa terbantu. Mulai dari musisi sampai karyawan, semua bisa dapetin kebutuhannya di Shopee," " ujar Andika Mahesa dikesempatan yang sama.

 

2 dari 6 halaman

Banyak Penawaran Menarik

Selain itu, kampanye ini menyuguhkan berbagai penawaran dan diskon menarik kategori favorit pria. Mulai dari hobi dan koleksi, handphone dan aksesoris, elektronik, otomotif, fashion pria, dan lainnya.

Deretan brand-brand favorit pria seperti helm Cargloss, peralatan olahraga Yonex, dan tas pria dari Kalibre, juga ikut memeriahkan kampanye ini.

Shopee

Yang lebih menarik lagi, pada puncak kampanye 2.2 Men Sale di tanggal 2 Februari, pengguna dapat menikmati fasilitas Gratis Ongkir serta koleksi spesial dari produk-produk pilihan, dengan diskon 50 persen. Pengguna juga dapat menikmati casback sebesar Rp222 ribu.

" Dalam kampanye ini, kami menyambut seluruh pengguna untuk berbelanja di Shopee dan dapat merasakan kemudahan serta pengalaman belanja online yang menyenangkan," tambah Daniel.

Laporan : Michelle Rachel Evangelista Maramis

3 dari 6 halaman

Meriahkan Harbolnas 12.12, Shopee Siapkan Layanan 24 Jam

Dream - Hari Belanja Online (Harbolnas) 12.12 selalu jadi momen penuh keceriaan, terutama bagi industri e-commerce. Mereka berlomba-lomba memanjakan pelanggan dengan beragam layanan dan promo menarik.

Tidak ketinggalan dengan Shopee. Platform belanja online ini bahkan menyediakan layanan 24 untuk menyambut Harbolnas pada 12 Desember 2019 ini.

“ Untuk festival belanja Shopee 12.12 Birthday Sale, kami menyiapkan layanan Shopee24 yang siap mengantar kapan saja dan meningkatkan stok produk warehouse sampai customer service sampai 24 jam,” kata Direktur Shopee Indonesia, Christin Djuarto, di Jakarta, Rabu 11 Desember 2019. 

Selain itu, ada banyak promo menarik yang disiapkan Shopee. Christin mengatakan promo-promo yang ditawarkan seperti gratis ongkos kirim tanpa pembelian minumum, promo midnight sale yang menawarkan cashback sampai 120 persen, sampai hadiah mobil Toyota Innova.

Ada juga promo supermarket sale, midnight electronic sale, dan fashion sale. Belum lagi flash sale dengan diskon hingga 80 persen.

Platform e-commerce ini juga menyiapkan permainan Shopee Tangkap dengan hadiah mencapai Rp120 juta. 

Tak hanya itu, Shopee juga mengandeng artis kenamaan sebagai brand ambassador. Kali ini, Didi Kempot didaulat sebagai Duta Shopee, menggantikan BlackPink tahun lalu. 

Penyanyi ini akan tampil di puncak acara Shopee 12.12 Birthday Sale.

" Dengan layanan, inovasi, kolaborasi, dan promosi yang semakin beragam, kami berharap Shopee 12.12 Birthday Sale tahun ini dapat menjadi pilihan destinasi belanja online bagi masyarakat Indonesia,” kata Christin.

(Beq, Laporan: Diah Tamayanti)

4 dari 6 halaman

Bikin Fitur Khusus, Shopee Ingin Jadi Destinasi Belanja Lifestyle Muslim

Dream - Perkembangan pasar syariah di Indonesia yang berkembang pesat mendorong platform e-Commerce Shopee untuk berinovasi. Melihat tren positif industri baru ini, Shopee memperkenalkan fitur khusus bernama Shopee Barokah di awal kuartal terakhir tahun 2019.

Fitur baru ini diklaim sebagai kanal yang secara khusus mengkurasi ragam produk dan layanan syariah mulai dari fashion muslimah, kecantikan, hingga zakat dan donasi. Shopee berharap arahan Wakil Presiden Republik Indonesia Prof. Dr. K.H. Ma’ruf Amin, agar Shopee membantu UMKM lebih cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan masuk ke ranah online bisa terus dilaksanakan.

 

 

“ Shopee Barokah merupakan wujud komitmen Shopee untuk terus berinovasi sebagai one-stop solution dalam memenuhi kebutuhan pasar muslim di Indonesia," kata Drektur Shopee Indonesia, Handhika Jahja, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 22 November 2019.

Handika berharap kehadiran fitur khusus yang mencakup berbagai produk dan layanan syariah akan menjadi salah satu bentuk pemanfaatan kanal e-commerce untuk mendukung pertumbuhan ekonomi syariah sesuai dengan agenda pemerintah.

 

5 dari 6 halaman

Program Shopee untuk Ekonomi Umat

Shopee Barokah

Untuk memberikan pengalaman belanja yang optimal, Shopee Barokah telah mengkurasi produk dan layanan syariah dan telah bermitra dengan berbagai brand ternama. Shopee Barokah juga bermitra dengan BAZNAS, Dompet Dhuafa, ACT, Rumah Zakat, serta lembaga kemanusiaan lainnya untuk memudahkan para pengguna setia Shopee dalam berdonasi dan menunaikan zakat.

Ke depannya, Shopee Barokah juga dirancang melengkapi kanalnya dengan pengingat waktu sholat dan Alquran.

Di hadapan Wapres, Shopee juga membeberkan beberapa inovasi yang akan menjadi fokus pengembangan perusahaan di tahun 2020. Selain menjadi one-stop muslim lifestyle destination, Shopee juga turut meningkatkan literasi digital di bidang pemasaran dan pengembangan produk bagi santri dan masyarakat di sekitar pondok pesantren.

6 dari 6 halaman

Produk Muslim Selalu Jadi Favorit

Manajamen Shopee saat bertemu Wapres Maruf Amin

Untuk merealisasi program tersebut, Shopee berencana menggandeng kementerian dan lembaga pemerintah untuk menjalankan program Santripreneur.

Dalam kesempatan itu, Shopee juga melaporkan pencapaian signifikan dari mitra perusahaan dalam program ekspor Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global yang mencatat peningkatan penjualan sebesar tiga kali lipat dibandingkan hari biasa.

Wapres Ma'ruf Amin mengapresiasi langkah Shopee yang ingin membantu percepatan perkembangan ekonomi umat dan keuangan syariah di Indonesia.

" Kami berharap ke depannya upaya ini bisa terus dilakukan secara berkelanjutan. Melalui pertemuan hari ini, pemerintah akan selalu mendukung para pihak yang mengedepankan kemajuan pelaku UMKM di dalam negeri, terutama untuk mendorong kegiatan ekonomi dan pembangunan,” ujar Wapres.

Tren ekonomi syariah diakui Shopee telah membantu kinerja perusahaan. Dari data internal Shopee diketahui kategori fashion muslim selalu menjadi kategori favorit secara berturut-turut di kampanye besar sepanjang tahun, seperti Big Ramadhan Sale, 9.9 Super Shopping Day, hingga 11.11 Big Sale.(Sah)

Beri Komentar