Hobi Main Gadget di Masa Pandemi Corona? Waspada sama Bahaya Blue Light Ya

Reporter : Zaki
Kamis, 28 Mei 2020 13:01
Hobi Main Gadget di Masa Pandemi Corona? Waspada sama Bahaya Blue Light Ya
Waspadai ya Sahabat Dream!

Masa pandemi seperti sekarang mengharuskan Sahabat Dream untuk melakukan segala aktivitas dari rumah. Nggak heran kalau berbagai kebijakan diambil seperti Work From Home (WFH) buat para pekerja, dan Study From Home (SFH) bagi para pelajar. Namun sadar atau nggak, WFH atau SFH bikin kamu jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain gadget, entah itu untuk bermain games, scrolling timeline social media, atau melakukan agenda meeting online.

Nggak masalah sih asal kamu tetap aware ya sama kesehatan kamu. Contohnya adalah dengan mewaspadai bahaya sinar biru yang dipancarkan oleh gadget atau sering disebut Blue Light.

1 dari 3 halaman

Apa Itu Blue Light?

  © shutterstock

Blue light atau yang juga akrab disebut sinar biru adalah cahaya yang dipancarkan dari gadget seperti smartphone, tablet, laptop, PC, lampu LED, atau perangkat elektronik lainnya. Cahaya ini memiliki energi paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis cahaya lainnya. Blue Light juga terdapat pada sinar matahari, tapi faktanya matahari yang dikenal memancarkan ultraviolet dan dapat memunculkan efek negatif, ternyata hanya terdiri dari 5% dari total spektrum sinar yang dipancarkan oleh matahari. Komposisi Blue Light di matahari rata-rata bervariasi, bergantung pada waktu, lokasi, dan musim. Akan tetapi, rata-rata propori sinar biru yang ada pada sinar matahari sekitar 25%.

2 dari 3 halaman

Mengerikannya Dampak Buruk Blue Light Pada Kulit

  © shutterstock

Nggak cuma ada pada sinar matahari, Blue Light juga dipancarkan dari gadget yang sering kamu pakai di masa pandemi seperti sekarang, Sahabat Dream. Sekitar 60% orang menghabiskan 6 jam dalam sehari buat menggunakan gadget. Asal disadari, ini bisa bikin kulit kamu jadi lebih rentan terkena beragam dampak negatif. Blue Light bisa menyebabkan kulit memproduksi Reactive Oxidative Stress atau stres pada kulit yang dapat menyebabkan penggelapan kulit. Selain itu, proses regenerasi kulit juga bakal terganggu sehingga efek panjangnya dapat mengakibatkan penuaan dini. 

3 dari 3 halaman

Pentingnya Perlindungan Terhadap Blue Light

  © shutterstock

Dengan energi yang tinggi dan jarak dekat dengan mata, Blue Light mampu menembus dan merusak lapisan kulit lebih dalam. Jika dibiarkan, exposure sinar biru dapat mengakibatkan kerusakan kulit jangka panjang seperti penuaan dini hingga kanker. Mengerikan banget, kan? Maka dari itu, kulit butuh perlindungan terhadap Blue Light, terlebih di masa Work From Home dan Study From Home yang membuatmu banyak menghabiskan waktu di depan layar gadget.

Kira-kira proteksi seperti apa ya yang dibutuhin kulit biar terlindung dari radiasi Blue Light? Nggak perlu khawatir karena Wardah Skin Innovation selalu menghadirkan inovasi terus-menerus untuk menyempurnakan perawatan kulit wanita Indonesia. Produk perlindungan Blue Light seperti apa yang dipersiapkan? Tungguin terus update-nya di sini, ya!

Beri Komentar