Tahun Depan, Pegadaian Berencana IPO

Reporter : Ismoko Widjaya
Kamis, 25 April 2019 12:41
Tahun Depan, Pegadaian Berencana IPO
Asalkan, syarat ini terpenuhi.

Dream – PT Pegadaian (Persero) berencana untuk melakukan Initial Public Offering (IPO) tahun depan. Hal ini dikatakan oleh Direktur Utama Pegadaian, Kuswiyoto.

“ Mungkin tahun depan bisa IPO,” kata Kuswiyoto di Jakarta, Rabu malam, 25 April 2019.

Kuswiyoto mengatakan pihaknya memang ingin melepas sebagian sahamnya ke publik sejak lima tahun lalu. Akan tetapi, rencananya selalu tertunda-tunda.

Makanya, dia mengajukan izin kepada Menteri BUMN, Rini Soemarno, tentang rencana IPO. Rencananya diizinkan asalkan kondisi perekonomian makronya mendukung.

“ Saya masuk kemarin, bilang Bu Menteri, boleh nggak? (Beliau jawab) boleh, asal kondusif ekonominya. Saya dan tim lalu direstui,” kata dia.

 Direksi Pegadaian

Dirut Pegadaian Kuswiyoto didampingi Jajaran Direksi Pegadaian (Foto: Dream)

Sebelumnya, Direktur Teknologi Informasi Digital Pegadaian, Teguh Wahyono, mengatakan perusahaannya memerlukan pendanaan sekitar Rp5 triliun—Rp6 triliun untuk melakukan aksi korporasi.

" Kita masih punya plafon bank, itu besar banget di atas Rp 10 triliun dan kita dengan melihat bunga Bank Indonesia yang sekarang 6 persen itu maka kalau kita keluarin obligasi kayaknya lagi mahal gitu," kata Teguh di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com.

Teguh menambahkan, untuk porsi pendanaan tahun ini sekitar 80 persen masih dari bank Himbara (Himpunan Bank Negara).

" Pegadaian sudah komit bank Himbara sehingga setiap saat kita perlu mereka akan segera top up otomatis. Jadi kita masih berpikir paling optimal gunakan dana bank dulu sambil tunggu leadnya ke depan akan seperti apa," kata dia. (ism)

2 dari 4 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Terlalu Higienis Bikin Anak Gampang Sakit