Masih Ingat Wallpaper Windows XP? Ternyata Ini Sosok di Balik Foto Ikonik dari Komputer Hits Tahun 2000-an Keluaran Microsoft

Reporter : Okti Nur Alifia
Minggu, 16 Oktober 2022 16:30
Masih Ingat Wallpaper Windows XP? Ternyata Ini Sosok di Balik Foto Ikonik dari Komputer Hits Tahun 2000-an Keluaran Microsoft
Banyak yang berpendapat bahwa wallpaper tersebut bukanlah foto asli. Namun ternyata lokasi dari wallpaper tersebut nyata dan orang yang ada di balik wallpaper tersebut terkuak.

Dream - Apakah kamu masih ingat wallpaper atau latar belakang desktop di Windows XP? Zaman dulu wallpaper itu begitu ikonik dengan gambar bukit hijau di bawah langit biru cerah.

Diketahui, Windows XP pertama kali dirilis Microsoft ke publik pada 25 Oktober sebagai penerus dari Windows 2000. Pastinya bagi yang pernah menggunakan komputer di tahun-tahun itu, wallpaper ini masih terkenang di ingatan.

Banyak yang berpendapat bahwa wallpaper tersebut bukanlah foto asli. Namun ternyata lokasi dari wallpaper tersebut nyata dan orang yang ada di balik wallpaper tersebut terkuak. Dia adalah fotografer dan pemimpin redaksi SFGate, Charles O'Rear. 

1 dari 2 halaman

Di Foto Tahun 1996

Foto itu jauh dipotret sebelum Windows XP muncul. Pria ini memotretnya saat saat Jumat sore di bulan Januari tahun 1996. Dia mengemudi untuk menemui istrinya, saat itu ia menangkap gambar landscape perbukitan yang ada di Napa County, California, Sonoma Valley timur.

O'Rear mengambil foto legendaris yang dikenal sebagai bukit " Bliss" . Foto itu diambil dengan kamera format medium. O'Rear mengatakan bahwa foto tersebut tidak dimanipulasi secara digital alias murni hasil jepretan langsung.

wallpaper windows xp© Charles O'Rear Fotografer Wallpaper Iconic Windows XP (Foto: Ubergizmo)

" Mayoritas orang yang melihat foto itu, miliaran orang, mengira itu bukan foto asli," kata O'Rear, sebagaimana dilansir New York Post.

" Berkendara melewati perbukitan Sonoma di bulan Januari selalu mendapat hamparan rumput hijau, sungguh indah. Saya tahu itu, cahaya dan awan yang sempurna," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Dibeli Microsoft

Pria ini kemudian mengunggah fotonya ke Stock Photo. Lalu Microsoft menemukan foto tersebut dan tertarik untuk membelinya. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu langsung membayar hak ciptanya yang dilaporkan berjumlah enam digit.

Microsoft kemudian mendistribusikan foto itu ke seluruh dunia sebagai bagian dari kampanye pemasaran senilai US$ 1 miliar.

Karier O’Rear sebagai fotografer terbilang mentereng, dia pernah bekerja untuk Los Angeles Times, The Kansas City Star, dan selama lebih dari dua dekade di National Geographic.

Namun foto tentang bukit " Bliss" itu akan selalu menjadi kenangan tak ternilai.

Beri Komentar