Paket Telat Sampai, e-Commerce Ini Berani Kembalikan Ongkir 100%

Reporter : Shania Suha Marwan
Kamis, 5 November 2020 19:12
Paket Telat Sampai, e-Commerce Ini Berani Kembalikan Ongkir 100%
Kamu nggak perlu khawatir.

Dream - Berbelanja online saat ini sudah jadi andalan banyak orang di tengah padatnya aktivitas dan pandemi Covid-19. Menyambut momentum Hari Belanja Online 11.11, banyak platform e-Commerce berancang-ancang dengan menggelar program pemikat calon pembeli.

Seperti diketahui, kebiasaan berbelanja secara online terkadang membuat kita senewen. Biasanya ini terjadi ketika pesanan tak kunjung datang. Padahal barang dibeli dengan harga mahal dan sudah memiliki jasa pengiriman cepat.

Menyadari keresahaan pelanggan Olshop, (online shop), platform Tokopedia menghadirkan fitur ‘Jaminan Tepat Waktu’ yang memastikan pembeli menerima pesanan tepat waktu sesuai dengan durasi pengiriman yang dipilih.

“ Jika pesanan tidak sampai tepat waktu, ongkos kirim akan otomatis dikembalikan 100% ke saldo Tokopedia pembeli. Pengembalian ongkir paling lama lima hari kerja,” ujar AVP of Logistics Tokopedia, Edwin Mailoa di keterangannya pada Rabu, 4 November 2020.

Kabar baiknya, fitur ini berlaku untuk semua metode pembayaranan. " Layanan pengiriman Instant, Same Day dan Next Day yang kami rekomendasikan,” tambah Edwin.

 

1 dari 6 halaman

Kamu nggak perlu khawatir

ilustrasi

Tercatat sudah ada jutaan pesanan di Tokopedia yang menggunakan jaminan ini setiap bulannya. Durasi pengiriman sendiri dihitung sejak penjual melakukan serah terima barang kepada mitra kurir hingga paket sampai di tujuan. Untuk batas waktunya ini bergantung terhadap layanan dan rute kurir yang dipilih.

Tokopedia sudah berkolabirasi dengan 13 mitra logistik dan menjangkau lebih dari 98 persen kecamatan di Indonesia.

 

2 dari 6 halaman

Selalu Ada Selalu Bisa

“ Fitur ‘Jaminan Tepat Waktu’ adalah wujud komitmen Tokopedia untuk #SelaluAdaSelaluBisa dalam mempermudah masyarakat mendapatkan kenyamanan lebih, termasuk mendapatkan barang pesanan tepat waktu,” jelas Edwin.

Seluruh mitra logistik Tokopedia, akan menjaga kebersihan paket yang dikirim, salah satunya dengan menyemprotkan disinfektan ke semua paket dan area sortir.

Setiap gerai logistik juga sudah dilengkapi cairan antiseptik, dan ketika mengantar paket kurir menggunakan masker dan sarung tangan serta melakukan pengecekan suhu secara berkala.

3 dari 6 halaman

Jadi Mitra Tokopedia, Pendapatan Ibu Warung Ini Capai Puluhan Juta Sebulan

Dream - Selama dua tahun, Tokopedia melalui ekosistem Mitra Tokopedia telah mempermudah pegiat usaha tradisional termasuk pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya mengembangkan usaha melalui pemanfaatan teknologi.

Senin, 2 November 2020, Head of New Retail Tokopedia, Doni Nathaniel Pranama mengatakan, “ Kami telah membantu jutaan pegiat usaha tradisional melayani lebih dari 50 juta masyarakat di lebih dari 500 kota/kabupaten di Indonesia."

" Ini menjadikan aplikasi Mitra Tokopedia sebagai platform pengalaman berbelanja O2O dengan cakupan paling luas di Indonesia,” tambahnya.

Berbagai dampak positif dirasakan para pemilik warung berdasarkan survei yang dilakukan terhadap ribuan Mitra pada Oktober 2020.

