Wanita Berturban Ditolak Foto untuk SIM

Reporter : Irma Suryani
Senin, 5 September 2016 07:29
Wanita Berturban Ditolak Foto untuk SIM
Yvonne Allen, wanita dari Tuskeegee mengatakan petugas bersikeras bahwa hanya perempuan Muslim yang diperbolehkan untuk menutupi rambut mereka.

Dream - American Civil Liberties Union menggugat pejabat daerah di Alabama yang menyuruh seorang wanita Kristen melepas turban untuk foto SIM-nya.

Yvonne Allen, wanita dari Tuskeegee mengatakan petugas bersikeras hanya perempuan Muslim yang diperbolehkan untuk menutupi rambut mereka. Padahal ia memakai jilbab karena percaya bahwa umat Kristen juga seharusnya mengenakan jilbab.

Gugatan ACLU diajukan Selasa di Montgomery pengadilan federal mengatakan, Lee County Clerk Becky Frayer melanggar hak kebebasan beragama di AS.

Pejabat Lee County mengatakan kepada Allen ada pengecualian agama yang boleh mengenakan penutup kepala. Katanya hanya umat Islam yang boleh mengenakannya.

" Saya sangat terpukul ketika mereka memaksa saya untuk melepas jilbab saya ketika ingin membuat SIM," kata Allen melalui siaran pers ACLU seperti yang dilansir oleh Dailymail.

Sedangkan aturan Badan Penegakan Hukum Alabama memperbolehkan memakai jilbab saat foto SIM asalkan tidak menutupi bagian wajah.

Allen tetap pada pendiriannya bahwa ia akan tetap mengenakan penutup rambut berupa turban untuk foto SIM. (Ism) 

Beri Komentar