Animasi Balpil, Antara Membuka Lapangan Kerja dan Menanamkan Nilai Kepahlawanan

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 14 November 2022 10:12
Animasi Balpil, Antara Membuka Lapangan Kerja dan Menanamkan Nilai Kepahlawanan
Sandiaga merasa animasi ini bisa membuka lapangan pekerjaan dan sangat cocok untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan kepada anak-anak.

Dream - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengapresiasi animasi 'Balpil' buatan anak bangsa yang bertemakan superhero. Dia merasa animasi ini bisa membuka lapangan pekerjaan dan sangat cocok untuk menumbuhkan jiwa kepahlawanan kepada anak-anak.

" Bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan, diharapkan episode ini dapat menjadi momentum refleksi dalam menjaga dan merawat nilai-nilai perjuangan di kehidupan kita," kata Sandiaga Uno di Jakarta,  belum lama ini.

Sementara itu, Project Director Balpil, Holip Soekawan, mengatakan, Balpil merupakan serial animasi original dari Indonesia, yang menampilkan pesan tentang Bhineka Tunggal Ika dan kekayaan Indonesia kepada dunia.

Animasi

1 dari 3 halaman

“ Visi kami ingin mengekspos kekayaan Indonesia dimulai dari 4 tokoh yang ada, seperti tokoh harimau ini berdasarkan harimau Sumatra, ikan arwana, dan masih banyak sekali fauna di Indonesia,” kata Holip.

Dia berharap nantinya hadir robot AI yang diproduksi di Indonesia dan bisa dibeli oleh masyarakat di seluruh dunia.

“ Indonesia suatu saat bisa mempunyai sebuah figur robot dengan AI yang canggih, yang dibeli oleh anak-anak di seluruh dunia. Itulah visinya, kita memiliki sebuah robot yang diminati okeh masyarakat internasional karena teknologi AI bisa memberi advice kepada anak-anak bagaimana hidup seimbang,” ujarnya.

2 dari 3 halaman

Sandiaga Resmikan Waroeng Windsor di London, Kenalkan Kuliner Tanah Air ke Dunia

Sebelumnya, Sandiaga Uno meresmikan restoran Waroeng Windsor di London, Inggris, Senin 7 November 2022. Resto milik diaspora Indonesia, Aqaya Leatemia Davenport, itu menjadi kesempatan untuk mempromosikan kuliner ke masyarakat mancanegara.

" Kemenprekraf memiliki program Spice Up The World yang merupakan program didesain untuk mempromosikan rempah-rempah yang dimiliki Indonesia kepada dunia," kata Sandiaga Uno.

Menurut Sandiaga, China punya Jalur Sutra sebagai jalur perdagangan, sedangkan Indonesia punya jalur ini untuk mengenalkan beraneka ragam rempah Tanah Air. Sandiaga berharap, lewat Spice Up The World Kemenparekraf bisa mengembangkan 400 ribu restoran Indonesia di seluruh dunia.

" Sebagian besar ada di Eropa, beberapa ada di UK (Inggris), juga Amerika, dan tersebar di kawasan Asia," jelas Sandiaga Uno.

3 dari 3 halaman

Dia bahkan ingin terus membuka kesempatan untuk berkolaborasi dengan seluruh pihak untuk mengembangkan program Spice Up The World dan mendorong ekspor rempah-rempah yang diproyeksi mencapai triliunan dollar sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia kepada dunia.

" Lewat restoran yang ada sekarang dan yang baru dibangun, kami berharap mereka dapat mempromosikan gastronomi Indonesia kepada dunia. Kami mengucapkan selamat atas dibukanya restoran Warung Windsor, semoga membawa rezeki yang berkah," tuturnya lagi.

Sandiaga mengatakan, peresmian Waroeng Windsor menjadi salah satu sejarah dan berharap dapat lebih banyak lagi pengusaha di Inggris yang dapat membuka restoran untuk mengenalkan rempah dan kuliner nusantara.

Waroeng Windsor menjajakan sajian kuliner Tanah Air seperti sate, ayam bakar, bakmie goreng, serta aneka sambal khas Indonesia yang pastinya mampu menggoyang lidah.

Sumber: Kemenparekraf.go.id

Laporan: Rena Safira

Beri Komentar