Fakta-fakta di Balik Larisnya Mitsubishi Xpander: Tenang Luar Dalam!

Reporter : Alfi Salima Puteri
Rabu, 3 November 2021 12:37
Fakta-fakta di Balik Larisnya Mitsubishi Xpander: Tenang Luar Dalam!
Jawaban mengapa Mitsubishi Xpander masih menarik dilirik

Dream - Mitsubishi Xpander sudah menginjak usia 4 tahun wara-wiri di jalanan Indonesia. Dan terbukti Xpander mampu bersaing di segmen Low MPV.

Xpander kali pertama diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Xpander langsung menjadi penantang utama Toyota Avanza yang sebelumnya tak pernah terusik sebagai mobil terlaris. Xpander bahkan beberapa kali mengambil alih tahta sebagai kendaraan dengan penjualan terbanyak di Tanah Air.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Tentunya bukan perkara gampang masuk ke segmen dengan pemain paling banyak dan juga diisi model yang selama ini cukup laris. Xpander datang dengan modal mumpuni. Mulai dari tampilan futuristik, bergaya SUV namun menyediakan kenyamanan sebuah MPV yang dibutuhkan konsumen.

Lalu apa saja alasan lain Mitsubishi Xpander masih menarik dilirik? simak ulasannya

1 dari 3 halaman

Salah satu kekuatan utama Mitsubishi Xpander yang tidak diadopsi banyak pemain lain di segmen LMPV, yakni menggabungkan keunggulan MPV berkat ruang kabinnya yang tergolong lega dan ketangguhan ala SUV dengan ground clearance yang tingginya mencapai 205mm. Aman untuk melibas jalanan Indonesia yang kebanyakan tak bersahabat.

Desain eksteriornya juga ciamik. Tampang Mitsubishi Xpander masih keren hingga saat ini. Wajah depan Xpander kala itu sangat mirip dengan versi konsepnya yaitu Mitsubishi XM Concept. Tak heran banyak konsumen berusia muda, seperti keluarga muda kesengsem. Yup mereka kebanyakan masih mempertimbangkan desain eksterior yang bisa dibanggakan ke orang lain.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Yang juga jadi selling point Xpander adalah bantingan suspensinya tergolong nyaman, termasuk yang paling bisa dinikmati di segmen LMPV ini

Selain itu Xpander juga punya varian yang melimpah. Mulai dari tipe GLS yang merupakan tipe termurah, lalu naik ke Exceed sebagai tipe tengah, dan Sport di tipe lebih tingginya. Ketiga tipe tersebut menyediakan opsi transmisi manual dan otomatis. Sedangkan khusus tipe Ultimate hanya disediakan dalam opsi transmisi otomatis.

Mitsubishi beberapa waktu lalu juga menambahkan varian edisi khusus dengan sistem audio Rockford Fosgate dalam tipe Black Edition. Banyakan varian Xpander tentu memberikan keleluasaan pada calon konsumen untuk memilih berdasarkan kebutuhan dan kondisi finansial.

2 dari 3 halaman

Sekadar informasi, Mitsubishi Xpander menggendong mesin 1,5 liter DOHC. Mesin ini bisa menghasilkan tenaga hingga 103 hp dan torsi 141 Nm.

Mitsubishi menyematkan fitur keselamatan seperti ABS, EBD, dan BA. Ada juga dual SRS airbag dan seat belt 3 point yang melindungi pengemudi dan penumpang.

Tak hanya itu, ada juga fitur hill start assist, pedestrian protection, hingga reinforced impact safety evolution, serta sensor parkir dan immobilizer.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

Bukti lain Xpander sebagai kendaraan keluarga favorit juga terlihat dari harga jual kembali yang relatif tinggi dan stabil. Di pasaran mobil bekas, Xpander keluaran 2017 punya harga kisaran Rp170 jutaan dengan kondisi yang masih bagus dan mulus.

Mengacu pada riset internal PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menyebutkan harga Xpander bekas perakitan 2018 dan 2017 turun masing-masing 17,1-20,3%, sedangkan keluaran 2019 sebesar 14,8%, lebih rendah dibandingkan kompetitor di segmen yang sama dengan umur satu tahun.

3 dari 3 halaman

Kemudian salah satu faktor penting dari membeli mobil baru adalah jaminan layanan purna jual. Percuma membeli mobil keren dan bagus kalau jaringan bengkelnya sulit ditemui.

Sejauh ini, Mitsubishi Indonesia telah memiliki 214 bengkel resmi dan 157 dealer resmi (Per 2020) yang tersebar di seluruh Indonesia.

PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), memahami betul pembelian mobil tak hanya soal pembiayaan, melainkan melibatkan program penjualan yang dinamis, layanan purna jual terperinci, ketersediaan suku cadang, hingga menyematkan asuransi jiwa sebagai langkah perlindungan konsumen.

Mitsubishi Xpander© shutterstock.com

" Dan program penjualan bulanan ini menjadi salah satu langkah yang paling konkret yang terus kami berikan. Setiap bulan, kami selalu mempertimbangkan dan menyesuaikan program penjualan kami sesuai dengan kebutuhan para konsumen maupun calon konsumen di Indonesia," ujar Naoya Nakamura, President Director of PT MMKSI, belum lama ini.

Hal menarik lainnya adalah MMKSI memberikan paket SMART gratis selama empat tahun atau 50.000km, serta asuransi kecelakaan.

" Asuransi kecelakaan yang dimaksud memang akan mendapatkan suatu benefit dari kecelakaan personal selama satu tahun dengan jumlah klaim maksimal Rp 5 juta per orang untuk varian Xpander, Rp 10 juta untuk Xpander Cross," imbuh Amirudin, General Manager of Sales and Marketing Division MMKSI.

Kemudian ada juga asuransi ban selama satu tahun, klaim Rp1 juta untuk satu buah ban Xpander, Rp1,4 juta untuk varian Xpander Cross.

Beri Komentar