CONNECT WITH US!

Rumah `Bongkar-Pasang` Harga Rp 135 Juta, Jadi Sehari, Mau?

Reporter : Sugi | Rabu, 15 November 2017 09:43
Fan Bersama Rumah Modernnya. (Foto: Next Shark)

Dream – Karena biaya memiliki sebuah rumah yang sangat tinggi di Beijing, Tiongkok, seorang wanita bernama Nyonya Fan terpaksa tinggal di rumah sempit dan reyot. Rumah itu dibangun di halaman rumah orangtuanya di luar kota.

Meskipun suka tinggal di dekat keluarganya, dia tetap menginginkan rumah modern untuk dirinya sendiri. Tentu saja dengan harga yang terjangkau.

Dilansir dari Next Shark, Rabu 15 November 2017, Fan memutuskan untuk datang ke perusahaan desain lokal People's Architecture Office (PAO). Perusahaan ini membantunya membangun rumah baru, yang harganya tidak mahal.

 Rumah modern

PAO merasa tertantang karena rumah modern di Beijing harganya miliaran rupiah. Perusahaan ini menciptakan desain rumah yang modern nan canggih.

Namanya Plug In House alias rumah bongkar pasang. Desain yang mengesankan dari Plug-in House itu konon berdasarkan pada desain sejenis yang sebelumnya digunakan perusahaan untuk menciptakan sistem renovasi.

 Rumah modern (2)

Dengan menggunakan sistem renovasi itu, yang memanfaatkan panel yang sudah dirakit sebelumnya, tim konstruksi PAO mampu membangun Plug-in House dalam waktu kurang dari 24 jam.

Berapa harganya?

Menurut direktur PAO, James Shen, rumah modern Fan selesai dengan hanya menggunakan bahan bangunan senilai US$10 ribu (setara Rp135 juta) dan kunci L (hex wrench).

" Semua orang bisa membangun Plug-in House. Strukturnya dibangun tanpa menggunakan mesin dan tidak membutuhkan tenaga kerja khusus," kata Shen kepada Business Insider.

 Rumah modern (3)

Desain cerdik Plug-in House ini menarik perhatian World Architecture Festival, sehingga terpilih untuk mendapatkan penghargaan World Building of the Year.

Penyerahan World Building of the Year akan diterima PAO pada sebuah acara penghargaan yang digelar pada tanggal 15-17 November di Berlin, Jerman.

 Rumah modern Fan (4)

Bagaimana? Tertarik untuk mendirikan rumah murah, tapi modern dan bisa selesai dalam 1 hari? (ism) 



Makna tersembunyi di balik kehadiran 6 hewan ini