Sering Diabaikan, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur

Reporter : Widya Resti Oktaviana
Jumat, 9 April 2021 13:45
Sering Diabaikan, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Sebelum Tidur
Mengonsumsi air hangat secara rutin apalagi sebelum tidur bisa memberikan efek yang positif bagi tubuh.

Dream – Manfaat minum air hangat sebelum tidur sangatlah banyak. Namun sering kali diabaikan. Sebagian orang mungkin berpikiran bahwa minum hanya untuk menghilangkan rasa haus saja. Lebih dari itu, minum air putih dalam kondisi hangat ternyata bisa memberikan efek yang positif bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin.

Menurut laman NDTV, para ahli kesehetan telah menyarankan agar mengonsumsi air hangat di saat pagi hari. Hal ini karena air hangat memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh serta meningkatkan kesehatan dan kecantikan.

Namun, kebiasaan mengonsumsi air hangat juga sangat baik untuk kamu lakukan sebelum tidur. Dengan banyak mengonsumsi air hangat sebelum tidur, salah satu manfaat yang bisa kamu rasakan adalah membuat tidurmu lebih cepat.

Ini cocok sekali untuk kamu yang setiap harinya memiliki aktivitas padat. Sehingga harus segera beristirahat untuk mengumpulkan energi kembali dan bangun dalam kondisi tubuh yang fit.

Berikut adalah beberapa manfaat minum air hangat sebelum tidur yang perlu kamu ketahui sebagaimana dilansir Liputan6.com.

1 dari 5 halaman

Mengganti Cairan Tubuh dan Menjaga Tubuh Terhidrasi

Ilustrasi Tubuh Terhidrasi© Foto. freepik

Mengganti Cairan Tubuh

Manfaat minum air hangat sebelum tidur yang pertama adalah bisa menggantikan cairan tubuh. Di mana selama seharian kamu sudah lelah beraktivitas dan otomatis juga banyak mengeluarkan cairan. Saat sedang sibuk, kebanyakan orang biasanya lupa untuk memenuhi kebutuhan cairannya. Oleh karena itu, kamu bisa mengganti cairan tubuh tersebut dengan mengonsumsi air hangat sebelum tidur.

Menjaga Tubuh Terhidrasi

Manfaat minum air hangat sebelum tidur juga bisa menjaga tubuh agar tetap terhidrasi ketika sedang tidur. Melakukan kebiasaan ini sebelum tidur akan menhindarkanmu dari rasa haus serta tenggorokan yang kering. Di mana kondisi ini bisa mengganggu istirahatmu karena harus bangun di tengah malam untuk mengambil air minum.

2 dari 5 halaman

Meredakan Nyeri dan Pegal serta Memusnahkan Racun

Ilustrasi Mengalami Pegal© Foto. freepik

Meredakan Nyeri dan Pegal

Manfaat minum air hangat sebelum tidur juga bisa untuk meredakan nyeri dan pegal. Rasa nyeri dan pegal ini bisa terjadi karena aktivitas yang kamu jalankan setiap harinya. Dengan mengonsumsi air hangat, maka tubuhmu pun bisa lebih relaks dan kamu juga bisa mendapatkan tidur yang lebih berkualitas.

Memusnahkan Racun

Manfaat minum air hangat sebelum tidur berikutnya bisa untuk memusnahkan racun di dalam tubuh. Mengingat bahwa gaya hidup yang dilakukan saat ini dengan beragam aktivitas yang menguras tenaga dan waktu serta asupan makanan yang bisa membuat racun menumpuk di tubuh.

Namun, jika kamu mengonsumsi air hangat, maka ampuh untuk membantu tubuh agar bisa mengeluarkan keringat. Dengan begitu, hal ini akan bisa mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh bersama dengan keringat tersebut.

3 dari 5 halaman

Meringankan Batuk dan Pilek serta Meringankan Kram saat Menstruasi

Ilustrasi Menderita Batuk© Foto. freepik

Meringankan Batuk dan Pilek

Bagi kamu yang menderita sakit batuk dan pilek, salah satu solusi untuk meringankannya adalah dengan mengonsumsi air hangat sebelum tidur. Hal ini karena suhu yang hangat dari air mampu untuk meringankan gatal yang kamu rasakan di tenggorokan. Selain itu, mengonsumsi air hangat juga akan menekan dahak yang bisa mengganggu kenyamananmu.

Meringankan Kram saat Menstruasi

Saat menstruasi, kebanyakan perempuan akan merasakan kram yang membuat kamu tidak bisa beraktivitas secara maksimal. Rasa nyeri bisa membuatmu tubuhmu lemas. Untuk mengatasinya, kamu bisa mengonsumsi air hangat sebelum tidur. Karena suhu panas yang dihasilkan dari air hangat mampu untuk membuat otot-otot di perut lebih tenang dan rasa kram pun bisa reda.

4 dari 5 halaman

Mendukung Penurunan Berat Badan dan Menyehatkan Kulit

Ilustrasi Menurunkan Berat Badan© Foto. freepik

Mendukung Penurunan Berat Badan

Menurunkan berat badan tidak hanya untuk memaksimalkan penampilan saja. Tetapi juga untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat. Salah satu cara aman yang bisa kamu lakukan untuk mendukung proses penurunan berat badan adalah dengan mengonsumsi air hangat sebelum tidur. Hal ini karena nantinya air hangat bisa membantu untuk mencerna makanan dengan lebih cepat.

Namun, hal ini juga harus kamu imbangi dengan menjaga pola makan setiap harinya dan tidak lupa untuk melakukan olahraga secara teratur. Sehingga, tubuh ideal yang kamu inginkan pun bisa terwujud.

Menyehatkan Kulit

Bagi kamu yang ingin memiliki kulit sehat, maka bisa mengonsumsi air hangat sebelum tidur secara rutin. Air hangat juga bisa untuk memperbaiki kondisi sel kulit agar lebih elastis. Sehingga, kamu bisa memiliki kulit yang sehat, cantik, dan tampak awet muda.

5 dari 5 halaman

Menjaga Pencernaan Tetap Sehat dan Melancarkan Sirkulasi Darah

Ilustrasi Sirkulasi Darah Lancar© Foto. freepik

Menjaga Pencernaan Tetap Sehat

Manfaat minum air hangat sebelum tidur mampu untuk menjaga pencernaan agar tetap sehat. Apalagi bagi kamu yang mengalami sembelit, maka dengan mengonsumsi air hangat akan sangat ampuh untuk melancarkan sistem pencernaan. Hal ini karena air hangat mampu untuk melarutkan dan memecah partikel-partikel makanan.

Melancarkan Sirkulasi Darah

Bagi kamu yang membiasakan diri untuk minum air hangat sebelum tidur, hal ini bisa melancarkan sirkulasi darah. Tubuhmu pun akan mendapatkan efek yang positif, di mana bisa melindungi dirimu dari berbagai penyakit berbahaya yang menyerang. Selain itu, jika sirkulasi darah di tubuh lancar, maka jantung juga akan menjadi lebih sehat dan mencegahmu dari penyakit kardiovaskuler yang berbahaya.

Itulah 10 manfaat minum air hangat sebelum tidur yang bisa kamu dapatkan. Sahabat Dream yang ingin hidup sehat dengan mudah dan aman, yuk mulai rajin mengonsumsi air hangat.

Beri Komentar