5 Tips Menata Ruang Sempit Agar Tampak Lebih Luas

Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Senin, 29 Juli 2019 18:48
5 Tips Menata Ruang Sempit Agar Tampak Lebih Luas
Ruangan yang kecil bisa disulap jadi lebih luas dengan tips berikut ini.

Dream - Memiliki luas ruangan yang terbatas membuat kita harus pandai menata perabotan. Ruangan yang sempit bukan jadi alasan untuk membuat barang-barang tidak tertata dengan baik, yang justru menimbulkan kesan penuh sesak.

Bagi Sahabat Dream yang tinggal di apartemen, atau kamar indekos, tentu bisa memahami bagaimana cara memanfaatkan ruang yang terbatas, terlebih hari demi hari, semakin banyak barang yang dimiliki dan harus ditata.

Tip menata ruang dari Pop Sugar ini mungkin bisa jadi inspirasi bagi Sahabat Dream yang kebingungan menata ruangan yang terbatas. Tidak hanya bisa membuat ruangan menjadi lebih rapi, dengan lima tip menata ruang ini, akan membuat ruangan tampak lebih luas.

Teknik dekorasi yang tepat bisa membuat ruangan yang terbatas tampak lebih rapi dan luas. Mulai dari pemilihan furniture hingga aksesoris ruangan, sangat berpengaruh untuk membuat ruangan menjadi lebih luas.

Berikut 5 tips menata ruangan yang terbatas agar tampak lebih luas.

1 dari 5 halaman

Cahaya dan Udara yang Cukup

 Menata Ruangan

Tips menata ruangan agar tampak lebih luas yang pertama ialah membuat ventilasi cahaya dan udara yang cukup. Tips ini menjadi salah satu tips yang paling penting untuk membuat ruangan menjadi lebih terang dan membuat ruangan tampak lebih luas.

Apabila sulit untuk membuat ventilasi udara, Sahabat Dream bisa menggunakan teknik pemilihan warna cat tembok dengan warna yang cerah. Seperti yang disampaikan Lauren O’Dannell, desainer interior Build.com, hal yang terpenting dalam dekorasi adalah warna.

Pemilihan warna yang lebih dan cerah akan membuat ruangan terasas lebih besar dan segar. Tidak hanya soal pemilihan warna cat tembok saja, pemilihan warna furnitur juga jadi faktor penting untuk menciptakan nuansa yang luas dalam ruangan.

2 dari 5 halaman

Hindari Penggunaan Karpet

 Menata Ruangan

Karpet menjadi salah satu aksesoris dekorasi yang mampu menciptakan nuansa rapi, bersih, dan elegan. Namun, untuk ruangan dengan luas yan terbatas, penggunaan karpet untuk dekorasi justru harus dihindari.

Untuk mendekorasi ruangan persegi, tambahan aksen karpet membuat ruangan lebih berasa terisi. Namun hal ini hanya berlaku pada ruangan persegi yang luas. Sedangkan untuk ruangan yang lebih kecil, penggunaan karpet justru akan membuat ruangan nampak lebih sempit.

Seperti yang disampaikan oleh Mark Cutler, direktur utama Mark Culter Design Inc Los Angeles. Baginya, karpet digunakan untuk mendefinisikan sebuah ruangan, “ namun untuk mendesain ruangan yang lebih kecil, hindari penggunaan karpet, sehingga ruangan terasa lebih mulus dan mengalir.”

3 dari 5 halaman

Memilih Dekorasi dengan Prinsip Nanas

 Menata Ruangan

Selain karpet, unsur terpenting dalam menata ruangan ialah pemilihan aksesoris dan furnitur. Untuk menata ruangan agar tampak lebih luas, Angie Lane, seorang arsitek dan desainer menyarankan untuk memilih dekorasi yang tepat.

Dekorasi yang tidak beraturan akan membuat ruangan juga nampak berantakan, Lane menyarankan untuk menggunakan Prinsip Nanas, yaitu pemilihan dekorasi yang lebih besar dibanding dengan ukuran nanas.

Menurut Lane, untuk menata ruangan agar tampak lebih luas bukan soal dekorasi yang dilengkapi dengan aksesoris rumahan sehari-hari. Melainkan dekorasi lain, seperti lukisan, lampu meja, dan hiasan dinding yang memiliki ukuran lebih besar dari sebuah nanas.

“ Lebih sedikit dekorasi yang besar, akan jauh lebih baik dibanding dengan dekorasi kecil dan jumlahnya yang banyak,” ujar Lane dikutip dari Pop Sugar.

4 dari 5 halaman

Memberi Tambahan Lampu

 Menata Ruangan

Tips menata ruangan agar tampak lebih luas ialah dengan menggunakan hiasan lampu tambahan. Dengan menambahkan banyak penerangan di ruangan yang terbatas, akan membuat ruangan tampak lebih cerah dan lebih luas.

Lane menambahkan, untuk menempatkan lampu tambahan dengan suhu warna LED, dan meningkatkan pencahayaan pada lampu langit-langit, unutk membuat ruangan tampak lebih luas dari ukuran aslinya.

Untuk memberi lampu tambahan, Sahabat Dream bisa menggunakan pilihan lampu dengan warna terang dan menghindari lampu tambahan yang redup. Lampu tamban yang memiliki cahaya redup justru akan membuat ruangan gelap dan sempit.

5 dari 5 halaman

Menggunakan Furniture Kaca

 Menata Ruangan

Pemilihan gaya dekor dan aksesoris untuk menata ruangan agar tampak luas selanjutnya ialah pemilihan furnitur yang tepat. Salah satu tips menata ruangan agar tampak lebih luas adalah dengan memilih furnitur yang didominasi oleh kaca.

Furnitur yang terbuat dari kaca atau bahan transparan lainnya, bisa menimbulkan kesan ruangan yang luas. Penerapan furnitur kaca bisa dilakukan dengan memilih meja kaca di kamar,  meja dapur yang transparan, hingga meja santai yang berbahan kaca.

Selain itu, penggunaan furnitur berbahan kaca, dan transparan akan menjauhkan kesan berantakan pada ruangan. Dan juga memunculkan kesan elegan dan futuristik.

Sudah siap menata ruangan dengan kelima tips menata ruangan agar tampak luas di atas?

Sumber: Pop Sugar

Beri Komentar
Kenangan Reza Rahadian Makan Siang Terakhir dengan BJ Habibie