Toyota Menjadi Brand Mobil Terlaris Pada 2020. (Foto: Shutterstock)
Dream – Produsen otomotif asal Jepang, Toyota, menggeser posisi Volkswagen sebagai produsen mobil terlaris di dunia tahun 2020. Kemampuan merek mobil asal Jepang ini menggusur produsen otomotif Eropa tersebut merupakan yang pertama kalinya terjadi dalam lima tahun.
Pandemi COVID-19 yang melanda hampir seluruh negara di dunia membuat Volkswagen berdarah-darah untuk melewati tahun 2020.
Dikutip dari CNBC, Jumat 29 Januari 2021, penjualan Toyota secara global untuk seluruh grupnya memang merosot 11,3 persen menjadi 9,53 juta unit kendaraan pada 2020. Namun, penurunan ini lebih kecil daripada Volkswagen yang penjualannya anjlok 15,2 persen menjadi 9,3 juta unit kendaraan.
Secara volume, penjualan unit mobil dari Toyota sukses menggulingkan Volkswagen sebagai penjual otomotif terbanyak dunia.
Sekadar informasi, industri otomotif terdampak keras akibat pandemi COVID-19. Lockdown membuat masyarakat berhenti untuk mengunjungi showroom mobil.
Serangan virus ini juga memaksa pabrik untuk mengurangi, bahkan menghentikan produksi mobil.
Toyota menjadi laris manis karena pasar dalam negeri—Jepang, dan kawasan Asia secara umum kurang terpengaruh dari wabah tersebut daripada Eropa dan Amerika Serikat.
“ Fokus kami bukan peringkat, melainkan pelayanan kepada nasabah,” kata juru bicara Toyota.
Produsen otomotif seperti Volkswagen dan pabrikan lainnya bekerja keras memanfaatkan permintaan mobil yang rebound di Tongkok. Mereka memanfaatkan permintaan mobil listrik yang meningkat.
Toyota menyebut rasio penjualan listrik naik dari 20 persen pada 2019 menjadi 23 persen pada 2020.(sah)
Dream – Avanza 1.5 G MT tak lagi muncul di situs resmi PT Toyota Astra Motor (TAM). Padahal, tahun lalu, mobil dengan varian ini masih terpampang di sana.
Mobil Toyota Avanza 1.5 G MT yang dibanderol Rp230,32 juta (on the road) Jakarta itu tak lagi terlihat di laman perusahaan, Jumat 8 Januari 2021. Laman itu hanya menampilkan varian mesin 1300 CC.
Penghapusan varian mesin 1500 cc ini menimbulkan spekulasi, misalnya penjualannya dihentikan.
© Dream
Direktur Pemasaran TAM, Anto Jimmy Suwandi, membantah isu tersebut. Anton mengakui varian itu memang sudah tak lagi ditampilkan di situs.
Tapi, itu bukan berarti TAM tak lagi menjual varian mesin 1500 cc. Perusahaan ini masih menjualnya.
“ Toyota Avanz 1.5 memang sudah tidak ada di website, tapi masih dijual. Kami masih menjual, baik secara retail maupun fleet,” kata Anton kepada Otosia.
Namun, dia tak mengungkapkan alasan Toyota Avanza 1.5 dari situs resmi. Tapi, ia menyebut bahwa sebenarnya konsumen yang mengingingkan MPV 1.500 cc lebih condong untuk memilih Toyota Avanza Veloz.
Sekadar informasi, Toyota Avanza 1.5 G MT mengusung mesin 1.496 cc bertenaga 102 hp dan torsi 136 Nm. Performa tersebut disalurkan ke sepasang roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan. Sedangkan pada Toyota Veloz ditawarkan juga varian transmisi otomatis.
Tata Cara Sholat 5 Waktu Beserta Gambarnya, Lengkap dengan Bacaan
Momen Keseruan Dreamitie di Citra #GlowingBebasKusamRace & Community Gathering
Alshad Ahmad dan Nissa Asyifa Diduga Telah Menikah dan Resmi Cerai
Ikhtiar Adalah Usaha dengan Sungguh-Sungguh, Kenali Bentuknya untuk Amalan Sehari-Hari
Belum Sebulan Mobile Banking BCA Error Lagi, Ada Apa Kali Ini?
5 Potret Kemesraan Alshad Ahmad dan Nissa Asyifa Saat Pacaran
Kisah Cinta Alshad Ahmad Jadi Trending Topik 'Terpanas' di Twitter
Gandeng Visa dan Volopay, Kartu Kredit Korporat Ini Bisa Bikin UMKM Terhubung 80 Juta Gerai di Dunia