Ini 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Salah Satunya Bisa Sehatkan Mata

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Sabtu, 8 Mei 2021 15:45
Ini 7 Manfaat Buah Kelengkeng, Salah Satunya Bisa Sehatkan Mata
Memiliki rasa manis yang khas, kelengkeng bisa menjadi buah pilihan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Dream – Manfaat buah kelengkeng belum terlalu familiar di kalangan masyarakat. Karena selama ini, setiap orang hanya sekadar menikmati buahnya yang manis saja tanpa mengetahui apa manfaatnya bagi tubuh. Buah berbentuk bulat dan berkulit cokelat ini memang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Kamu bisa membelinya di pasar tradisional hingga di supermarket. Bahkan tidak sedikit orang yang memiliki pohon kelengkeng di halaman rumahnya.

Buah yang memiliki nama latin Dimocarpus longan ini berasal dari Asia Tenggara dan karena rasanya yang khas itu membuat banyak orang dari anak-anak sampai orang tua menyukainya. Tidak jarang kelengkeng juga dicampurkan di dalam es buah.

Seperti halnya buah yang lain dengan beragam manfaat, kelengkeng juga menyimpan sederet manfaat bagi kesehatan. Hal ini karena berbagai kandungan di dalamnya yang bagus untuk tubuh, seperti serat, vitamin, serta kaya akan mineral. Serat di dalam kelengkeng inilah yang pastinya sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan.

Jika kamu mengonsumsi lima sampai enam buah kelengkeng, maka itu sama saja kamu sudah memenuhi 50 persen kebutuhan vitamin C harian untuk tubuhmu. Selain itu, kelengkeng juga mengandung antioksidan yang bisa melindungimu dari serangan penyakit.

Agar kamu mengetahui apa saja manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan, berikut ulasannya sebagaimana dilansir melalui Merdeka.com.

1 dari 4 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung dan Mengatasi Diabetes

Buah Kelengkeng Bisa Menjaga Kesehatan Jantung© Pixabay.com

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat buah kelengkeng yang pertama bagi kesehatan adalah bisa menjaga kesehatan jantung serta menyehatkan pembuluh darah. Hal ini berkat adanya kandungan vitamin C di dalam kelengkeng dalam jumlah yang tinggi. Peran dari vitamin C ini nantinya akan memperbaiki dinding pembuluh darah. Sehingga, dengan mengonsumsi kelengkeng, kamu pun bisa terhindar dari penyakit jantung yang diakibatkan oleh rusaknya dinding pembuluh darah.

 

Mengatasi Diabetes

Manfaat buah kelengkeng lainnya bagi kesehatan adalah bisa membantu mengatasi diabetes. Diabetes sendiri menjadi salah satu penyakit berbahaya jika tidak segera ditangani. Selain menggunakan obat-obatan medis, kamu juga bisa mengatasi diabetes dengan buah kelengkeng meskipun buah ini memiliki rasa yang manis.

Hal ini pun telah dilakukan penelitian sebelumnya dan menemukan bahwa terdapat kandungan fenolik pada buah kelengkeng yang ampuh untuk menurunkan glukosa darah. Dengan begitu kadar gula darah di tubuhmu pun bisa diatur dengan baik.

2 dari 4 halaman

Menguatkan Tulang dan Mencegah Batu Ginjal

Ilustrasi Tulang Kuat© Freepik.com

Menguatkan Tulang

Ada berbagai makanan yang bisa kamu konsumsi untuk menguatkan tulang. Hal tersebut salah satunya dari buah kelengkeng. Di dalam buah ini terkandungan zat fosfor yang memiliki peran sangat penting untuk membuat tulangmu lebih sehat.

Oleh karena itu, mulailah rutin mengonsumsi buah kelengkeng demi memiliki tulang yang kuat dan bisa menghindarkanmu dari osteoporosis. Jadi, selain mengonsumsi susu, kamu juga bisa mengonsumsi buah kelengkeng untuk dapatkan tulang yang kuat.

Mencegah Batu Ginjal

Manfaat buah kelengkeng berikutnya bagi kesehatan adalah bisa mencegah batu ginjal. Batu ginjal sendiri bisa terjadi karena adanya penumpukan kristal mineral yang membuat fungsi dari ginjal mengalami gangguan. Di dalam buah kelengkeng terkandung mineral yang cukup tinggi.

Hal inilah yang berguna untuk mencegah penumpukan kristal mineral tersebut. Bahkan kelengkeng juga memiliki kandungan fosfor yang mampu untuk menyaring racun di dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

Menyehatkan Mata dan Mempercantik Kulit

Ilustrasi Mata Sehat© Freepik.com

Menyehatkan Mata

Manfaat buah kelengkeng yang tidak boleh kamu lewatkan adalah bisa menyehatkan mata. Menyadari bahwa mata adalah organ penting yang membuatmu bisa melihat sekeliling dan membantumu dalam beraktivitas. Di dalam buah kelengkeng terdapat kandungan riboflavin yang adalah senyawa penting dan bagian dari vitamin B kompleks.

Berdasarkan penelitian dalam “ Archives of Ophthalmology” tahun 2005, kekurangan riboflavin bisa meningkatkan risiko gangguan pada mata, khususnya katarak. Untuk mencegah kondisi tersebut, kamu bisa mengonsumsi kelengkeng sebanyak 3,5 ons yang setara dengan pemenuhan riboflavin sebanyak 38 persen berdasar pada angka kecukupan gizi per harinya.

Mempercantik Kulit

Manfaat buah kelengkeng juga baik untuk kesehatan kulit. Demi menjaga kesehatan kulit, asupan makanan penting untuk diperhatikan. Salah satu makanan yang bisa mendukung kesehatan dan kecantikan kulitmu adalah buah kelengkeng.

Hal ini karena buah kelengkeng mengandung vitamin C yang mampu untuk melembapkan kulit serta meningkatkan kolagen. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau dijadikan masker dengan cara memisahkan daging buah dari bijinya lalu diblender.

4 dari 4 halaman

Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Freepik.com

Bagi kamu yang berniat untuk menurunkan berat badan, maka buah kelengkeng bisa menjadi solusi yang tepat. Karena manfaat buah kelengkeng salah satunya bisa membantu kamu untuk memiliki tubuh yang ideal. Hal ini karena kandungan serat yang dimilikinya.

Nantinya kelengkeng akan membantu dalam proses mengeluarkan kalori serta melancarkan pencernaan. Oleh karena itu, jika kamu mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin, maka kamu tidak akan mudah merasa haus maupun lapar. Sehingga, asupan makananmu akan berkurang dan berdampak pada penurunan berat badan.

Itulah 7 manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan. Demi mendapatkan beragam manfaatnya tersebut, sahabat Dream bisa rutin mengonsumsinya.

Beri Komentar