Asal Mula Kaftan, Busana Muslim Khas Timur Tengah

Reporter : Irma Suryani
Rabu, 18 Mei 2016 17:44
Asal Mula Kaftan, Busana Muslim Khas Timur Tengah
Menjelang ramadan dan hari raya, Kaftan akan digandrungi muslimah tanah air

Dream - Dunia fashion terus bergerak, bertumbuh dan berkembang. Saat ini trend fashion gaya berbusana kaum muslimah Indonesia lagi berkiblat ke fashion dengan style Timur Tengah.

Salah satu busana yang akan menjadi favorit hijaber maupun wanita Indonesia adalah kaftan. Berasal dari kata Persia, pada awalnya busana ini adalah mantel yang digunakan oleh pria. Biasanya panjangnya mencapai ke mata kaki dengan lengan panjang, dan memiliki kancing dibagian depan. Bahannya terbuat dari wol, kasmir, sutra, atau katun dan seringkali dikenakan dengan sabuk (sash).

Di Rusia kata kaftan digunakan untuk jenis pakaian, sejenis jas panjang pria dengan lengan yang ketat. Warna yang paling sering digunakan adalah biru.

Kaftan sutra Rusia, celana linen biru bergaris, sepatu bot berkuda, selempang sutra, topi bulu, dan cambuk yang selalu ada.

Berbeda dengan di Maroko, kaftan hanya dikenakan oleh wanita, yang secara substansial berbeda dengan Turki. Gayanya bisa kasual atau sangat formal, tergantung pada bahan yang digunakan dan dapat dipakai untuk pesta perjamuan makan malam, mandi bayi, pesta pertunangan dan pernikahan.

Namun di Afrika Barat, kaftan adalah jubah pull-over yang dapat dikenakan oleh laki-laki dan perempuan. Untuk wanita disebut kaftan atau boubou, sementara untuk laki-laki disebut Senegalese kaftan.

Mau tahu bagaimana perkembangan fashion kaftan? baca di sini

Beri Komentar