17 Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup sebagai Sumber Pangan, Sandang, dan Papan

Reporter : Arini Saadah
Senin, 3 Januari 2022 11:14
17 Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup sebagai Sumber Pangan, Sandang, dan Papan
Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup tak pernah terpisahkan dari kehidupan sehari-hari serta merupakan hubungan yang berkesinambungan.

Dream – Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup sebagai sumber pangan, sandang, dan papan, yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan. Tumbuhan sangat penting bagi bumi dan semua makhluk hidup termasuk manusia dan hewan. Manusia bahkan menggantungkah hidupnya pada tumbuh-tumbuhan.

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup tak pernah terpisahkan dari kehidupan sehari-hari serta merupakan hubungan yang berkesinambungan.

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup dibutuhkan untuk keperluan dasar. Selain itu, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga membantu menjaga kesehatan manusia.

Berikut ini manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang tak bisa dipisahkan dari kehidupan. Mari simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1 dari 6 halaman

Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup

1. Menghasilkan Oksigen untuk Bernapas

Penghasil oksigen adalah manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang pertama. Daun hijau pada tumbuhan melakukan fotosintesis dan respirasi sepanjang waktu. Karena fotosintesis inilah, tumbuhan menyerap gas karbon dioksida untuk membuat gula dan menghasilkan oksigen sebagai produk sampingan.

Gas oksigen yang dilepaskan oleh tumbuhan sangat bermanfaat bagi manusia untuk bernapas. Tumbuhan melepaskan oksigen pada siang hari dengan adanya cahaya alami melalui proses fotosintesis. Pada malam hari, tumbuhan menyerap oksigen dan melepaskan karbon dioksida, yang disebut respirasi.

2. Menjaga Suhu Udara

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup selanjutnya adalah menjaga suhu udara agar tetap sehat dan sejuk. Kondisi suhu yang panas disebabkan karena produksi oksigen yang tidak merata di suatu tempat. Biasanya kondisi udara di perkotaan sangat panas dan kotor. Maka dari itu dibuatlah taman kota dan peletakan tumbuh-tumbuhan di beberapa tempat untuk menjaga suhu udara.

Artinya semakin banyak pohon dan tumbuhan di sebuah tempat, semakin segar dan dingin suhu udaranya. Tak heran jika udara di pegunungan lebih sejuk dan dingin dibandingkan di perkotaan yang berisi gedung-gedung tinggi.

3. Menyerap Polusi Udara

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang kedua adalah sebagai penyerap polusi di udara. Pada siang hari, tanaman menyerap karbon dioksida. Ini juga bisa menjadi penyerap polusi.

Pohon menyerap karbon dari atmosfer yang meningkatkan kualitas udara dan membantu mengurangi jejak karbon. Selain itu, pepohonan dan lansekap membantu menyerap polutan dan partikel di udara, sehingga meningkatkan kualitas udara secara keseluruhan.

2 dari 6 halaman

Ilustrasi© Freepik.com

4. Menjaga Kualitas Air

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang tak kalah penting adalah perannya yang besar dalam menjaga air tetap bersih dengan menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen. Tanaman menyerap fosfor dan nitrogen tingkat tinggi dalam air limbah. Contohnya, enceng gondok dapat memainkan peran utama dalam membersihkan danau dengan menyerap polutan dalam air.

Selain itu, tumbuhan membantu mencegah erosi tanah di sekitar danau dan kolam dengan melindungi garis pantai dari gelombang, arus, dan angin. Mereka juga membantu menstabilkan sedimen. Bersama-sama, ini membantu meningkatkan kejernihan air dan mengurangi jumlah polusi yang masuk ke saluran air melalui erosi sedimen.

5. Mengatur Siklus Air

Selain menjaga kualitas air, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang tak kalah penting adalah untuk mengatur siklus air. Tumbuhan mendapatkan air dari akarnya dan melepaskan uap air melalui pori-pori kecil yang ada di bagian bawah daun. Proses transpirasi ini membuat tumbuhan mengalirkan air dari tanah untuk kembali ke atmosfer.

6. Menjaga Kualitas Tanah

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang selanjutnya adalah menjaga kualitas tanah. Tanaman mengambil air dan nutrisi mineral melalui akarnya, dan mengembalikan bahan organik ke tanah melalui serasah, akar, dan eksudat akar. Pengomposan, penambahan bahan organik, rotasi tanaman, dan penanaman tanaman penutup akan membantu meningkatkan kualitas tanah di kebun.

3 dari 6 halaman

Manfaat Tumbuhan bagi Makhluk Hidup

7. Sumber Pangan Paling Utama

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang sangat penting bagi kelangsungan hidup adalah fungsinya sebagai sumber utama makanan. Manusia menggunakan bagian yang berbeda dari tanaman yang berbeda sebagai makanan. Makanan berbasis tumbuhan menyediakan vitamin, mineral, dan serat yang dibutuhkan tubuh.

Jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan pangan seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Makan makanan berbasis tumbuhan meningkatkan kesehatan usus. Ini membuat tubuh lebih mampu menyerap nutrisi dari makanan yang mendukung sistem kekebalan dan mengurangi peradangan.

8. Digunakan Sebagai Obat-Obatan

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga bisa menjadi bahan pembuatan obat-obatan. Banyak obat-obatan yang terbuat dari ekstrak tumbuhan. Ini disebut dengan tanaman obat. Tanaman obat umumnya dikenal dan populer karena berbagai manfaat kesehatan.

