Survei: 3 Barang Olshop Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia

Reporter : Nur Ulfa
Senin, 31 Januari 2022 12:40
Survei: 3 Barang Olshop Paling Laku dan Platform Terbanyak Dipakai di Indonesia
Shopee menduduki e-commerce paling banyak digunakan seoanjang tahun 2021

Dream - Berbagai kebutuhan kini bisa dipenuhi masyarakat hanya lewat sentuhan di layar gawai. Tak hanya barang berharga mahal, para ibu sudah bisa membeli bahan makanan melalui perangkat telepon pintar mereka. 

Dari berbagai kebutuhan yang disediakan pengelola e-Commerce sepanjang 2021, produk fesyen dan aksesorisnya masih menduduki peringkat teratas sebagai barang yang banyak dibeli netizen Indonesia.

Hal ini terungkap dari hasil survei perusahaan riset pasar (market research) Ipsos Indonesia yang meneliti tiga e-commerce ternama seperti Shopee, Tokopedia dan Lazada. 

Riset tersebut dilakukan Ipsos Indonesia terhadap 1.000 responden yang memiliki pengalaman melakukan belanja online.

" Untuk pemain-pemain utama e-commerce ini, ada kesamaan produk yang mempunyai tingkat pembelanjaan tertinggi, yaitu yang pertama adalah fesyen dan aksesoris," kata Gita Marino, Associate Director, OBV & CHP, Ipsos Indonesia saat konferensi pers virtual, Jumat, 28 Januari 2022.

1 dari 2 halaman

Produk Terbanyak Dibeli Lewat Olshop

Hasil survei menunjukan kebutuhan di kategori kesehatan dan kecantikan menduduki peringkat kedua sebagai barang yang sering dibeli secara online.

Disusul kategori daily product atau FMCG (Fast Moving Customer Goods) yang menguntit di rangking ketiga sebagai barang yang banyak dibeli masyarakat secara online.

Kategori© Instagram

Menurut Gita, tren pembelian daily product mulai banyak terlihat dibeli secara online sepanjang tahun 2021. Sebelumnya masyarakat masih mengandalkan kebutuhan barang sehari-hari ini melalui penjualan offline.

" Jadi orang sudah mulai berbelanja daily product dan FMCG di e-commerce. Bahkan di Blibli, kategori pertama yang dibeli pengguna di platform tersebut adalah daily product dan FMCG,"  ungkap Gita.

 

2 dari 2 halaman

Platform Terbanyak Dipakai Warganet +62

Sementara jika dilihat dari platformnya, Country Service Line Group Leader, Observer, Customer Experience & Channel Performance, Ipsos Indonesia, Andi Sukma mengungkapkan Shopee menduduki menjadi e-Commerce paling banyak digunakan masyarakat Indonesia.

Andi menjelaskan Shopee selama ini menjadi pilihan warganet Indonesia karena paling banyak memberikan promosi. Keunggulan lain dari Shopee adalah platform yang digunakan dianggap paling mudah.

" Pengguna e-commerce menilai shopee sebagai paltform yang memiliki andil besar dalam membantu UMKM untuk memasarkan produknya dari lokal hingga ke ranah global," ungkap Andi.(Sah)

Beri Komentar