Credit Via Shutterstock
Bagi pebisnis pemula, dibutuhkan banyak pengalaman dan belajar dari setiap proses yang dihadapi agar bisa sukses. Selain itu, jangan ragu untuk menimba pengalaman dari pebisnis lain yang telah sukses terlebih dulu.
Hal inilah yang bisa dipelajari dari dua pebisnis lokal, Maxim (alat masak) dan Kintakun (sprei dan bedcover). Keduanya membagikan tips meraih untung berkali-kali lipat dalam berjualan online. Salah satunya dengan memanfaatkan TokoCabang, layanan pemenuhan pesanan (fulfillment service) dari Tokopedia.
Head of Fulfillment Tokopedia, Erwin Dwi Saputra mengungkapkan, " Kehadiran TokoCabang di berbagai wilayah di Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan dan Palembang, diharapkan dapat menjawab tantangan logistik antar pulau dan membantu pelaku usaha memaksimalkan keuntungan sekaligus memenuhi kebutuhan masyarakat di seluruh penjuru."
Lantas, tips seperti apa yang bisa dipetik dari kedua pebisnis lokal di Tokopedia tersebut?
Sama-sama berawal dari kanal offline, Maxim dan Kintakun akhirnya berinovasi memanfaatkan kanal digital dalam berbisnis. " Ini adalah upaya kami untuk terus relevan dengan tren dan kebutuhan masyarakat," kata General Manager Maxim, Dwiarta Alim.
" Platform digital seperti Tokopedia membantu kami meningkatkan kepuasan pelanggan lewat berbagai fitur maupun layanan, salah satunya TokoCabang. Sejak menggunakan TokoCabang pada Mei 2020, pesanan naik hingga 2x lipat," tambah Dwiarta.
Chief Operating Officer Kintakun, Vincent Saputera, juga mengungkapkan, " TokoCabang bisa mendorong kenaikan pesanan di toko kami lebih dari 3x lipat. Kami juga terus melakukan inovasi produk untuk mempertahankan pelanggan dan menarik calon pembeli baru."
Vincent menjelaskan bahwa bisnis sprei dan bedcover Kintakun berangkat dari kondisi dan potensi masyarakat sekitar. " Awalnya, ada sebuah pabrik dekat rumah yang bangkrut dan harus merumahkan semua karyawannya. Melihat kondisi ini, kami tergerak menciptakan peluang bisnis dan memberdayakan mereka yang terkena PHK tersebut," jelas Vincent.
TokoCabang memungkinkan penjual menitipkan stok di gudang-gudang pintar Tokopedia di wilayah dengan jumlah permintaan tinggi. Untuk menjangkau pembeli baru sekaligus mengatasi lonjakan pesanan, Dwiarta menyarankan penggunaan layanan TokoCabang karena layanan pengiriman yang cepat dan hemat tentu menjadi incaran masyarakat.
" Lonjakan pesanan di toko kami yang mencapai 3.000 transaksi per bulan dapat teratasi dengan baik berkat pemanfaatan TokoCabang. Mulai dari menerima pesanan, mengemas hingga mengantarnya ke kurir, semua bisa dibantu oleh TokoCabang," jelas Dwiarta.
Ada beberapa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan penjual di TokoCabang, salah satunya Bebas Ongkir Extra. " Dengan adanya fitur ini, pembeli dari berbagai daerah, seperti Maluku dan Papua, tidak perlu khawatir lagi dengan biaya pengiriman," kata Vincent.
Melalui banyaknya fitur hingga pembaruan dasbor yang lebih komprehensif, TokoCabang memudahkan pelaku usaha mengelola stok produk. " TokoCabang sangat membantu proses operasional sehingga kami dapat fokus mengembangkan produk dan bisnis dengan lebih mudah," tutup Dwiarta.
Gimana, sudah siap kembangkan bisnis yang kamu miliki dan untung berkali-kali lipat juga?
Advertisement
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik
Kebiasaan Pakai Bra saat Tidur Berbahaya? Cari Tahu Faktanya
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Psikolog Ungkap Pentingnya Pengawasan Orangtua Saat Anak Main Game
Potret Beda Pesta Pora 2025, Ada Jumatan Bareng Dipimpin Rhoma Irama
Seru Abis! Komunitas Ini Sampaikan Kritikan dengan Main Karet Depan Gedung DPR
Tak Hanya di Indonesia, 7 Mitos Aneh di Berbagai Belahan Dunia
Lebih dari Sekadar Kulit Sehat: Cerita Enam Selebriti Merawat Kepercayaan Diri yang Autentik