Penampakan Kantor Baru OJK di Ibu Kota Negara Baru, Nusantara

Reporter : Alfi Salima Puteri
Jumat, 28 Januari 2022 12:35
Penampakan Kantor Baru OJK di Ibu Kota Negara Baru, Nusantara
Desain kantor baru OJK ini mengusung konsep yang sama dengan ibu kota baru, yakni green city.

Dream - Pemerintah dan DPR RI telah mengesahkan Nusantara, sebagai nama ibu kota negara (IKN) yang baru. Ibu kota ini nantinya akan berlokasi di wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

Selain istana presiden dan kementerian, UU juga menetapkan kantor pusat Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan ikut dipindahkan ke Nusantara.

Sebelumnya, saat program IKN pertama digulirkan tiga tahun lalu, BI dan OJK tidak disebutkan sebagai lembaga yang harus dipindahkan ke IKN baru. Namun, UU kedua lembaga itu menyatakan dengan jelas keharusan pemindahan. Hal ini bahkan disampaikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

" Dua lembaga yang wajib ada di Ibu Kota menurut Undang-Undang, yaitu Bank Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan," tutur Jokowi dikutip dari unggahan akun Instagram @ojkindonesia, Kamis, 27 November 2022.

Untuk mendukung penyiapan infrastruktur di ibu kota baru tersebut, Ketua Dewan Komisioner OJK dan Menteri Keuangan telah menyampaikan desain rancangan gedung kantor pusat OJK kepada kepala negara. Kantor pusat ini juga akan mencakup operasional kantor untuk regional Kalimantan

1 dari 1 halaman

Disampaikan juga melalui unggahan akun Instagram resmi OJK, bahwa pembangunan kantor pusat itu akan memanfaatkan alokasi yang telah disiapkan oleh pemerintah.

Sesuai dengan konsep yang diusung oleh ibu kota baru, yakni green city yang ramah lingkungan, OJK sepertinya juga akan menerapkan hal tersebut. Dari unggahan desain kantor OJK yang baru, terlihat bahwa gedung yang didominasi warna putih itu dikelilingi oleh Ruang Terbuka Hijau (RTH). Bahkan, di beberapa lantai gedung tersebut memiliki lahan hijau.

Nantinya, Ketua OJK dan Anggota Dewan Komisioner lainnya akan berkantor dengan perangkat pendukungnya di gedung tersebut. Namun sementara, tahapan perpindahan kantor pusat OJK ke ibu kota baru dilakukan secara bertahap dengan tetap memiliki kantor pusat operasional yang berada di Jakarta.

      View this post on Instagram      

A post shared by Otoritas Jasa Keuangan (@ojkindonesia)

 

Beri Komentar