8 Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Kelahiran Prematur

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 27 Mei 2022 06:12
8 Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil, Salah Satunya Mencegah Kelahiran Prematur
Buah plum mengandung banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh ibu hamil.

Dream – Buah plum sekilas mirip seperti apel yang berwarna merah, namun ukurannya lebih kecil. Plum bisa Sahabat Dream makan bersama dengan kulitnya. Saat digigit daging plum terasa banyak mengandung air dengan rasa manis-asam yang menyegarkan dan terdapat satu buah biji di bagian tengah.

Diberi nama latin Prunus domestica, kandungan buah plum  banyak berisi nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Plum mengandung vitamin C yang ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh. Buah plum juga disarankan agar dikonsumsi oleh ibu hamil yang memang membutuhkan asupan nutrisi yang cukup.

Dengan khasiat yang dimilikinya, buah plum cocok untuk dijadikan camilan sehari-hari bagi ibu hamil yang sangat menyehatkan. Nah, berikut adalah beberapa manfaat buah plum untuk ibu hamil sebagaimana dirangkum Dream melalui manfaat.co.id.

1 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Memiliki Kandungan Antioksidan Tinggi

Perlu sahabat Dream ketahui bahwa buah plum memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan sendiri sangatlah dibutuhkan oleh setiap manusia, apalagi oleh perempuan yang sedang mengandung. Dengan memenuhi kebutuhan antioksidan, maka tubuh akan dijauhkan dari serangan radikal bebas yang berbahaya. Dengan begitu, imunitas tubuh pun akan tetap terjaga dengan baik.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Bagi perempuan yang sedang hamil, gangguan pencernaan menjadi masalah yang kerap dialami. Kondisi ini tentunya membuat ibu hamil merasa tidak nyaman dan akan bolak-balik ke kamar mandi. Namun, buah plum mengandung serat yang cukup baik. Sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat agar ibu hamil terhindar dari masalah pencernaan dengan mengonsumsi buah plum.

2 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Mengatasi Morning Sickness

Manfaat buah plum berikutnya bagi ibu hamil adalah untuk mengatasi morning sickness. Di mana kondisi ini kerap dialami oleh ibu hamil yang ditandai dengan mual-mual. Jika sudah seperti ini, seorang ibu hamil bisa saja kehilangan nafsu makannya. Otomatis akan berkaitan dengan asupan makanan yang didapatkan oleh tubuhnya.

Nah, buah plum cocok sekali untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil. Hal ini karena buah plum memiliki rasa yang manis dan asam. Sehingga morning sickness pun bisa diatasi dengan mengonsumsi buah tersebut.

Mencegah Dehidrasi

Seseorang yang mengalami dehidrasi disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh. Hal ini biasanya membuat seseorang mengalami pusing. Apalagi jika dehidrasi dialami oleh ibu hamil. Kondisi ini tidak hanya berbahaya bagi sang ibu, tetapi juga bagi janin yang sedang dikandungnya.

Nah, untuk mencegah dari dehidrasi, ibu hamil sebaiknya mengonsumsi buah plum. Karena buah ini memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan bisa juga dibuat menjadi jus yang menyegarkan.

3 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Baik untuk Sistem Saraf

Manfaat buah plum lainnya bagi ibu hamil adalah baik untuk sistem saraf janin. Hal ini karena buah tersebut memiliki kandungan vitamin A dan beta karoten. Kandungan inilah yang dipercaya sangat baik untuk perkembangan sistem saraf pada janin yang sedang dikandung. Jadi, sahabat Dream yang sedang mengandung cobalah untuk mengonsumsi buah plum secara rutin. Buah ini cocok sekali untuk kamu jadikan sebagai camilan yang enak dan tentu saja menyehatkan.

Menurunkan Risiko Obesitas

Di masa kehamilan, seorang ibu hamil juga perlu memerhatikan berat badannya. Jangan sampai mengalami obesitas yang berdampak negatif pada kesehatannya. Jika sampai mengalami obesitas, maka akan memicu beberapa penyakit untuk datang. Misalnya saja hipertensi, gestotional diabetes, dan eklamsia. Salah satu cara agar terhindar dari obesitas saat hamil adalah dengan mengonsumsi buah plum.

4 dari 4 halaman

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil

Manfaat Buah Plum bagi Ibu Hamil© Freepik.com

Mencegah Kelahiran Prematur

Setiap orang tua tentu saja mengharapkan sang buah hati bisa lahir dalam kondisi yang sehat. Namun, pada kenyataannya ada juga bayi yang lahir secara prematur, sehingga harus mendapatkan perawatan secara medis dan kondisinya harus diperhatikan secara baik-baik agar kondisi bayi bisa membaik dan semua organ bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, untuk mencegah bayi lahir prematur, ibu hamil juga perlu memerhatikan makanan yang dikonsumsinya selama mengandung. Buah plum memiliki nutrisi yang tinggi, sehingga baik dikonsumsi oleh ibu hamil agar terhindar dari kelahiran bayi yang prematur.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Manfaat buah plum bagi ibu hamil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Di mana perempuan yang sedang hamil bukan berarti tidak memedulikan tentang kecantikan kulitnya. Namun, harus diketahui juga bahwa ibu hamil tidak bisa sembarang menggunakan skin care karena bisa memberikan dampak yang bahaya.

Oleh karena itu, pilihlah cara yang lebih sehat untuk menjaga kecantikan kulit saat hamil, yakni dengan mengonsumsi buah plum. Buah ini efektif untuk menjaga kesehatan kulit sahabat Dream dari dalam dan tentunya menghindarkanmu dari efek negatif yang membahayakan janin.

Beri Komentar