3 Menteri Triliuner, Siapa Pemilik Utang Terbanyak?

Reporter : Syahid Latif
Kamis, 30 Januari 2020 12:41
3 Menteri Triliuner, Siapa Pemilik Utang Terbanyak?
Prabowo Subianto, Nadiem Makariem, dan Erick Tohir melaporkan harta kekayaan ke KPK. Berharta triliunan rupiah siapa yang punya utang terbanyak?

Dream - Kabinet Indonesia Maju saat ini dihuni oleh tiga menteri berstatus triliuner. Harta kekayaan mereka dalam bentuk aset maupun kas mencapai di atas Rp1 triliun.

Mengutip data Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN), Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir menjadi pejabat negara terkaya di jajaran kabinet Indonesia Maju. Posisinya menyalip Prabowo Subianto yang terpaut Rp300 miliar.

Posisi ketiga sebagai menteri triliuner diisi oleh Nadiem Makarim. Menteri berusia muda yang juga pendiri Gojek ini melaporkan harta kekayaannya mencapai Rp1 triliun.

Selain mengumumkan harta kekayaannya, LHKPN para menteri tajir ini juga berisi daftar utang yang mereka miliki hingga dokumen itu diserahkan.

Dengan statusnya sebagai orang berharta triliunan rupiah, tentu saja utang mereka bukan di kisaran jutaan rupiah.

Siapakah dari 3 menteri tajir di kabinet Joko Widodo dan Maruf Amin ini yang memiliki utang paling banyak? 

 

1 dari 3 halaman

3. Menhan Prabowo Subianto

 Kenangan Terakhir Prabowo Bertemu Prabowo Subianto© MEN

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ternyata memiliki utang paling kecil di antara 3 menteri tajir ini.

Mantan jenderal bintang tiga ini melaporkan utangnya per 15 Januari 2020 senilai Rp8 miliar. Utang itu membuat kekayaan bersih yang dimilik Prabowo berkurang menjadi Rp2 triliun.

 

2 dari 3 halaman

2. Menteri BUMN Erick Thohir

 Erick Thohir: Lebih Enak Jadi Pengusaha© MEN

Di posisi kedua menteri tajir yang memiliki utang cukup besar adalah Erick Thohir. Pria yang punya latar belakang pengusaha ini melaporkan pinjaman yang masih dimilikinya sampai 15 Januari 2020 mencapai Rp60,11 miliar.

Posisi utang hingga puluhan miliar rupiah itu membuat kekayaan Erick senilai Rp2,37 triliun harus berkurang menjadi Rp2,31 triliun.

 

3 dari 3 halaman

3. Mendikbud Nadiem Makarim

 Nadiem Makarim Kaji Penerimaan Siswa dengan Sistem Zonasi© MEN

Berada di posisi terakhir dengan nilai kekayaan yang lebih kecil dari dua mitra kerjanya, Nadiem ternyata menjadi pemilik utang terbesar.

Lulusan Harvard University ini melaporkan posisi utangnya per 19 Desember 2019 lalu mencapai Rp185,35 miliar.

Dengan harta berupa aset, surat berharga, kendaraan serta kas yang berjumlah Rp1,41 triliun, kekayaan bersih Nadiem menjadi Rp1,22 triliun.  

Beri Komentar
5 Kiat Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Biar Nggak Gampang Sakit Bersama Tolak Angin