Survei: Gen Z Lebih Suka Belanja Pakaian Formal Dibanding Milenial

Reporter : Editor Dream.co.id
Jumat, 20 Oktober 2023 19:12
Survei: Gen Z Lebih Suka Belanja Pakaian Formal Dibanding Milenial
Media sosial jadi sumber informasi utama dalam mencari tahu produk fashion sebelum membelinya.

1 dari 10 halaman

Survei: Gen Z Lebih Banyak Belanja Pakaian Formal Dibanding Milenial

Survei: Gen Z Lebih Banyak Belanja Pakaian Formal Dibanding Milenial © - 2023 dream.co.id

2 dari 10 halaman

Dream - Dunia fashion di Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini sejalan dengan peningkatan kesadaran mode masyarakat Indonesia. Mereka mengikuti perkembangan mode, terutama melalui media sosial dan platform online.

Hal ini menciptakan permintaan yang lebih tinggi untuk produk fashion terbaru dan gaya yang selaras dengan tren global.

3 dari 10 halaman

© Dream

Tak heran produk mode selalu mendominasi dalam transaksi belanja online.

Menurut laporan Jakpat untuk semester pertama tahun 2022, pembelian produk fashion mencapai 33%. Meskipun mengalami penurunan pada awal tahun ini, sekitar 26%, pembelian produk mode tetap menduduki peringkat teratas.

4 dari 10 halaman

© Perkembangan mode melesat terutama melalui media sosial dan platform online. 2023 dream.co.id

5 dari 10 halaman

Hasil Survei

Hasil survei menunjukkan bahwa 88% responden, terutama dari kalangan Generasi Y (Milenial) dan Generasi Z, telah membeli produk fashion, dan sekitar 79% dari mereka berniat untuk berbelanja fashion dalam tahun ini. Lebih dari 90% pembeli produk mode ini mengakui memiliki pakaian kasual (seperti kaos, kemeja, rok, dan celana) sebagai item baru mereka.

Produk lain yang banyak dibeli mencakup alas kaki dan aksesori mode, dengan masing-masing persentase sekitar 75% dan 57%.

6 dari 10 halaman

© Dream

7 dari 10 halaman

“Terlihat bahwa lebih banyak Gen Z yang berminat terhadap produk fesyen retro atau vintage dibandingkan Gen Y. Hal ini selaras dengan tingginya awareness isu lingkungan pada Gen Z, sehingga mereka mulai mempertimbangkan budaya slow fashion dengan harapan

kata Head of Research Jakpat, Aska Primardi berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Dream.

8 dari 10 halaman

© Perkembangan mode melesat terutama melalui media sosial dan platform online. 2023 dream.co.id

9 dari 10 halaman

Dari pembeli produk fashion, tampaknya pria lebih cenderung membeli pakaian formal (59%), sementara wanita lebih banyak membeli barang seperti tas atau koper (46%) dibandingkan pakaian formal (33%).

Dari segi generasi, lebih banyak Milenial membeli pakaian olahraga (sportswear) (43%) dibandingkan Generasi Z (36%).

Sebaliknya, pakaian formal lebih menarik bagi Generasi Z (55%) dibandingkan Generasi Y (49%).

10 dari 10 halaman

"Mayoritas Generasi Z membeli produk fashion dengan tujuan menjaga penampilan mereka selalu sesuai dengan tren terkini. Sementara itu, mayoritas Generasi Y berbelanja pakaian dengan tujuan memenuhi kebutuhan pakaian untuk diri mereka sendiri dan keluarga,

kata Aska

Beri Komentar