Hampir 80 persen pemilik warung, toko kelontong dan usaha sejenis lainnya yang menjadi Mitra Tokopedia mengaku meraih keuntungan tambahan lebih dari 2 kali lipat.

Di sisi lain, pegiat usaha tradisional bisa merasakan beragam kemudahan. Mulai dari harga produk lebih terjangkau, promo berkala, gratis ongkir, layanan same-day delivery, banyaknya pilihan pembayaran hingga kehadiran sejumlah fitur, seperti Grosir dan Penjualan Produk Digital.

4 dari 6 halaman

Isi Stok Warung Mudah, Cepat dan Efisien lewat Fitur Grosir

Fitur Grosir, yang telah tersedia di lebih dari 75 kota di Indonesia, membantu pemilik warung membeli stok dengan lebih mudah, cepat dan efisien.

Data internal Tokopedia mencatatkan hampir 100 persen Mitra Tokopedia menghemat biaya transportasi lebih dari Rp50 ribu per minggu dengan memanfaatkan fitur Grosir di aplikasi Mitra Tokopedia.

Mostakim

© © Tokopedia

“ Biasanya harus tutup warung sekitar 3 jam untuk belanja ke pasar. Sejak jadi Mitra Tokopedia tidak perlu lagi karena belanja stok bisa dari handphone. Barang langsung dikirim ke warung dengan cepat,” ujar Mostakim, pemilik usaha dari mitra Tokopedia di Bogor.

“ Pendapatan bulanan warung saya jadi meningkat hingga Rp5 juta karena Mitra Tokopedia. Selain jualan, saya bisa sekalian menabung untuk dapat poin lewat fitur Poin Hadiah. Saya bisa tukar poin yang didapat setiap transaksi dengan hadiah, seperti emas atau kesempatan menang paket Umrah,” sambung Mostakim.

5 dari 6 halaman

Penjualan Produk Digital Semakin Diminati Selama Pandemi

Fitur Penjualan Produk Digital, seperti pulsa, paket data, voucher game, pembayaran tagihan listrik, air, BPJS dan lainnya, saat ini telah tersedia di lebih dari 500 kota/kabupaten di seluruh Indonesia.

Bahkan kini masyarakat dipermudah dalam memenuhi kewajiban perpajakan, seperti membayar PBB, lewat warung dan toko kelontong.

Produk digital yang paling laris di Mitra Tokopedia selama pandemi adalah pulsa dan paket data, token listrik, PDAM, BPJS dan voucher game.

Ine Febrina,

© © Tokopedia

Ine Febrina, ibu rumah tangga asal Jakarta, yang bergabung menjadi Mitra Tokopedia pada Maret 2020, mengaku transaksi di warungnya meningkat signifikan selama pandemi. Dia bahkan mengaku fitur Grosir telah membuat pendapatannya bisa mencapai puluhan juta tiap bulannya.

" Mitra Tokopedia juga memfasilitasi saya untuk bisa menambah pemasukan dengan berjualan produk digital.”

Selain membuka usaha warung, Ine juga membantu pengemudi ojek online yang sepi pelanggan. " Para pelanggan yang tergerak untuk memberikan bantuan, mempercayakan saya untuk membagikan sembako bagi para pengemudi ojek online,” tambahnya lagi.

6 dari 6 halaman

Apa itu PPOB?


Tokopedia

© © Tokopedia

Melalui #BangkitBarengWarung, Mitra Tokopedia menghadirkan tiga pilar kegiatan, yaitu mengenalkan aplikasi Mitra Tokopedia kepada masyarakat luas, terutama kepada yang kehilangan pekerjaan karena pandemi, untuk membuka usaha Payment Point Online Bank (PPOB) dan warung.

Kedua, menghadirkan promo menarik di aplikasi untuk meningkatkan penghasilan.

Terakhir, menghadirkan berbagai konten edukasi untuk memperlengkapi para pemilik warung maupun masyarakat yang kehilangan pekerjaan agar dapat berwirausaha bersama Mitra Tokopedia.

 

Beri Komentar