Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan (c) Unilever Indonesia

Melihat kondisi sosial, kesehatan, dan lingkungan selama beberapa tahun terakhir, bikin makin sadar kalau diperlukan lebih banyak orang untuk berbuat kebaikan. Bukan hanya pemerintah saja yang bertanggung jawab untuk menciptakan Indonesia yang lebih baik. Butuh kolaborasi dan komitmen yang kuat juga dari semua orang, termasuk generasi muda agar dapat mewujudkan Indonesia yang lebih sehat, sejahtera, dan lestari.

Ternyata, di luar sana sudah banyak anak muda yang aware, bahkan memberikan kontribusi nyata menjadi pahlawan masa depan, lho. Di antaranya ada 10 sosok anak muda yang berhasil mendapatkan penghargaan 'Every U Does Good Heroes’ lewat ide dan kontribusi visioner mereka bagi masyarakat dan lingkungan yang sejalan dengan pilar kebaikan dari PT Unilever Indonesia, Tbk.

‘Every U Does Good Heroes’ merupakan program yang bertujuan untuk menemukan sosok pahlawan masa depan yang mampu menunjukkan kiprah dalam menciptakan Indonesia yang lebih hijau, sehat, sejahtera, adil, dan inklusif. Sejalan dengan 3 pilar kebaikan Unilever Indonesia.

Pendaftaran untuk program ‘Every U Does Good Heroes dibuka pada Agustus lalu. Kemudian sepanjang Oktober - November 2021, 100 peserta terpilih dari berbagai wilayah Indonesia dengan purpose serta program paling relevan, dan punya potensi berkembang berkesempatan mendapatkan sesi mentoring yang bermanfaat bersama para mentor yang inspiratif. Mereka adalah Mohamad Bijaksana Junerosano (CEO & Pendiri Waste4Change), Helga Angelina Tjahjadi (Pendiri Burgreens & Green Rebel Foods), Stevia Angesty (Co-Founder Feelwell Ceramics), Ayu Kartika Dewi (Staf Khusus Presiden RI & Co-Founder Toleransi.id), dan Nicky Clara (Disability Womanpreneur).

Kenalan lebih jauh dengan 10 sosok pahlawan masa depan yang terpilih dalam Every U Does Good Heroes, yuk!

Kontribusi pada Masyarakat yang Lebih Adil dan Inklusif

Ada banyak cara untuk berbuat kebaikan bagi sekitar kita. Salah satunya seperti bersama-samamembangun planet yang lebih lestari dengan lebih aware lagi atas isu-isu alam dan lingkungan sekitar. Dimentori oleh M. Bijaksana Junerosano, ini dia sosok terpilih Every U Does Good Heroes.

1. Ari Gunawan (Precious Island)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Menjadi co-founder dari Precious Island, organisasi ini menggagas perhelatan Global Youth Conference on SDGs yang sudah berjalan sejak akhir 2018. Misi mereka adalah untuk mendorong dan memfasilitasi anak muda membuat aksi global yang inovatif dalam mendukung SDGs. Lewat organisasi ini, Ari dan pendiri lainnya juga ingin membuktikan bahwa generasi muda tanah air punya potensi besar dan layak mendapat panggung global dalam pencapaian SDGs.

2. Dicky Dwi Alfandy (Gajahlah Kebersihan)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Mengusung nama yang unik, Gajahlah Kebersihan adalah organisasi pemuda yang berbasis di Lampung untuk memberdayakan masyarakat pesisir dan urban dalam mengimplementasikan sirkularitas pada isu sampah laut. Ada 4 aspek yang diusung organisasi ini yang disebut 4E, mulai dari Evidence/Riset, Education, Engagement/kampanye, dan Ecopreneurship.

Mereka menginisiasi program Marine Debris Ranger untuk memberdayakan masyarakat di pinggiran sungai Wey Belau dalam melakukan pengelolaan sampah yang sirkular di Bandar Lampung.