Banyak tanaman menghasilkan zat khusus di akar, daun, bunga, atau bijinya. Sejak zaman dahulu, orang telah mengumpulkan zat-zat ini untuk membuat obat-obatan herbal untuk mengobati penyakit tertentu. Banyak tumbuhan yang kemudian digunakan dalam pengobatan modern.

9. Sumber Bahan Sandang

Selain bermanfaat sebagai sumber pangan dan obat-obatan, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga sangat penting dalam memenuhi kebutuhan sandang. Salah satu serat alami terpenting di dunia saat ini berasal dari tanaman kapas.

Bahan sandang yang berasal dari tumbuhan sering dikenal tahan lama, bernapas, dan sangat rendah perawatannya. Tumbuhan yang dijadikan sebagai bahan sandang di antaranya seperti rami, kapas, bambu, linen, dan banyak lagi.

4 dari 6 halaman

Ilustrasi© Freepik.com

10. Sebagai Rumah untuk Bertahan Hidup

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup yang berkaitan dengan tempat tinggal adalah karena tumbuhan sebagai tempat berlindung bagi manusia dan hewan. Hewan mendapatkan perlindungan dari menjadikannya rumah menggunakan tanaman tertentu. Sebaliknya, manusia membuat rumahnya dengan kayu yang didapat dari tumbuh-tumbuhan.

11. Pupuk Alami

Selanjutnya, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup bisa menjadi tambahan untuk pupuk tumbuhan lain. Limbah tanaman digunakan untuk membuat pupuk kandang. Pupuk kandang ini digunakan untuk pertumbuhan tanaman dan tanaman lain. Daun kaya akan mineral, menarik cacing tanah, mempertahankan kelembapan, dan membantu membuat tanah yang berat menjadi lebih ringan. Jika tumbuhan tumbuh dengan subur, maka makhluk hidup lain bisa mengambil manfaat darinya.

12. Produk Kecantikan

Hal yang tak kalah menarik dari manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup adalah sebagai bahan baku produk kecantikan. Industri kosmetik menggunakan tumbuhan dalam pembuatan berbagai produk seperti lulur wajah dan tubuh, krim, sampo dan banyak lagi. Bunga dari tanaman tertentu digunakan untuk membuat parfum. Bunga juga digunakan untuk tujuan yang berbeda seperti membuat karangan bunga dan untuk tujuan dekoratif lainnya.

5 dari 6 halaman

Manfaat Tumbuhan Bagi Makhluk Hidup

13. Kebutuhan Industri

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga digunakan sebagai kebutuhan industri. Termasuk bioenergi, minyak dan pati industri, serat dan pewarna, karet dan senyawa terkait. Tumbuhan yang dimanfaatkan dalam kebutuhan industri contohnya adalah karet, kayu, serat, dan minyak dari tumbuhan.

14. Mencegah Perubahan Iklim

Bumi terancam akan mengalami bencana perubahan iklim. Dalam hal ini, manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga memainkan peran penting untuk mencegah perubahan iklim.

Reboisasi merupakan salah satu cara paling efektif untuk mengatasi perubahan iklim yang disebabkan oleh efek rumah kaca. Saat pohon tumbuh, mereka membantu menghentikan perubahan iklim dengan menghilangkan karbon dioksida dari udara, menyimpan karbon di pohon dan tanah, dan melepaskan oksigen ke atmosfer.

15. Penambah Nilai Estetika

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga bisa digunakan sebagai penambah nilai estetika jika difungsikan sebagai tanaman hias. Kini sudah banyak jenis tumbuhan yang memiliki bunga indah dengan warna yang menawan sehingga membuat orang yang memandangnya menjadi lebih betah.

6 dari 6 halaman

16. Memenuhi Kebutuhan Hewan

Manfaat tumbuhan bagi makhluk hidup juga sangat penting bagi kelangsungan hidup hewan. Hewan cukup mudah beradaptasi tetapi mereka tidak dapat bertahan hidup tanpa tempat berlindung dan makanan. Tumbuhan biasanya menyediakan sumber keduanya bagi hewan. Seperti, rusa biasanya lebih suka tinggal di daerah berhutan.

Hutan membantu melindungi mereka dari pemangsa dan mereka juga memiliki sumber makanan tetap. Mereka akan menjelajah ke daerah lain jika persediaan makanan mereka langka tetapi biasanya lebih suka berada di daerah yang lebih terpencil. Beberapa spesies tidak dapat bertahan hidup tanpa tanaman.

17. Mengurangi Stres dan Kecemasan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa adanya tumbuhan memiliki dampak positif bagi pikiran manusia. Hal ini terutama berlaku di lingkungan perkotaan di mana orang merasa terputus dari alam. Menanam hijau di ruang-ruang ini melalui taman umum, pohon, dan tanaman hias terbukti meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi stres dan kecemasan.

Itulah sederet manfaat tumbuhan bagi kelangsungan kehidupan yang sangat luar biasa. Tidak bisa dibayangkan bagaimana kondisinya jika tumbuhan di bumi ini punah. Maka dari itu, mari kita menjaga kelestarian tumbuhan agar kehidupan makhluk hidup seimbang.

Beri Komentar