Dream - Dunia fashion di Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.
Hal ini sejalan dengan peningkatan kesadaran mode masyarakat Indonesia. Mereka mengikuti perkembangan mode, terutama melalui media sosial dan platform online.
Hal ini menciptakan permintaan yang lebih tinggi untuk produk fashion terbaru dan gaya yang selaras dengan tren global.
Tak heran produk mode selalu mendominasi dalam transaksi belanja online.
Menurut laporan Jakpat untuk semester pertama tahun 2022, pembelian produk fashion mencapai 33%. Meskipun mengalami penurunan pada awal tahun ini, sekitar 26%, pembelian produk mode tetap menduduki peringkat teratas.
Hasil survei menunjukkan bahwa 88% responden, terutama dari kalangan Generasi Y (Milenial) dan Generasi Z, telah membeli produk fashion, dan sekitar 79% dari mereka berniat untuk berbelanja fashion dalam tahun ini. Lebih dari 90% pembeli produk mode ini mengakui memiliki pakaian kasual (seperti kaos, kemeja, rok, dan celana) sebagai item baru mereka.
Produk lain yang banyak dibeli mencakup alas kaki dan aksesori mode, dengan masing-masing persentase sekitar 75% dan 57%.
kata Head of Research Jakpat, Aska Primardi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Dream.
Dari pembeli produk fashion, tampaknya pria lebih cenderung membeli pakaian formal (59%), sementara wanita lebih banyak membeli barang seperti tas atau koper (46%) dibandingkan pakaian formal (33%).
Dari segi generasi, lebih banyak Milenial membeli pakaian olahraga (sportswear) (43%) dibandingkan Generasi Z (36%).
Sebaliknya, pakaian formal lebih menarik bagi Generasi Z (55%) dibandingkan Generasi Y (49%).
kata Aska