Penjual Hewan Kurban Untung Rp500 Juta

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 12 Agustus 2019 12:23
Penjual Hewan Kurban Untung Rp500 Juta
Penjualan hewan kurban tahun ini lebih baik dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Dream - Bisnis ternak selalu menjadi ladang uang yang menggiurkan selama Idul Adha. Ini bukanlah isapan jempol belaka. Bowo, seorang peternak telah membuktikan gurihnya bisnis singkat ini. 

Dikutip dari Liputan6.com, Senin 12 Agustus 2019, pria berusia 43 tahun ini mengeluarkan modal hingga Rp4 miliar untuk bisnis ternak kurban tahun ini. Hasilnya dia membawa pulang untuk ratusan juta rupiah.

" (Pendapatan bersih) sekitar Rp500 juta, modalnya sekitar Rp4 miliar," kata dia kepada Liputan6.com.

Bowo berjualan ternak di sebuah lahan di tepi Jalan K.H. Hasyim Ashari di Tangerang, Banten. Jalan ini strategis karena merupakan rute utama bagi mereka yang tinggal ke pusat Kota Tangerang, Stasiun Poris, Tol Tangerang-Merak, dan Bandara Soekarno-Hatta.

" Posisinya strategis, tempatnya enak, parkirannya juga dapat," kata dia

 

1 dari 5 halaman

Ratusan Hewan Kurban Ludes

Tahun ini Bowo menjual 230 ekor sapi dan 100 ekor kambing. Bak kacang goreng, semua kambingnya laku dan sapi hanya tersisa satu ekor.

Bowo membanderol harga sapi mulai dari Rp15 juta sampai Rp80 juta. Sapi yang termurah memiliki bobot 250 kg.

" Yang Rp80 juta itu beratnya 900 kg sampai 1 ton," kata dia.

Untuk seekor sapi yang tersisa, ukuran 300 kilogram, ia diskon dari Rp22 juta menjadi Rp18 juta.

Harga kambing dijual mulai dari Rp1,5 juta untuk ukuran 15 kg hingga Rp7 juta untuk berat 70 kg.

Sekadar informasi, Bowo beternak di Rajeg, Kabupaten Tangerang. Di Rajeg, dia memiliki tempat berjualan kurban.

Bowo bersyukur karena penjualan hewan kurban tahun ini bisa lebih baik.

" Alhamdulillah, dibanding tahun lalu, tahun ini lebih lapang," kata dia.

(Sumber: Liputan6.com/Tommy Kurnia)

2 dari 5 halaman

6 Cara Jitu Investasi Hewan Kurban

Dream – Sebentar lagi Hari Raya Idul Adha akan datang. Hari raya ini sering disebut sebagai hari raya kurban karena akan ada binatang ternak yang akan dikurbankan, misalnya sapi dan kambing.

Perayaaan ini acapkali menjadi ladang bisnis. Dikutip dari Koin Works, Kamis 25 Juli 2019, ada beberapa tips yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan banyak penghasilan saat Hari Raya Idul Adha.

Pertama, membeli hewan ternak dari kampung atau depot. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membeli kambing atau sapi dari kampung atau depot ternak.

Alasannya adalah harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga ternak di perkotaan. Jangan lupa pastikan tempat ternak tersebut aman dari aksi gelonggongan atau bentuk pelanggaran lain.

Kalau perlu, kamu membeli hewan ternak dari sebuah kelompok ternak. Biasanya, ada kelompok ternak di kampung.

3 dari 5 halaman

Beli Ternak Usia 10 Bulan

Jika ingin membeli sapid an kambing, lebih baik kamu membelinya saat berusia 10 bulan. Dengan begini, kamu masih punya cukup waktu untuk merawatnya.

Kambing atau sapi yang akan dijual memenuhi syarat untuk menjadikan hewan kurban sesuai dengan tuntutan syariat Islam.

Kalau membeli kambing berusia 10 bulan dan dirawat serta digemukkan, dalam waktu 5-6 bulan, kambing ini bisa dikurbankan saat Hari Raya Idul Adha.

Kalau beli dalam waktu yang dekat, harganya akan naik dan kamu akan mendapatkan keuntungan yang sedikit. Makanya, belilah jauh-jauh hari.

Setidaknya beberapa bulan menjelang Lebaran Haji datang.

 

 

Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah, kamu juga punya waktu untuk menggemukkan dan merawatnya.

 

4 dari 5 halaman

Pelihara dan Lakukan Penggemukan

Setelah membeli dengan harga yang murah, lakukan strategi investasi hewan ternak agar cara menggemukannya lebih sehat dan sesuai dengan prosedur.

Berilah makanan yang sehat. Apabila perlu, berikan multivitamin yang bisa merangsang nafsu makan dan pertumbuhan hewan ternak. Jangan lupa untuk merawatnya dengan baik.

Ini sangat penting. Kamu harus paham tentang pemilihan hewan kurban menurut syariat Islam. Kalau memahaminya, kamu akan merawatnya dengan hati-hati.

Selain itu, nantinya kamu juga hanya akan menjual hewan kurban yang memang sudah memenuhi syaratnya.


 

Jangan hanya karena keuntungan kemudian tidak mengindahkan poin ini. Ingat, hewan kurban dibeli untuk beribadah. Berikanlah yang terbaik kepada pembeli agar ibadah kurbannya semakin sempurna.

Pengetahuan disini juga termasuk berbagai dokumen yang dibutuhkan saat jual beli hewan ternak atau hewan kurban tersebut.

5 dari 5 halaman

Jual di Tempat Strategis

Kamu bisa menjualnya di tempat yang strategis. Bisa saja di halaman depan atau samping rumah bisa dijadikan kandang sementara atau tempat lain yang memungkinkan.

Jika berjualan di pinggir jalan, pastikan kamu sudah mengantongi izin dan tetap mematuhi hak-hak pengguna jalan, seperti menjaga kebersihan jalan.

Ingat, kamu menjual hewan kurban untuk ibadah. Mulailah dengan niat dan cara menjualnya dengan baik. (ism) 

Beri Komentar
Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham