Koleksi 22 Desainer Tanah Air di Atas Kapal Boreas Paris

Reporter : Annisa Mutiara Asharini
Senin, 14 Oktober 2019 19:48
Koleksi 22 Desainer Tanah Air di Atas Kapal Boreas Paris
Perhelatan mode ini juga mengikutsertakan busana muslim dengan menampilkan model berhijab.

Dream - Indonesia Fashion Chamber (IFC) kembali menggelar LA MODE Sur La Seine a Paris pada 29 Semptember 2019 lalu. Pagelaran busana ditampilkan di atas Kapal Pesiar Boreas yang menyusuri sungai Seine, Kota Paris.

Sebanyak 22 desainer Indonesia tampil memamerkan karya dengan mengangkat konten lokal sesuai tren global.

Perhelatan mode ini juga mengikutsertakan busana muslim dengan menampilkan model berhijab.

LA MODE Sur La Seine a Paris

" Banyak desainer modest wear yang tidak menampilkan hijab saat fashion show karena tidak praktis saat pergantian kostum. Tapi di sini kita pertahankan konsep desainer yang memang ingin branding memakai hijab," ujar Ali Charisma, National Chairman IFC di Jakarta, Senin 14 Oktober 2019.

LA MODE Sur La Seine a Paris

Para desainer muslim itu diantaranya Lisa Fitria, Saffana, Defika Hanum, Elva Fauqo, Temmi Wahyuni, Tufiana, Santi Nugraha dan Opivie.

LA MODE Sur La Seine a Paris

Sedangkan desainer busana konvensional juga turut andil memamerkan karya unik mereka, seperti Deden Siswanto, Lenny Agustin, Wignyo Rahadi, Ali Charisma dan deretan nama lainnya.

1 dari 2 halaman

Sentuhan Nusantara

Seluruh koleksi yang mengangkat ragam nuansa Indonesia dihadirkan secara harmonis dengan wajah model dari berbagai multietnis. Setiap desainer mengangkat unsur lokal menjadi karya busana kekinian.

LA MODE Sur La Seine a Paris

Salah satunya Lisa Fitria dengan koleksi bertajuk 'Lady Rider Vol.02'. Ia membuat batik di atas bahan denim yang banyak diminati di pasar Eropa.

" Batik yang dibuat di atas denim ini memberi kesan vintage dengan motif gradasi atau belang-belang tidak merata. Keunikan itu ternyata disukai oleh para buyer," tutur Lisa.

2 dari 2 halaman

Membuka Akses ke Pasar Eropa

LA MODE Sur La Seine a Paris dihadiri membuka peluang kerjasama bisnis dengan buyer dari negara Perancis, Belanda, Jerman, Italia dan Swiss. Ajang tahunan ini diharapkan dapat membantu desainer Tanah Air untuk melebarkan sayap ke Eropa.

LA MODE Sur La Seine a Paris

" Konsep acaranya kita buat di atas kapal agar buyer dan media tetap berada di sana untuk menyaksikan pagelaran busana selama acara berlangsung. Selain itu, desainer juga punya kesempatan lebih dekat dengan para tamu," jelas Ali.

Tahun depan, Ali berharap agar kegiatan ini berlangsung selama dua hari agar lebih optimal. " Hari pertama untuk busana muslim, hari kedua untuk urban contemporer dan evening wear. Dipisah untuk menyesuikan DNA media dan buyer masing-masing," jelasnya.

Beri Komentar