5 Destinasi Wisata Halal Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Masuk Bucket List

Reporter : Iwan Tantomi
Kamis, 20 Februari 2020 07:00
5 Destinasi Wisata Halal Jogja dan Sekitarnya yang Wajib Masuk Bucket List
Salah satu destinasi wisata halal yang akhir-akhir ini jadi favorit adalah yang berada di Yogyakarta.

Konsep destinasi wisata halal sedang digemari akhir-akhir ini. Pengertian tersebut pada dasarnya disematkan buat sebuah daerah yang pariwisatanya mampu memenuhi kebutuhan utama para wisatawan muslim. Misalnya makanan yang terjamin halal, destinasi yang ramah keluarga dan tersedianya fasilitas ibadah. Salah satu destinasi wisata halal yang akhir-akhir ini jadi favorit adalah yang berada di Yogyakarta.

Taman Sari

 ilustrasi© Khidr Al-Zahrani

Bekas kebun Keraton Yogyakarta, Taman Sari dibangun di zaman Sultan HB I pada tahun 1758. Dulunya, area ini memiliki luas 10 hektar dengan 57 bangunan yang berdiri di atasnya, termasuk pemandian bagi para putri raja.

Namun kini, para pengunjung hanya bisa menikmati keindahan Taman Sari yang berada di barat daya komplek Kedaton. Selain sering dijadikan sebagai latar foto yang instagramable, pengunjung pun bisa mempelajari sejarah terjadinya akulturasi budaya Islam di Yogyakarta.

Kebun Buah Mangunan

 ilustrasi© Dream

Dibangun pada tahun 2003 silam, lahan seluas 23 hektar ini awalnya hanya ditanami berbagai jenis pohon buah seperti belimbing, rambutan dan durian. Kini area wisata yang berlokasi di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta ini makin ramai oleh wisatawan.

Selain menyuguhkan pemandangan alam dan hawa udara yang sejuk, pengelola melengkapi daya tariknya dengan spot-spot foto keren. Mulai dari Desa Wisata Kaki Langit, Seribu Batu, Goa Gajah dan Hutan Pinus. Namun yang tak boleh dilewatkan adalah gardu pandang dengan ketinggian 200 meter di atas permukaan laut, yang memberi kesempatan pengunjung menikmati keindahan Pegunungan Sewu yang tertutup awan.

Kotagede

 ilustrasi© Dream

Obyek wisata halal berikutnya yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Yogyakarta adalah Kotagede. Sejal awal Kerajaan Mataram Islam berdiri, kawasan ini sudah dikenal sebagai pusat perdagangan dan kini menjadi sentra kerajinan perak. Kental dengan budaya Islam, pengunjung bukan hanya bisa membeli berbagai perhiasan yang terbuat dari perak, tapi juga melihat mempelajari sejarah bagaimana perak Kotagede memperoleh nama besarnya.

Jangan lupa mampir ke Masjid Kotagede yang disebut sebagai salah satu masjid tertua di Yogyakarta. Berdiri sejak tahun 1640, pengunjung akan berdecak kagum saat melangkah masuk ke dalamnya. Ada berbagai interior yang cukup unik, seperti mimbar kotbah yang diukir, bedug yang berusia ratusan tahun, hingga tembok yang menggunakan air aren sebagai perekat.

Gedung Agung

 ilustrasi© Dream

Tak jauh dari jalan ikon Kota Yogyakarta, Malioboro, terdapat destinasi wisata halal lainnya yaitu Gedung Istana Negara Yogyakarta. Dikenal juga dengan nama Gedung Agung, kini dibuka untuk umum sejak tahun 2014.

Di sini pengunjung dapat melihat berbagai koleksi benda bersejarah, termasuk arca batu kuno setinggi 3,5 meter yang banyak disebut sebagai Patung Lilin. Buka pada Senin hingga Sabtu, pengunjung yang ingin masuk ke Gedung Agung ini tidak dipungut biaya.

Masjid Gede Kauman

 ilustrasi© Dream

Selain masjid yang berada di dekat sentra perak Kotagede, Masid Gedhe Kauman juga cocok dikunjungi untuk mempelajari budaya Islam di Yogyakarta. Masjid ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia yang berumur lebih dari 200 tahun dan menyimpan banyak sejarah di dalamnya. Arsitektur bangunannya kental dengan nuansa kraton yang jadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Tak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya untuk mendapatkan liburan halal di Yogayakarta. Selain tiket masuk yang cukup murah bahkan gratis, Sahabat Dream juga bisa booking apartemen harian sehingga bisa dihuni oleh beberapa orang dengan fasilitas yang lebih terjangkau ketimbang hotel berbintang.

Tapi jika belum punya jatah libur, nggak ada salahnya staycation di daam kota, misalnya dengan menyewa apartemen Jakarta Barat. Ada banyak atraksi yang bisa dinikmati, seperti Jakarta Aquarium, kawasan Kota Tua, hingga mengunjungi museum di sekitar Taman Fatahillah. Tak perlu repot mencari penyewaan apartemen, langsung saja buka aplikasi Traveloka untuk menemukan pilihan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan bujetmu.

Siap berlibur, Sahabat Dream?

Beri Komentar
Wajah Tegar BCL Saat Antarkan Jenazah Ashraf Sinclair