New Pajero Sport
Dream - New Pajero Sport resmi meluncur di Tanah Air pada Februari lalu. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menambahkan sejumlah fitur baru yang belum ada di model sebelumnya.
Dari enam varian yang ditawarkan, tipe Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT akan sangat cocok dijadikan sebagai mobil keluarga untuk berkemudi di perkotaan. Serupa tapi tak sama, apa perbedaan dari kedua SUV andalan Mitsubishi ini?
Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT varian dibekali dengan mesin 2,4 liter 4N15 Mivec Turbocharged yang menghasilkan tenaga 181 ps pada 3.500 rpm dengan torsi puncak 430 Nm pada 2.500 rpm. Tenaga ini kemudian disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 8-percepatan.
Salah satu fitur unggulan dari kedua varian adalah Cruise Control. Fitur ini membuat mobil dapat berakselerasi secara konstan tanpa perlu menginjak pedal gas. Sahabat Dream bisa mengatur kecepatan mobil hanya dengan menggunakan sebuah tombol.
Fitur tersebut bisa diandalkan ketika pengemudi ingin mengistirahatkan kaki sejenak. Namun perlu diperhatikan, pengemudi harus tetap berkonsentrasi dan menjaga kaki agar tidak berada jauh dari pedal rem.
Pada varian Dakar Ultimate (4x2) AT, cruise control dirancang agar bisa bekerja secara adaptive. Mobil akan menyesuaikan kecepatan sesuai dengan posisi kendaraan lain di depan mobil. Hal ini menjadi poin plus dari segi keamanan dalam menjaga jarak.
Fitur lain yang juga diterapkan pada kedua varian Dakar adalah sistem LED yang semakin canggih. Mobil dilengkapi dengan headlamp, daytime running light, cornering lamp, fog lamp, hingga rear combination lamp.
Salah satu fitur yang hanya dimiliki oleh varian Dakar Ultimate (4x2) AT adalah Kick Sensor. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka pintu bagasi secara praktis dan cepat.
Sahabat Dream hanya perlu menggoyangkan kaki di bawah bumper belakang. Pintu bagasi akan otomatis terbuka dengan sendirinya. Semakin praktis, fitur Close and lock function dapat menutup dan mengunci pintu bagasi hanya dengan menekan tombol.
Tak hanya praktis, Pajero Sport hadir lebih pandai dengan Mitsubishi Remote Control. Pengguna seluruh varian Dakar dapat mengatur mobil lewat aplikasi di smartphone.
Setelah menghubungkan mobil dengan gawai, pengguna dapat mengetahui informasi status mobil, mengatur pengingat jika lampu lupa dimatikan atau pintu dan kaca belum tertutup rapat. Aplikasi juga dapat digunakan untuk mematikan lampu hazard dan mengunci pintu, serta mencari lokasi mobil dengan menyalakan headlamp selama 30 detik.
Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT sudah mengadopsi fitur keselamatan berupa ABS+EBD, Brake Assist, 7-airbags, sabuk pengaman di setiap kursi, dua ISO-FIX Child Seat Anchor di baris kedua, Ultrasonic Misacceleration Mitigation System dan berbagai fitur lainnya.
Bedanya, Dakar (4x2) AT memiliki fitur Hill Descent Control dan Multi Around View Monitor. Sedangkan Dakar Ultimate (4x2) AT punya fitur Forward Collision Mitigation System, Blind Spot Warning, Lane Change Assist dan Rear Cross Traffic Alert.
Sedangkan dari segi interior, ada sedikit perbedaan dari segi warna. Dakar Ultimate (4x2) AT punya sentuhan warna beige yang terlihat mewah pada lapisan jok serta outdoor trim.
Tampilan dashboard dibuat lebih premium serta penambahan layar LCD pada bagian atap untuk para penumpang di barisan belakang. Hadir sebagai dua varian andalan, Mitsubishi Pajero Dakar (4x2) AT dan Dakar Ultimate (4x2) AT punya selisih harga Rp49 juta.
Mitsubishi Pajero Dakar (4x2) AT dibanderol Rp575,7 juta. Sedangkan Dakar Ultimate (4x2) AT Rp624,7 juta. Harga keduanya merupakan on the road Jakarta.
Dream - Mitsubishi Pajero Sport menjadi salah satu favorit di segmen SUV medium. Pun di pasar mobil bekas, mobil yang satu ini merupakan model yang banyak diminati.
Posturnya tinggi besar sehingga terkesan gagah dan prestisius. Plus kemampuannya dalam menerjang berbagai medan jalan, menjadi alasan banyak orang untuk memilih mobil ini.
Sayangnya, masih cukup tingginya harga baru Pajero Sport, membuat beberapa orang akhirnya lebih memilih versi bekasnya.
" Pajero Sport memang banyak diminati. Biasanya tidak lama di showroom, udah laku terjual," kata Joni Gunawan, pedagang mobil bekas di WTC Mangga Dua saat berbincang dengan Dream, Rabu 17 Maret 2021.
Menurutnya Pajero Sport memiliki banyak varian yang tentunya akan menawarkan banyak kelebihan buat pemburu mobil bekas. Dengan harga yang sepadan, Pajero Sport bekas memberikan nilai lebih dari segi kelengkapan.
Adapun Pajero Sport yang paling diminta adalah varian Dakar. Kemudian, Exceed AT karena jadi tipe termurah dengan transmisi otomatis.
" Paling laku itu yang Varian Dakar. Harga bervariasi, tergantung dari tahun keluaran dan kondisinya," kata Joni
Namun, kata dia, Pajero Sport memiliki harga yang cukup bertahan dibandingkan pesaing terkuatnya, Toyota Fortuner.
