Ingin Memulai Bisnis Online Shop tapi Bingung Kelola Keuangan? Yuk Intip 5 Cara Ini

Reporter : Jeffreydien Winanda
Jumat, 20 Mei 2022 10:00
Ingin Memulai Bisnis Online Shop tapi Bingung Kelola Keuangan? Yuk Intip 5 Cara Ini
Jika kamu masih bingung terhadap pengelolaan bisnis, yuk intip 5 cara ini.

Meski sudah tersedia teknologi untuk memudahkan aktivitas, nyatanya mengembangkan bisnis masih menjadi sesuatu yang menantang sekaligus sulit terutama bagi pemula. Selain konsep dan strategi pemasaran, aspek lain yang begitu sulit untuk dilakukan adalah pengelolaan bisnis.

Namun hadirnya kesulitan bukan berarti hal ini sulit untuk dilakukan loh. Aspek keuangan menjadi pondasi utama dalam mengembangkan bisnis. Jika kamu masih bingung terhadap pengelolaan bisnis, yuk intip 5 cara ini.

Perencanaan Bisnis yang Detail dan Matang

Setiap kegiatan haruslah memiliki perencanaan yang matang. Termasuk salah satunya adalah berbisnis.

Perencanaan menjadi elemen penting yang meliputi penetapan target jangka pendek & panjang, serta bagian detail lainnya. Jika perencanaan sudah dilakukan sedetail mungkin, maka langkah berikutnya adalah menganalisis terutama mengenai dana yang dibutuhkan dalam mengeksekusi rencana tersebut.

Nggak cuma itu, pertimbangkan juga berbagai risiko yang bisa berpotensi menghalangi kelancaran bisnis. Dari risiko tersebut, siapkan dana darurat sebagai langkah represif dari situasi yang bisa saja terjadi.

Catat Arus Keuangan secara Mendetail

Memperhatikan laporan arus kas secara detail memang merepotkan. Namun hal ini akan sangat bermanfaat untuk mengetahui ke mana saja aliran dana dalam bisnis yang dijalankan. Jika pebisnis mengetahui setiap aliran dana, maka ini akan menjadi keuntungan baginya dalam menentukan langkah berikutnya dalam operasional bisnis.

Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Meskipun bisnis online bisa dilakukan perorangan dan modal minim, bukan berarti keuangan pribadi dan bisnis bisa disatukan begitu saja. Hal ini merupakan kesalahan jika owner menggabungkan keuangan bisnis serta pribadi sebab cash flow jadi berantakan.

Idealnya, alokasikan sejumlah dana untuk melakukan operasional bisnis. Secara terpisah, buatlah rekening lain agar arus keuangan perusahaan nggak bercampur dengan dana pribadi.

Prioritaskan Kebutuhan Operasional

Setelah persoalan keuangan sudah mulai stabil, langkah berikutnya yang wajib dilakukan adalah memprioritaskan kebutuhan operasional. Hal ini penting mengingat sebuah bisnis nggak akan berkembang jika kegiatan operasionalnya kurang optimal.

Kegiatan operasional meliputi semua aspek mulai dari pra produksi hingga pasca penjualan. Oleh sebab itu, catat semua kebutuhan yang diperlukan untuk menunjang kelancaran operasional demi bisnis yang semakin berkembang.

Manfaatkan Teknologi

Beragam teknologi bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan bisnis yang dijalankan. Salah satunya adalah dengan marketplace seperti Lazada yang menjadi e-commerce terbesar di Asia Tenggara.

Tak hanya untuk mengembangkan bisnis, Lazada juga memiliki beragam fitur untuk membantu para Seller untuk mengelola bisnisnya lewat Seller Center. Seller bisa menganalisa bisnis sampai mengelola keuangan setiap penjualan yang terjadi di toko onlinenya. Selain itu, Lazada memberikan pelatihan untuk seller-nya melalui Lazada University. Nantinya, para seller akan mendapatkan tutorial berupa video, webinar, dan yang lainnya untuk mengembangkan bisnis yang dibangun.

Nggak cuma itu, bisnis yang kamu bangun akan mendapatkan dukungan Lazada Club atau komunitas Seller Lazada terbesar di Asia Tenggara yang memungkinkan para pebisnis pemula dalam mempelajari langsung dari top seller dari Lazada.

Jadi tunggu apa lagi, yuk jadi Seller di Lazada. Proses pendaftarannya hanya memerlukan KTP, dan kamu bisa langsung berjualan setelah proses pendaftaran yang cuma memakan waktu cukup satu menit.

Setelah mendaftar, kamu akan mendapatkan program inkubasi atau bimbingan selama 90 hari bagi para seller baru untuk memaksimalkan bisnis yang dijalankan. Dan jangan lewatkan juga Mega Promosi yang bisa diikuti sepanjang tahun untuk meningkatkan order dan traffic dari bisnismu. Semua benefit ini tanpa dipungut biaya alias gratis.

Yuk bergabung dengan Lazada dan siap-siap bisnis kamu #NaikKeLaz. Temukan informasi lengkapnya dengan cara klik di sini ya!

Beri Komentar