Meningkatkan Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat

Isu kesehatan dan kesejahteraan masyarakat masih terus menjadi sorotan. Terlebih di masa sulit akibat pandemi dalam beberapa tahun terakhir ini. Dimentori oleh Stevia Angesty, ini dia sosok pahlawan masa depan yang bisa jadi inspirasimu.

3. Katrin Sovia Ifana Sari Moko (Be Home)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Be Home menggagas sebuah program unik, yaitu A Journey of Broken Home. Tujuannya adalah menjadi wadah cerita bagi teman-teman broken home, termasuk mengedukasi masyarakat umum terkait isu yang satu ini. Nggak hanya menghadirkan survivor broken home, Be Home juga menghadirkan praktisi dan profesional di bidang kesehatan mental untuk berbagi perspektifnya. Beberapa cerita mereka yang telah diproduksi menjadi video di media sosial diharapkan mampu meningkatkan awareness masyarakat terhadap isu yang satu ini.

4. Erliana (Bersama Lansia)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Hadir untuk memberikan wadah layanan dan fasilitas kepada keluarga dan generasi muda terkait kesehatan dan kesejahteraan lansia, Bersama Lansia menjadi salah satu komunitas yang layak diapresiasi. Erliana, salah satu perwakilan yang membentuk komunitas ini ingin meningkatkan awareness masyarakat tentang ageing dan lansia, serta mendapatkan bimbingan dan layanan bersama ahli medis serta organisasi yang berkaitan.

Masih di tema yang sama, ada juga nih para heroes yang dimentori oleh Helga Angelina. Siapa saja mereka?

5. Ni Putu Gita Saraswati (Kolaborasi Bumi Indonesia)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Fokus pada isu kesehatan dan lingkungan, Kolaborasi Bumi Indonesia membawa program Menstrucaka dalam ‘Every U Does Good Heroes’. Program yang menyasar siswa/siswi SMP  di kelas 7 ini menarik karena  bertujuan untuk memilih duta manajemen kebersihan menstruasi agar dapat menjadi agen peer educator selama 1 tahun.

6. Arif Fajar Saputra (NUXCLE)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Fokus pada isu lingkungan, NUXCLE mengembangkan kendaraan Last-Mile Electric Vehicle yang bertujuan mengonversi kendaraan biasa menjadi kendaraan listrik. Targetnya adalah 13 juta sepeda motor listrik di Indonesia pada 2030. Organisasi ini memproduksi kendaraan listrik dan memberikan layanan konversi menggunakan Recycled Parts untuk transportasi jarak jauh dengan biaya mulai dari Rp 2,5 juta.

Nggak bisa dipungkiri, banyaknya ketidakadilan dan diskriminasi masih dirasakan masyarakat selama ini. Terutama mereka yang menyandang 'label' tertentu dalam masyarakat. Para sosok ini berusaha untuk mengubah pandangan masyarakat lewat kontribusinya yang dimentori oleh Ayu Kartika Dewi.

7. Sandi Mahendra (Terpandu)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Terpandu memiliki makna Tiap Orang Punya Kesempatan Kedua. Inilah sebuah ide usaha sosial yang fokus memperjuangkan isu terkait hak mantan warga binaan untuk mendapatkan kesempatan kedua. Termasuk hak mendapatkan pekerjaan yang layak. Sandi ingin membantu mantan warga binaan keluar dari 'lingkaran' pasca bebas lewat berbagai program yang ada dalam Terpandu.

8. Akbar Trio Mahsuri (Young Interfaith Peacemaker Community)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Young Interfaith Peacemaker Community menggelar sebuah program bertajuk Student Interfaith Peach Camp dan rangkaian acara lanjutan lain untuk menuntaskan masalah intoleransi di tanah air. Lewat kegiatan ini, Akbar ingin anak muda lebih aktif menyuarakan pesan perdamaian baik secara online maupun offline. YIPC percaya bahwa masyarakat perlu menggerakkan siswa dan mahasiswa sebagai agent of change untuk mempengaruhi masyarakat dengan nilai perdamaian.

Di tema yang sama pula, ada pahlawan masa depan lainnya yang mengusung gerakan yang nggak kalah inspiratif. Dimentori oleh Nicky Clara, siapa saja mereka?

