CIMB Niaga Sediakan Pembiayaan Syariah Agen Travel Mitra Garuda Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Kamis, 21 Februari 2019 18:22
CIMB Niaga Sediakan Pembiayaan Syariah Agen Travel Mitra Garuda Indonesia
Dengan fasilitas pembiayaan ini, CIMB Niaga berharap bisa meningkatkan portofolio pasar yang potensial.

Dream – PT Bank CIMB Niaga Tbk dan PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) menjalin kerjasama terkait fasilitas pembiayaan syariah deposit booking seat untuk pembelian tiket perjalanan umroh dan haji khusus.

Pembiayaan syariah ini diberikan kepada agen travel Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan Penyelenggaraan Ibadah Haji Khusus (PIHK).

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan oleh Direktur Syariah Banking CIMB Niaga, Pandji P. Djajanegara, Direktur Business Banking CIMB Niaga, Rahardja Alimhamzah, dan Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah di Jakarta.

Pandji menjelaskan fasilitas pembiayaan ini menggunakan akad murabahah dan disalurkan kepada agen travel PPIU dan PIHK dalam membayar deposit booking seat umroh dan haji khusus. Deposit ini bisa disetor untuk yang statusnya sudah terkonfirmasi oleh Garuda Indonesia.

“ Kami berharap fasilitas pembiayaan ini memberikan keleluasaan bagi para travel agent mitra Garuda Indonesia dalam mengelola likuiditas. Sehingga, mereka dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnis dan mengoptimalkan pelayanan kepada Tanah Suci,” kata Pandji 
dalam keterangan tertulis CIMB Niaga yang diterima Dream, Kamis, 21 Februari 2019.

Menurut Pandji dukungan tersebut diharapkan bisa meningkatkan peran perusahaan dalam mengembangkan industri travel umroh dan haji khusus. Sekadar informasi, Unit Usaha Syariah (UUS) CIMB Niaga itu menjadi salah satu Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS-BPIH) yang ditunjuk pemerintah.

“ Kami akan terus mendukung pengembangan industri travel umrah dan haji melalui berbagai produk dan layanan yang kompetitif,” kata dia.

Pikri mengapresiasi kerja sama ini mengingat pangsa pasar umrah merupakan pasar yang trafik pergerakan penumpangnya terus meningkat dari tahun ke tahun. Dia mengharapkan kerja sama ini bisa menjadi nilai tambah untuk mitra bisnis Garuda, termasuk rekanan biro perjalanan.

BUMN ini ingin memaksimalkan potensi pasar umroh dan haji khusus melalui instrumen penunjang pembiayaan deposit booking seat.

“ Melalui sinergi antar korporasi tersebut, kami harapkan dapat membantu likuiditas mitra bisnis Garuda, sehingga dapat meningkatkan lagi dan mengoptimalkan tingkat keterisian kursi Garuda khususnya penerbangan ke Timur Tengah,” kata dia.

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Bongkar Isi HP Vidi Aldiano #PhoneChallenge