Gelar Rakornas, ISMI Gali Potensi Sesama Saudagar Muslim

Reporter : Alfi Salima Puteri
Kamis, 9 Desember 2021 07:12
Gelar Rakornas, ISMI Gali Potensi Sesama Saudagar Muslim
ISMI menyelenggarakan silahturahmi bisnis, rakornas seklaigus milad yang dilangsungkan di Bandung, Jawa Barat

Dream - Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) akan menggali potensi bisnis yang bisa dikerjasamakan antar anggotanya melalui silaturahmi bisnis. Upaya ini diharapkan bisa membuka peluang pasar, investasi, sekaligus sinergi di antara saudagar di Tanah Air. 

Silaturahmi Bisnis (Silabis) ini merupakan salah satu agenda sekaligus pembeda dari kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV yang akan digelar ISMI di Hotel Marbella, Dago, Bandung, Jawa Barat pada 10-12 Desember 2021. Rakornas juga bertepatan dengan momentum Milad kesembilan ISMI.

" Dalam kegiatan Silabis akan diadakan Business Matching dan Pitching untuk seluruh Usaha Saudagar Muslim yang hadir pada acara tersebut," dikutip Dream dari keterangan tertulis ISMI.

Rakornas sekaligus Milad ISMI ini akan akan dihadiri sekitar 300 pengusaha muslim se-Indonesia. Sejumlah tokoh yang hadir di antaranya Ketua Umum ISMI, Dr. Ing Ilham Habibie, Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia dan mantan wakil presiden, Jusuf Kalla, serta Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Mengangkat tema Membangun Ekonomi Umat Melalui Teknologi, Inovasi dan Pengembangan Industri Halal, ISMI berharap akan terjalin sinergi yang baik antara pelaku industri sehingga dapat membantu perputaran roda perekonomian nasional. 

Perkumpulan ISMI sendiri merupakan organisasi yang terdiri dari beberapa pengurus dari seluruh Indonesia. Dalam upaya meningkatkan koordinasi secara nasional, ISMI senantiasa menggelar Rakornas terpusat satu tahun sekali di daerah tertentu yang sekiranya dapat mengangkat perekonomian daerah tersebut.

Sebagai Perkumpulan Saudagar Muslim,  ISMI yang didirikan oleh 4 ormas besar, yaitu NU, MUHAMMADIYAH, ICMI dan MUI di Jakarta tanggal 18 Desember 2012, tetap semangat menebar manfaat untuk maslahat umat.

ISMI juga senantiasa mengedepankan ekonomi Islam sebagai konsep yang rahmatan lil ‘alamin untuk dimanifestasikan dalam suatu tindakan yang melingkupi peningkatan kesejahteraan, pemerataan kesempatan, penegakan kebenaran dan keadilan serta turut memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dan negara dalam bingkai Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.(Sah)

Beri Komentar