Ini 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang

Reporter : Tantiya Nimas Nuraini
Selasa, 27 Agustus 2019 17:45
Ini 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang
Salah satu menu paling populer di warung makan tenda adalah ikan lele goreng. Ternyata, ikan lele memiliki banyak sekali manfaatnya loh. Yuk simak informasinya berikut ini.

Dream – Salah satu menu paling populer di warung makan tenda adalah ikan lele. Bagaimana tidak?

Bagi masyarakat Indonesia mengonsumsi ikan lele dalam kesehariannya adalah hal yang wajar. Bahkan hampir di setiap kota, kalian bisa menemukan dengan mudah warung makan pecel lele.

Tidak hanya orang dewasa saja yang menyukai ikan lele namun, anak kecil juga sebagian besarnya menyukai ikan lele ini.

Terlepas dari kegemaran masyarakat Indonesia, ikan lele sendiri pun memang memiliki cita rasa yang khas dan tidak kalah enaknya dengan beberapa jenis ikan lainnya.

Apalagi harga yang murah serta mudah untuk diolah membuat eksistensi ikan lele semakin merajai masyarakat Indonesia.

Walaupun memiliki harga yag relatif lebih murah, ikan lele juga ternyata memiliki sejumlah kandungan yang bagus untuk kesehatan tubuh loh Sahabat Dream

Ikan lele sendiri merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di kawasan air tawar. Kandungan yang terdapat di dalam ikan lele inipun akan menimbulkan berbagai dampak positif bagi tubuh.

Bagi kalian yang masih meragukan untuk mengonsumsi ikan lele, perlu untuk diketahui ikan lele memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak informasi secara lengkapnya berikut ini: 

1 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Rendah Kalori dan Lemak

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© pixabay.com

Manfaat ikan lele yang pertama adalah memiliki kalori dan lemak yang terbilang cukup rendah. Pasalnya, dalam 100 gram ikan lele akan terkandung setidaknya sekitar 122 kalori serta 6,1 gram lemak.

Lemak yang terkandung di dalam ikan lele merupakan jenis lemak trigliserida netral. Meskipun ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang rendah lemak dan kalori, kalian tetap harus memperhatikannya.

Tidak hanya memperhatikan jumlah porsi yang dimakan, namun juga memperhatikan cara pengolahan pada ikan lele tersebut.

Mengapa demikian? Pengolahan yang tidak benar pada ikan lele mampu meningkatkan kadar lemak, kalori dan kolesterol di dalam tubuh.

Kalian bisa mengolah dengan cara dikukus, direbus, dipanggang dan dibakae sekalipun. Sebaiknya, hindari mengonsumsi ikan lele yang dimasak dengan digoreng.

2 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Sumber Protein

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© shutterstock

Selain memiliki lemak dan kalori yang rendah, salah satu manfaat ikan lele lainnya adalah mampu menjadi sumber protein.

Tahukah kalian? Protein yang terkandung di dalam ikan setidaknya sekitar 20% sehingga setiap ekornya memiliki kadar protein sebanyak 15,6 gram.

Protein yang dimilikinya inipun bukanlah protein yang sembarangan, sebab ikan lele mengandung protein yang berkualitas tinggi.

Protein tersebut meliputi asam amino esensial, lisin, metionin serta leusin. Semua protein itu sangatlah penting dan bagus untuk kesehatan tubuh seseorang.

3 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Sumber Fosfor

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© shutterstock

Selain protein, ikan lele juga memiliki kandungan fosfor yang sanagt tinggi. Untuk itulah, manfaat ikan lele yang lainnya adalah menjadi sumber fosfor bagi tubuh seseorang.

Di setiap ekornya, ikan lele memiliki kandungan fosfor hingga mencapai 168mg/ 100 gram.

Kamu tahu? Kandungan fosfor di dalam ikan lele tersebut lebih banyak daripada di dalam telur.

Fosfor sendiri memiliki peranan penting dalam kesehatan tubuh salah satunya adalah mampu untuk membantu penyerapan kalsium.

4 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Sumber Vitamin B12

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© pixabay.com

Manfaat ikan lele berikutnya adalah mampu menjadi sumber vitamin B12 di dalam tubuh seseorang.

Kandungan vitamin b12 yang ada di dalam ikan lele mampu untuk memenuhi kebutuhan asupan vitamin B12 sebesar 40% pada orang dewasa.

Vitamin B12 sendiri sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh kalian. Pasalnya, vitamin ini mampu membantu dalam proses terbentuknya energi yang berasal dari karbohidrat yang kalian konsumsi.

Tidak hanya itu saja, vitamin B12 juga mampu untuk menjaga sistem peredaran darah terutama sistem saraf.

5 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Sumber Asam Lemak Sehat

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© pixabay.com

Menjadi sumber asupan asam lemak sehat merupakan salah satu dari manfaat ikan lele yang jarang kalian ketahui. Hanya dengan mengonsumsi ikan lele secara teratur mampu untuk memenuhi asupan asam lemak omega-3 serta omega-6 di dalam tubuh.

Pasalnya, setiap satu ekor ikan lele akan mengandung setidaknya 220 mg asam lemak omega-3 serta 875 mg asam lemak omega-6.

Sudah menjadi rahasia umum, kedua asam lemak ini sangat bagus bagi kesehatan tubuh sebab mampu untuk menjaga kesehatan jantung serta fungsi kognitif.

6 dari 6 halaman

Manfaat Ikan Lele: Rendah Merkuri

Inilah 6 Manfaat Ikan Lele yang Jarang Diketahui Orang!© shutterstock

Tahukah kalian? Hampir semua jenis ikan memiliki kandungan merkuri di dalamnya. Meskipun demikian, ikan lele merupakan salah satu jenis ikan yang mengandung merkuri terendah.

Terbukti dari adanya penelitian oleh Environmental Protection Agency yang menyatakan, ikan lele sebagai salah satu ikan yang rendah akan merkuri serta paling banyak dikonsumsi.

Merkuri sendiri merupakan senyawa sejenis logam berat yang dihasilkan dari limbah buangan pabrik maupun rumah tangga.

Semakin menumpuknya merkuri di dalam tubuh, maka resiko terkena penyakit berbahay juga akan semakin meningkat.
 
 
(ism, Sumber: hellosehat dan doktersehat)

Beri Komentar