Harga Pajero Sport edisi 2009 - 2015 (generasi kedua) memiliki rentang harga Rp190-300 juta. Untuk generasi ketiga yang rilis pada 2016, kisaran harga di atas Rp330 juta.
Misalnya Pajero Sport Dakar keluaran 2017 dijual Rp400 juta, dan versi tahun 2018 tipe Dakar Ultimate seharga Rp450 juta.
Sedangkan Pajero Sport tahun 'muda' antara 2019 dan 2020 dijual harga bekasnya Rp470-500 juta.
Untuk harga bekasnya sendiri, di kelas mobil SUV harga Mitsubishi Pajero Sport cukup bersaing dengan merek lainnya. Contohnya saja bila dibandingkan dengan SUV sporty dari Toyota yaitu, Frotuner.
Pajero Sport bekas generasi kedua dibanderol dengan kisaran harga Rp200-300 juta. Bergantung pada tahun dan varian yang dipilih.
Performa Mesin Tangguh
Mitsubishi Pajero Sport 2009 memiliki performa mesin yang tangguh. Ditenagai mesin 4D56 2.477 cc 4 silinder SOHC. Tenaga mesin ini mampu mencapai 138 horsepower dan torsi maksimal 314 Nm.
Mitsubishi Pajero Sport dirilis dengan dua macam sistem penggerak roda yakni 4x4 dan 4x2. Keduanya memiliki kekuatan mesin yang sama. Transmisi Mitsubishi Pajero Sport dilengkapi dengan transmisi manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.
Bagian suspensi depan disematkan Independent double wishbone dan bagian belakang Rigid Axle dengan per daun.
Dibandingkan kompetitor lainnya, Mitsubishi Pajero Sport memiliki ruang kabin yang lega. Kelegaan ini terutama begitu terasa pada tempat duduk row kedua. Hal ini yang akan membuat penumpang row kedua merasa nyaman saat berkendara dengan Pajero Sport.
Desain dashboard juga terlihat mewah, dengan paduan dominasi warna silver dan hitam dan tambahan aksen kayu.
Dengan bahan hardplastic, di bagian dashboard juga terdapat AC controller dan gate type cukup mewah. Di bagian headunit tersematkan sistem audio tanam yang mampu memutar musik CD dan Radio.
Bagian Multi Instrumen Display (MID) Mitsubishi Pajero Sport menggunakan tipe analog. Jok kursi memiliki material kulit dengan bahan standar. Di bagian kemudi, terlihat tambahan fitur Audio Control yang membantu pengemudi saat ingin mengatur audio.
Kabin cukup lapang memberi ruang yang luas untuk membawa barang-barang tambahan di kursi penumpang. Tentunya fitur yang pasti ada di kelas SUV premium adalah sunroof di bagian tengah Mitsubishi Pajero Sport tipe tertinggi.
Pajero Sport memang memiliki desain gril yang kokoh dan membuat mobil ini mempunyai kesan sporty. Pada dasarnya hal ini untuk menunjang desain dari mobil SUV tersebut.
Eksterior di bagian depan, dilengkapi foglamp di bagian bawah dengan headlamp trapesium yang memberikan kesan gahar. Terdapat tambahan lubang udara berbentuk trapzoid.
Kemudian eksterior samping Mitsubishi Pajero Sport disajikan dengan mulus dan tanpa dihiasi banyak aksen. Ground clearance cukup tinggi di kelas SUV.
Disematkan jugga Step Side dan aksen krom di bagian gagang pintu dan spion. Untuk ban disematkan velg alloy berukuran 14 inci.
Beralih ke eksterior belakang dengan rearlamp berbentuk trapezoid. Ditambahkan pula rearspoiler pada tipe tertentu. Serta buritan polos dengan pintu belakang yang besar.
Meski meiliki bodi besar dan kokoh, nyatanya mobil SUV tetap sporty dengan kesan mewah, embuat para pengemudinya merasa pede dan macho saat mengendarai mobil Pajero Sport.
Mitsubishi Pajero Sport memiliki beberapa fitur keselamatan seperti sensor parkir dan imobillizer untuk keamanan mobil. Di sisi depan, pengemudi dan penumpang akan lebih aman dengan teknologi dual SRS Airbags.
Tersemat pula teknologi pengereman sudah ditanam pada Pajero Sport dengan sistem ABS dan EBD. Tentu ditambahkan juga fitur seatbelt yang sudah ada di tiap kursi penumpang dan pengemudi
Di bagian pengereman sudah disematkan rem Ventilated Disc dan Leading Trailing Drums untuk rem bagian belakang. Mitsubishi Pajero Sport dibekali dengan Double Wishbone dan suspensi 3 link
Advertisement
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
UU BUMN 2025 Perkuat Transparansi dan Efisiensi Tata Kelola, Tegas Anggia Erma Rini
Masa Tunggu Haji Dipercepat, dari 40 Tahun Jadi 26 Tahun
Viral Laundry Majapahit yang Bayarnya Hanya Rp2000
NCII, Komunitas Warga Nigeria di Indonesia
Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Penampilan Alya Zurayya di Acara Dream Day Ramadan Fest 2023 Day 6
Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!
Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025
Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025
Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah
Hasil Foto Paspor Shandy Aulia Pakai Makeup Artist Dikritik, Pihak Imigrasi Beri Penjelasan
Zaskia Mecca Kritik Acara Tanya Jawab di Kajian, Seperti Membuka Aib