9. Nissi Taruli Felicia (Feminis Themis)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

Mengusung program Perempuan Tuli dan Berdaya, Feminis Themis percaya bahwa biarpun nggak bisa mendengar, teman tuli tetap bisa melakukan apa saja kok. Nissi memberikan edukasi kepada teman tuli di berbagai sektor, seperti pendidikan seksual, kepemimpinan, validasi data, dan advokasi.

10. Diva Asnawi (KONEKIN)

10 Sosok Pahlawan Masa Depan yang Bisa Jadi Inspirasi Anak Muda Berbuat Kebaikan

KONEKIN menggagas Project BISA yang dengan tujuan untuk menghubungkan disabilitas dan non disabilitas untuk mendorong terciptanya ekosistem inklusif di tanah air. Project ini ditujukan untuk anak-anak usia 3-8 tahun karena pertumbuhan otak anak di fase ini sangat pesat. Jadi, mereka menilai bahwa inilah momen yang tepat mengajarkan anak nilai-nilai karakter dan perdamaian.

Project BISA menghadirkan buku cerita anak bergambar dengan karakter dan topik anak penyandang disabilitas untuk mengurangi prasangka, stigma, dan diskriminasi terhadap penyandang disabilitas.

Luar biasa banget kan kontribusi yang diberikan oleh 10 sosok pahlawan masa depan yang terpilih dalam program ‘Every U Does Good Heroes’. Apresiasi terhadap semangat mereka dalam menyebarkan kebaikan tersebut diberikan bertepatan dengan perayaan 88 tahun perjalanan panjang Unilever Indonesia pada 9 Desember lalu. Selain mendapatkan pendampingan lebih lanjut dari para mentor, nantinya 10 sosok ini juga akan mendapatkan micro grant sebesar Rp30 juta untuk mengembangkan project mereka. Semoga bisa jadi inspirasimu untuk berbuat kebaikan juga ya, Sahabat Dream!

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Cara Memilih Susu untuk Menaikkan Berat Badan Anak Terbaru 2024

Simak dan ikuti cara memilih susu untuk menaikkan berat badan anak, agar gizi anak tetap seimbang dan terpenuhi.

Baca Selengkapnya
40 Kata-Kata Pemilu Damai yang Inspiratif dan Lucu, Biar Gak Serius-Serius Banget

40 Kata-Kata Pemilu Damai yang Inspiratif dan Lucu, Biar Gak Serius-Serius Banget

Kata-kata Pemilu damai yang inspiratif dan lucu bisa membantu mengurangi ketegangan yang tercipta sejak masa kampanye.

Baca Selengkapnya
100 Kata-Kata Bijak Kehidupan Sehari-hari yang Inspiratif, Suntikan Motivasi Hadapi Rintangan

100 Kata-Kata Bijak Kehidupan Sehari-hari yang Inspiratif, Suntikan Motivasi Hadapi Rintangan

Kata-kata bijak kehidupan sehari-hari juga seringkali mengandung nilai-nilai moral yang memberikan arah dan pedoman.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Mengurus Dua Buah Hati, 6 Tips Parenting ala Dwihandaanda Ini Bisa Jadi Inspirasi

Mengurus Dua Buah Hati, 6 Tips Parenting ala Dwihandaanda Ini Bisa Jadi Inspirasi

Seperti apa sih gaya parenting Dwi Handayani yang bisa jadi inspirasi?

Baca Selengkapnya
Yuk Ajarkan kepada Anak Sejak Masih Dini, Inilah 4 Hadis Ringan yang Gampang Dihafal

Yuk Ajarkan kepada Anak Sejak Masih Dini, Inilah 4 Hadis Ringan yang Gampang Dihafal

Hadis tersebut mampu membentuk karakter serta nilai-nilai Islami dalam diri seorang anak.

Baca Selengkapnya
Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara Memilih Mukena Anak, Pastikan Si Kecil Nyaman Memakainya

Cara memilih mukena anak yang baik agar si kecil nyaman memakainya.

Baca Selengkapnya