Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Selama Pandemi, Peluang 10 Pekerjaan Ini Tetap Besar

Selama Pandemi, Peluang 10 Pekerjaan Ini Tetap Besar Masih Ada Perusahaan Yang Membuka Lowongan Pekerjaan Selama Pandemi. (Foto: Shutterstock)

Dream – Meskipun banyak karyawan dirumahkan karena pandemi Covid-19, lapangan pekerjaan ternyata masih tetap terbuka. Perusahaan-perusahaan tetap merekrut karyawan baru selama enam bulan ke depan.

“Masih ada perusahaan yang mencari karyawan dan peluang (mendapatkan pekerjaan) itu masih ada,” kata Country Manager Jobstreet, Faridah Lim, dalam konferensi pers virtual “Membantu Pekerja dan Perusahaan di Indonesia Bangkit Kembali,” Rabu 7 Oktober 2020.

Lalu, ada 56 persen perusahaan yang tidak terpengaruh dengan Covid-19. Mereka mempekerjakan karyawan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan internal.

Dia mengatakan, ada 10 pekerjaan yang tetap dibutuhkan perusahaan selama enam bulan ke depan. Rinciannya adalah sales/customer service, admin&HR, akuntansi, insinyur, IT, marketing, manufacturing, manajemen, transportasi dan logistik, serta perbankan dan finansial.

“Ada lima industri utama yang masih merekrut selama pandemi Covid-19,” kata Faridah.

Kelima industri ini adalah manufaktur/produksi, general trading dan grosir, perbankan/layanan keuangan, ritel/merchandise, serta komputer/IT.

Dalam perekrutan, ada 32 persen perusahaan cenderung akan merekrut pencari kerja yang kehilangan pekerjaan akibat pandemi. Tujuannya agar pencari kerja bisa langsung bekerja dan perusahaan tak perlu menunggu lama-lama untuk mendapatkan karyawan baru.

Survei: 35 Persen Pekerja di Indonesia Dipecat Selama Pandemi

Dream – Pandemi Covid-19 memukul sebagian besar pekerja di Indonesia. Ada 35 persen pekerja yang diberhentikan secara permanen dan 19 persen diberhentikan sementara atau dirumahkan.

“Valid terjadi pemutusan hubungan kerja,” kata Country Manager Jobstreet Indonesia, Faridah Lim, dalam konferensi pers virtual “Membantu Pekerja dan Perusahaan di Indonesia Bangkit Kembali,” Rabu 7 Oktober 2020.

Faridah mengatakan, angka ini berasal dari survei Jobstreet kepada 5 ribuan responden. Tercatat pekerja yang paling terdampak adalah mereka yang berada di sektor hospitality 85 persen, pariwista 82 persen, dan garmen 71 persen.

 

 

Ada juga 69 persen karyawan di sektor makanan dan minuman serta 64 persen di bangunan/konstruksi yang turut menelan pil pahit pandemi.

Menurut catatan Jobstreet, karyawan yang terimbas pandemi corona ini adalah karyawan tidak bekerja full time (67 persen). Kemudian, 74 persen karyawan bergaji di bawah Rp2,5 juta, 69 persen pegawai gaji Rp2,5 juta-Rp4 juta, dan 60 persen yang bergaji Rp4 juta-Rp8 juta dirumahkan atau diberhentikan kerja secara permanen.

Gaji Dipotong Lebih dari 30 Persen

Tak hanya pemberhentian kerja, Faridah mengatakan pandemi ini juga membuat gaji karyawan dipotong. Dia menyebut ada 43 persen karyawan yang mendapatkan potongan gaji lebih dari 30 persen selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

“Ini masih bekerja, tapi ada pemotongan gaji,” kata dia.

Pihaknya juga mensurvei tingkat kepuasan hidup sebelum dan selama pandemi. Tercatat, ada 92 persen responden yang merasa puas dengan kehidupannya sebelum ada pandemi. Saat ada pandemi, kepuasannya turun signifikan menjadi 58 persen.

Untuk tingkat kebahagiaan, ada 90 persen responden yang bahagia dengan pekerjaannya sebelum pandemi. Setelah virus Covid-19 mewabah, angkanya kini menjadi 49 persen.

“Perubahan ini membuat pekerja harus beradaptasi dengan situasi bekerja,” kata dia.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Enam Posisi Paling Banyak Dibutuhkan dalam Rekrutmen BUMN 2024

Enam Posisi Paling Banyak Dibutuhkan dalam Rekrutmen BUMN 2024

Ini enam posisi paling banyak dibutuhkan pada Rekrutmen BUMN 2024

Baca Selengkapnya
Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Ternyata Segini Gaji Tukang Parkir Pesawat

Setiap bandara membutuhkan tukang parkir pesawat demi kelancaran operasional.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Segini Besaran Gaji Pengawas TPS Pemilu 2024

Segini Besaran Gaji Pengawas TPS Pemilu 2024

Salah satu posisi penting dalam pesta demokrasi ini adalah pengawas tempat pemungutan suara (TPS).

Baca Selengkapnya
DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

DRESS IT! Tutorial Hijab Jadi Outer

Sahabat dream yang berhijab lagi bingung mau hangout tapi tidak punya outer? Nah tips satu ini boleh banget kamu coba.

Baca Selengkapnya
Program Prakerja 2024 Telah Dibuka! Cek Persyaratannya Berikut

Program Prakerja 2024 Telah Dibuka! Cek Persyaratannya Berikut

Pemerintah kembali membuka pendaftaran Program Prakerja 2024.

Baca Selengkapnya