Begini Cara Badal Haji dan Safari Wukuf Jemaah Haji yang Wafat atau Berhalangan

Reporter : Okti Nur Alifia
Sabtu, 9 Juli 2022 12:00
Begini Cara Badal Haji dan Safari Wukuf Jemaah Haji yang Wafat atau Berhalangan
Tahun ini ada 51 jemaah yang dibadalhajikan dan ada 136 jemaah yang disafariwukufkan.

Dream - Jemaah haji dari seluruh dunia telah memasuki fase puncak dari rangkaian ibadah rukun Islam kelima ini pada Jumat, 9 Juli 2022 yang lalu. Bertepatan dengan 9 Dzulhijjah 1443 waktu setempat, seluruh Tamu Allah itu menjalani wukuf di Arafah sebagai inti dari haji yang mereka jalani.

Sebelum keberangkatan ke Arafah, Menag Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, sebanyak 51 jemaah tahun ini terpaksa melakukan wukup dengan dibadalhajikan dan 136 jemaah yang disafariwukufkan.

" Sesuai komitmen pemerintah, semua jemaah haji yang berhalangan, harus dibadalhajikan atau disafariwukufkan," terang Gus Yaqut, panggilan akrabnya, di Arafah, baru-baru in

Kepala Bidang Bimbingan Ibadah Haji Alam Agoga Hasibuan merinci 51 jemaah yang dibadalhajikan terdiri atas 29 badal haji karena wafat, 22 jemaah dibadalhajikan karena sakit berat.

Mereka yang sakit berat, 10 dirawat di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), dan 12 dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi.

" Untuk jemaah safari wukuf, sebanyak 31 jemaah disafariwukufkan dengan berbaring di bus, 104 jemaah dengan posisi duduk di bus, dan ada 1 jemaah yang disafariwukufkan oleh pihak Rumah Sakit Arab Saudi," paparnya.

1 dari 5 halaman

Alam menjelaskan proses safariwukuf menggunakan 10 bus dan satu bus cadangan. Selain tim kesehatan, setiap bus juga ditugaskan seorang khatib dan dua pembimbing ibadah.

" Nantinya di bus akan dilakukan proses safari wukuf, mulai dari khutbah wukuf hingga salat jamak qashar Zuhur dan Asar, serta talbiyah, zikir, dan doa," jelas Alam.

Kasi Bimbingan Ibadah Haji Daker Makkah Anshor menambahkan, ada 30 tim safari wukuf dan sejumlah tim medis dari KKHI Daker Mekah yang diterjunkan. 

Mereka antara lain bertugas mulai dari membimbing niat thaharah atau bersuci jemaah, termasuk tayammum. Tim Kesehatan KKHI juga membantu wudhu jemaah uzur. Bagi jemaah yang tidak bisa berwudhu, mereka dibantu bisa bertayamum.

" Tim KKHI juga membantu jemaah mengenakan pakaian ihram, baik untuk laki laki atau perempuan," jelas Anshor.

2 dari 5 halaman

Sementara untuk tim bimbingan ibadah, mereka membantu melafalkan doa berihram, membimbing melafalkan niat sholat sunnah ihram, membimbing niat haji, serta membimbing talbiyah sampai memasuki Arafah.

" Di setiap bus, ada petugas yang membacakan khutbah wukuf dan imam sholat jamak qashar Zuhur dan Asar," ujar Anshor.

Mereka juga membimbing jemaah uzur untuk memperbanyak talbiyah, dzikir, dan doa selama berada di Arafah.

Anshor menanbahkan, proses safari wukuf ditargetkan berlangsung maksimal tiga jam, sejak keberangkatan dari KKHI menuju Arafah, lalu kembali ke KKHI.

Sumber: Kemenag.go.id

 

3 dari 5 halaman

Puncak Haji, Jemaah Indonesia Diberangkatkan ke Arafah dalam 3 Tahap

Dream - Rombongan jemaah haji Indonesia mulai diberangkatkan dari Mekah ke Arafah pada Kamis, 7 Juli 2022. Nantinya pemberangkatan para jemaah haji itu akan dibagi dalam tiga tahap.

Tahap pertama akan berangkat pada pukul 07.00 - 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tahap kedua pukul 10.00 - 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 - 17.00.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekah, Mukhammad Khanif mengatakan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah dengan 16 bus yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

" Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor, tapi per maktab. Jadi, maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab. Semua maktab akan memberangkatkan, jadi kita memiliki urutan maktab dari 1-44," katanya.

4 dari 5 halaman

Masing-masing maktab, katanya, akan memberangkatkan jemaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jemaah haji di sektor.

Dengan begitu diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS, seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan dari Mekah ke Arafah.

" InsyaAllah pukul 17.00 jemaah sudah berangkat semua dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jemaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," katanya.

Untuk memastikan semua jemaah diberangkatkan ke Arafah, petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jemaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jemaah telah berangkat ke Arafah.

Setelah dinyatakan tidak ada lagi jemaah di Mekkah, baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah. Khanif berharap jemaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022.

Jemaah juga bisa membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi.

5 dari 5 halaman

Beri Komentar