Beda Selera Motor Gede Para Presiden Indonesia

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Selasa, 30 April 2019 08:44
Beda Selera Motor Gede Para Presiden Indonesia
Para pemimpin bangsa rupanya punya `taste` berbeda terhadap motor.

Dream – Menunggang motor gede ternyata bukan hanya hobi pilihan para selebriti atau orang-orang tersohor. Beberapa presiden di Indonesia juga banyak yang punya kegemaran mengendarai motor berkapasitas mesin besar ini. 

Tentu kamu masih ingat dengan foto mendiangn Presiden Soeharto yang memperlihatkan Moge kesayangannya. Ternyata bukan hanya presiden kedua Indonesia itu yang punya hobi menunggang kuda besi bongsor itu. 

Sahabat Dream yang sempat datang ke Telkomsel Indonesia International Motor Show (TIIMS) 2019 pasti melihat tongkrongan beberapa Moge yang disukai orang nomor satu di Indonesia.

Dikutip dari Otosia, Selasa 30 April 2019, Moge yang ditampilkan di IIMS 2019 adalah motor Presiden Soeharto, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Joko Widodo. Ketiga tokoh ini punya selera yang berbeda untuk urusan motor.

Pertama, motor Soeharto. Presiden kedua Indonesia ini kepincut dengan Suzuki Intruder 400. Motor gagah itu mengusung mesin 399 cc dan bertenaga 33 hp. Desainnya kental dengan nuansa cruiser yang nyaman untuk perjalanan jarak jauh.

Motor Presiden Soeharto.© Otosia

Sementara itu, SBY lebih memilih Harley Davidson Road Glide Screaming Eagle berwarna jingga.

Bodinya bongsor dengan fairing lampu depan. Road Glide Screaming Glide ini juga memiliki boks di bagian belakangnya.

Motor Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.© Otosia

Mesin motor ini terbilang besar, yaitu 1.808 cc. Presiden Indonesia ke-6 ini juga sempat beberapa kali naik motor ini untuk menghindari macet.

Ketiga, Jokowi. Selera Jokowi berbeda dari kedua presiden di atas. Dia cenderung melirik motor kustom. Yang dipajang kali ini adalah Kawasaki W175. 

Motor Presiden Joko Widodo© Otosia

Motor bergaya retro ini diubah menjadi bobber oleh Katros Garage. Tak hanya koleksi, Jokowi sering naik motor itu untuk melakukan kunjungan ke berbagai daerah.  

1 dari 4 halaman

Mengintip Kawasaki W175, Motor Kustom Anyar Jokowi

Dream – Jokowi sedang keranjingan dengan hobi barunya di dunia otomotif, termasuk roda dua. Presiden bernama lengkap Joko Widodo itu melirik motor kustom baru, yaitu motor berbasis Kawasaki W175 yang digarap oleh builder Katros Garage.

Dikutip dari Liputan6.com, Jumat 5 Oktober 2018, builder Katros Garage, Andi Akbar, mengatakan bahwa foto Kawasaki 175 bergaya tracker dan tangkinya bertuliskan “ Jokowi” yang beredar di dunia maya merupakan versi sementara. Modelnya bukan sesuai permintaan Jokowi.

“ Jadi yang kalian lihat itu hanya model sementara karena Bapak (Jokowi) tiba-tiba bilang mau pakai,” kata Andi Akbar di Makassar, Sulawesi Selatan.

Pria yang karib disapa Atenx ini mengatakan, staf Jokowi memberikan tenggat waktu pengerjaan selama dua bulan. Tapi, dalam proses pengerjaan, motor itu diminta untuk mengerjakan dalam waktu dua bulan. Dia mengaku tak bisa mengerjakan.

“ Akhirnya, saya kasih solusi, bagaimana kalau di pertengahan. Itu motornya dibikin dulu, tapi tidak seperti deal di awal. Enggak tahu akhirnya itu motor dipakai apa enggak. Yang jelas motor itu sudah diantar ke istana,” kata dia.

2 dari 4 halaman

Digubah

Motor itu sudah kembali ke workshop Katro Garage untuk pengerjaan lanjutan sesuai dengan kesepakatan awal. Pria ramah ini menyebut desainnya tak seperti model yang fotonya beredar luas.

“ Jadi, modelnya akan jauh beda dari yang awal. Dari gaya aliran sudah berbeda. Kalau yang tracker, misalnya, sekarang jadi board tracker. Genre-nya berubah,” kata Atenx.

Dia mengatakan, yang spesial, motor basis Kawasaki W175 yang dikustomisasi ini menjadi salah satu motor custom dengan basic W175 rigid yang pertama. Warna hijaunya tetap dipertahankan.

“ Jadi enggak pakai shock belakang. Frame banyak berubah. Tapi, shock (shock breaker) depan tetap up side down,” kata dia.

3 dari 4 halaman

Jokowi Senang

Ditemui di Surabaya, Jawa Timur, Atenx mengatakan sepeda motor itu telah dikirim ke Istana Presiden di Bogor, Jawa Barat. Dia mengatakan, Jokowi senang dengan motor custom terbarunya itu.

“ Sudah kami serahkan, tinggal riding-nya saja. Respons Presiden bagus dan tidak ada masalah,” kata dia.

Ketika diantar, kata Atenx, Jokowi bertanya kepadanya tentang shock breaker upside down berwarna kuning. Dia menjawab bagian itu dipasang agar sama seperti aslinya.

“ Untuk pelat nomor itu karena motornya rendah. Kalau pelat nomor miring, bakal kena shock breaker-nya saat main,” kata dia.

Atenx mengatakan, Kawasaki W175 kustom ini digarap dalam waktu dua bulan. Jika ada revisi, dia akan menerimanya.

“ Sebenarnya tidak ada yang diubah lagi. Kalau revisi, gua terima. Mungkin, saat motornya sudah dicoba Pak Presiden, baru ketahuan kurangnya apa. Misalnya, setang terlalu pendek dan lain-lain. Pastinya soal teknis, bukan model,” kata dia.

4 dari 4 halaman

Lebih Murah daripada Chopperland

Menurut Atenx, motor Kawasaki W175 kustom ini menelan biaya yang lebih murah daripada Chopperland.

“ Ada bujet, tapi rahasia. Yang pasti di bawah Chopperland,” kata dia.

Atenx mengatakan kendaraan sepeda motor itu dilengkapi dengan unsur-unsur standar lalu lintas, seperti pelat nomor, lampu sein, dan lampu rem.

Sumber: Liputan6.com/Septian PamungkasArief Aszhari

Beri Komentar
Jangan Lewatkan
More