Kuasai 50 Persen Pasar, Inikah Raja City Car Indonesia?

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Rabu, 8 Agustus 2018 11:13
Kuasai 50 Persen Pasar, Inikah Raja City Car Indonesia?
Mayoritas pasar city car dipegang Ignis pada semester I 2018.

Dream – Suzuki Ignis mencetak penjualan sebanyak 8.245 unit pada semester I 2018. Mobil ini menguasai 50,4 persen pasar city car.

Suzuki Ignis membuat PT Suzuki Indombil Sales menjadi pemimpin pasar city car pada semester I 2018.

Kehadiran Suzuki Ignis pada tahun 2017 menjadi titik kebangkitan di pasar city car Indonesia karena berhasil menjadi primadona baru bagi konsumen Indonesia.

Sejak awal diluncurkan kepada konsumen, Ignis mengawali sepak terjangnya dengan merilis Ignis varian GX dan GL pada bulan April 2017, disusul varian GL AGS pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 yang mendominasi peningkatan volume city car hingga mampu menjual 14.157 unit.

 

Suzuki Ignis turut mejeng di GIIAS 2018

 

Head of Brand Development and Marketing Research 4WT Suzuki Indomobil Sales, Harold Donnel, mengatakan persaingan pasar city car pada awal semester II ini cukup ketat. Ignis ingin memperkuat kembali posisinya sebagai leader di pasar ini. Untuk itu, Suzuki menampilkan Ignis dalam kemasan yang lebih sporty.

" Pada ajang GIIAS 2018, display Suzuki Ignis yang dipajang di booth Suzuki hadir dalam kemasan lebih sporty untuk kelas city car, yakni Ignis Suzuki Sport dan Ignis Rally Concept,” kata Donnel di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Rabu 8 Agustus 2018.

Dia mengatakan dua modifikasi Ignis bisa menjadi inspirasi bagi pencinta Suzuki. Kemunculan Ignis Sport Edition juga bersamaan dengan geliat segmen city car nasional pada awal tahun 2018.

Puncaknya, penjualan Ignis selama semester pertama 2018 pasar city car mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga 199,7 persen dibandingkan tahun lalu dan berkontribusi sebesar 14,3 persen dari total penjualan Suzuki.

 

1 dari 2 halaman

Incar Kaum Urban

Incar Kaum Urban © Dream

Suzuki memodifikasi Ignis sehingga tampil berani dan memperkuat citra urban SUV. Kendaraan roda empat ini berwarna tinsel blue pearl yang menjadi ciri khasnya di pasar city car.

Ignis juga memiliki berbagai fitur modern yang praktis dan andal saat digunakan berkendara serta mesin empat silinder K12M berkapasitas 1.197 cc. Pasarnya? Suzuki mengincar kaum urban, terutama anak-anak muda.

Desain Suzuki Ignis yang stylish.

Ignis Suzuki Sport juga dipamerkan sebagai ‘bintang utama’ booth Suzuki selama sebelas hari GIIAS 2018, 2-12 Agustus 2018, guna memperkuat tema booth “ Urban Sporty Gear” sekaligus menegaskan konsep Suzuki Sport.

“ Selain itu, Ignis Suzuki Sport juga memiliki daya tarik tersendiri bagi generasi milenial dengan pembaruan tiga fitur yang menunjang performa mobil sehingga tampil lebih tangguh sekaligus gaya untuk berkendara di jalan raya,” kata Donnel.

 

2 dari 2 halaman

Bertabur Promo

Bertabur Promo © Dream

Suzuki bekerja sama dengan leasing untuk menawarkan program penjualan Ignis selama GIIAS 2018.

“ Untuk menambah antusiasme pengunjung booth selama GIIAS 2018 berlangsung kami bekerjasama dengan enam leasing yang menawarkan berbagai penawaran khusus untuk pembelian unit Ignis,” kata dia.

Keenam leasing itu adalah Suzuki Finance yang memberikan promo gratis satu bulan angsuran, cicilan ringan, dan hadiah langsung bagi konsumen yang memesan Ignis selama GIIAS 2018.

Kedua, ada Mandiri Tunas Finance yang juga memberikan satu bulan cicilan gratis untuk seri Ignis. Ketiga, ada Adira Finance yang memberikan special rate sebesar 3,1 persen.

Suzuki Ignis.

Ada juga BCA Finance yang memberikan cicilan ringan dan Oto Finance yang menawarkan diskon administrasi 50 persen. Lalu, ada PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) yang menawarkan bebas biaya provisi bagi konsumen.

“ Tidak hanya penawaran menarik, seluruh leasing yang bekerjasama dengan Suzuki juga menyediakan hadiah langsung bagi pengunjung booth Suzuki yang melakukan SPK (Surat Pemesanan Kendaraan) pada ajang GIIAS 2018,” kata dia. (ism)

Beri Komentar