Dua Menteri Puji Terobosan Grab di Tengah Pandemi

Reporter : Dwi Ratih
Senin, 9 November 2020 06:11
Dua Menteri Puji Terobosan Grab di Tengah Pandemi
Berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala.

Dream - Perusahaan teknologi Grab melalui misi GrabForGood, mendorong pertumbuhan mitra merchant melalui Konferensi Nasional Mitra Merchant perdana bertajuk “ Buka Potensi Bersama Grab”.

Konferensi ini mencakup edukasi sejumlah fitur dan produk terbaru pada aplikasi GrabMerchant, pertukaran pengetahuan dari para mitra merchant yang telah mencetak sukses, serta apresiasi atas kinerja mitra merchant pada tahun yang penuh tantangan ini.

Grab juga membagikan kredit iklan gratis untuk para mitra merchant untuk mendukung pertumbuhan UMKM di platform Grab.

“ Kami berkomitmen untuk memberdayakan pelaku usaha dari berbagai skala, bahkan yang terkecil sekalipun untuk bertransformasi dan berkembang secara online," ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director, Grab Indonesia dalam konferensi pers online pada Kamis, 5 November 2020.

Grab menyediakan sejumlah solusi teknologi inovatif yang mudah digunakan dan dapat diandalkan, dukungan yang terbaik di kelasnya, serta program edukasi guna mengoptimalkan bisnis UMKM. 

1 dari 5 halaman

Dihadiri sejumlah menteri dan ahli industri

Neneng juga mengemukakan, konferensi mitra merchant yang pertama kali dijalankan ini menggarisbawahi semangat #TerusUsaha dalam mendukung digitalisasi UMKM Indonesia.

" Kami sangat senang melihat respons yang sangat baik dari para mitra merchant di acara ‘Buka Potensi Bersama Grab’ yang juga dihadiri sejumlah Menteri dan ahli industri," ungkapnya.

Teten Masduki, Menteri Menteri Koperasi dan UKM yang hadir dalam konferensi ini mengungkapkan apresiasinya terhadap Grab.

“ Grab telah menjadi rekan strategis pemerintah Indonesia, yang konsisten mendorong transformasi digital para pelaku UMKM selama pandemi COVID-19 sebagai upaya pemulihan ekonomi negeri," ujar Teten. 

Menurut Teten, konferensi Buka Potensi Bersama Grab untuk para mitra merchant GrabFood, terutama kalangan UMKM merupakan sarana pengembangan yang dibutuhkan.

" Agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dan berkembang dalam era ekonomi digital,” tambahnya.

 

2 dari 5 halaman

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI turun hadir

Ilustrasi

Grab juga mendukung gerakan #BeliKreatifLokal, sebuah program pilot dari inisiatif #BanggaBuatanIndonesia yang digagas Pemerintah Indonesia, untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan ekonomi kreatif di tengah pandemi.

“ Saya meyakini bahwa kita perlu berkolaborasi, bersinergi, dan bergerak bersama untuk bangkit di tengah pandemi dengan cara menyesuaikan diri pada era digital,"  tambah Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang juga hadir dalam konferensi itu.

" Mari kita #TerusUsaha dan memanfaatkan potensi yang ada untuk berkontribusi menjadi pejuang negeri, dengan membantu mengerakkan dan memulihkan perekonomian nasional,” lanjut Wishnutama.

 

3 dari 5 halaman

Kata salah satu merchant

Teknologi memungkinkan jutaan bisnis kecil bertransformasi menjadi UMKM di Indonesia. Aussie Andry, pemilik Nasi Kulit Gokskin, mengakui manfaat digitalisasi bisnis.

“ Awalnya, saya memulai bisnis hanya dengan satu toko untuk melihat respons pasar. Bergabung dengan GrabFood telah membantu ekspansi bisnis saya hingga 24 cabang dalam satu tahun. Bagi saya, GrabFood telah membantu saya menawarkan produk ke audiens yang tepat," beber Aussie yang telah bergabung dengan GrabFood sejak Oktober 2019.  

Aussie yakin, Grab akan terus mendukung para mitra merchant. Dengan berbagai inovasi dan layanan yang akan semakin memudahkan kami dalam mengembangkan bisnis kami,” katanya.

 

4 dari 5 halaman

Berikut fiturnya

Pada konferensi mitra merchant pertama ini, Grab mengumumkan sejumlah fitur dan inisiatif terbaru, termasuk:

•Portal untuk mitra merchant: Portal terbaru GrabMerchant dirancang untuk melengkapi fungsi aplikasi GrabMerchant. 

Portal ini dapat digunakan para pemilik bisnis yang tidak selalu berada di lokasi toko untuk mendapatkan akses penuh atas data performa bisnis mereka.

•Layanan pesan instan yang semakin canggih: Grab akan memperkenalkan layanan pesan instan yang diperbarui dalam aplikasi GrabMerchant pada kuartal pertama 2020.

Fitur ini mempermudah para mitra merchant untuk melaporkan gangguan ke tim bantuan Grab sembari tetap menjalankan bisnis.

•Akademi online untuk meningkatkan kapabilitas para mitra merchant: GrabAcademy adalah portal satu pintu yang memberikan informasi mengenai fitur dan produk Grab yang dapat mereka manfaatkan untuk mendukung perkembangan bisnis mereka.

Serta berpartisipasi dalam berbagai pelatihan untuk meningkatkan keterampilan digital dan kewirausahaan yang dibutuhkan untuk mengembangkan bisnis online mereka.

•Kredit iklan gratis untuk para peserta konferensi: Grab memberikan seluruh peserta Konferensi Nasional Mitra Merchant kredit iklansenilai Rp150.000,- untuk digunakan di Pengaturan Iklan GrabMerchant.

 

5 dari 5 halaman

Merchant dapat bereksperimen

Grab Indonesia

Para mitra merchant dapat menggunakan fitur Pengaturan Iklan, untuk mengiklankan toko mereka dengan membeli sejumlah kata kunci pencarian yang dapat menambah visibilitas bisnis mereka.

Dengan bantuan ini, Grab berharap para mitra merchant dapat bereksperimen dan memperoleh pengetahuan mengenai dari iklan online tanpa harus mengeluarkan anggaran.

“ Grab sangat bangga akan jaringan mitra merchant kami yang kuat dan tangguh Konferensi nasional ini mencerminkan kemitraan yang solid antara Grab dan para mitra merchant kami,” tutup Neneng.

Laporan: Savina Mariska

Beri Komentar