Charm
Sebagai bagian dari peringatan bulan peduli kanker payudara internasional pada Oktober 2024, PT Uni-Charm Indonesia Tbk, melalui brand pembalut wanita Charm, bekerja sama dengan Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI), mengadakan edukasi tentang pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) kepada lebih dari 400 siswi SMP dan SMA di Jakarta pada 2 Oktober 2024. Kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kampanye tahun 2022 dengan slogan " Ayo SADARI Setelah Menstruasi." Selain itu, tahun ini Charm memasang logo kampanye tersebut pada seluruh kemasan produknya, termasuk produk pembalut urin CharmNap, sebagai wujud komitmen untuk meningkatkan kebiasaan melakukan SADARI.
Kegiatan ini menandai tahun keempat kolaborasi Charm dan YKPI dalam menyebarkan kesadaran tentang deteksi dini kanker payudara. Acara ini dihadiri oleh Brand Ambassador Charm, Syifa Hadju, dan dokter spesialis bedah onkologi, dr. Iskandar, Sp.B.Subsp.Onk(K), MPH. Charm dan YKPI berharap agar para peserta memahami pentingnya SADARI setelah menstruasi, yaitu pada hari ke-7 hingga ke-10 sejak hari pertama menstruasi, untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini. " Kanker payudara pun sangat penting untuk bisa dideteksi secara dini," ujar dr. Iskandar. “ Jika bisa dideteksi secara dini, maka peluangnya tinggi untuk bisa disembuhkan.”
Menurut data Global Cancer Observatory, lebih dari 66 ribu kasus baru kanker payudara ditemukan pada wanita Indonesia pada tahun 2022, dengan rasio kejadian sebesar 30%. Melihat data ini, edukasi SADARI sangat penting, terutama bagi generasi Z yang akan menjadi pemimpin bangsa di masa mendatang. Charm bersama YKPI telah mengedukasi lebih dari 6.000 siswi, mahasiswi, dan guru wanita tentang SADARI dalam setahun terakhir.
Syifa Hadju juga berbagi pandangannya, " Saya dan Charm berharap dapat menjadikan periksa payudara sendiri setelah menstruasi sebagai suatu kebiasaan. Dan kepada para siswi yang hadir di kegiatan hari ini, mari sebarkan hal-hal yang dipelajari kepada teman-teman dan keluarga di sekitar kalian, dan mari mendukung sesama wanita Indonesia!"
Direktur PT Uni-Charm Indonesia Tbk, Sri Haryani, menyampaikan, " Melalui edukasi dari para ahli terkait cara deteksi dini kanker payudara, kami berharap dapat berkontribusi terhadap upaya Pemerintah dalam membina dan melindungi generasi masa depan Indonesia."