Survei: Orang Indonesia Habiskan Rp1,2 Juta untuk Online Shoping

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Senin, 13 Mei 2019 07:15
Survei: Orang Indonesia Habiskan Rp1,2 Juta untuk Online Shoping
Saat Ramadan, transaksinya naik berkali-kali lipat.

Dream Ramadhan menjadi bulan penuh berkah bagi pelaku industri e-commerce. Penjualan selama bulan Ramadan dari para pemilik lapak khususnya pengelola e-commerce biasanya mengalami kenaikan transaksi 3-5 kali lipat dibanding bulan sebelumnya.

Head of Business Development ShopBack Indonesia, Yolanda Margaretha, menjelaskan daya beli masyarakat sepanjang Ramadhan memang meningkat dari tahun ke tahun.

“ Hal ini pun ditujukan dengan rata-rara belanja masyarakat pada Ramadhan tahun lalu yang mencapai Rp1,2 juta, meningkat 74 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Yolanda di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Sabtu 11 Mei 2019.

ShopBack Indonesia mencatat ada peningkatan transaksi 3 kali lipat pada Ramadhan 2018. Tahun ini, ShopBack menargetkan peningkatan jumlah order serta nilai transaksi sebesar 2 kali lipat daripada Ramadhan 2018.

Yolanda memprediksi nilai rata-rata belanja masyarakat pada Ramadhan tidak terlalu mengalami peningkatan yang signifikan dibandingkan tahun sebelumnya.

“ Namun, kami optimis, tahun ini jumlah pemesanan serta nilai transaksi di ShopBack bisa naik hingga dua kali dibandingkan Ramadhan sebelumnya,” kata dia.

Berdasarkan data Criteo baru-baru ini, penjualan di platform e-commerce mulai menanjak 10 hari menjelang Ramadhan dan berlanjut hingga penghujung Ramadhan.

Kondisi yang sama tercatat pada data historis ShopBack, di mana transaksi tercatat mulai naik pada 10-11 hari menjelang Ramadan dan puncaknya pada minggu ketiga Ramadhan. Di periode ini masyarakat biasanya sudah mulai menerima bonus THR.

Waktu belanja paling banyak dipergunakan pada pengunjung e-COmmerce untuk berselancar adalah pukul 11.00-15.00.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Terima Kritik Pedas, Nada Zaqiyyah: Ternyata Adik Kelas Aku Sendiri