Menstruasi Dua Kali Sebulan, Normalkah?

Reporter : Mutia Nugraheni
Selasa, 15 November 2022 19:12
Menstruasi Dua Kali Sebulan, Normalkah?
Jangan tunda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis.

Dream - Setiap wanita mempunyai siklus menstruasi berbeda. Sebagian memiliki siklus panjang, sebagian lainnya memiliki siklus yang cenderung lebih pendek.

Siklus menstruasi yang tepat dan rutin jadi salah satu tanda sistem reproduksi wanita berjalan dengan baik.

Saat haid terlambat atau malah terjadi dua kali dalam satu bulan, pastinya muncul kekhawatiran. Biar tak salah, penting untuk mengetahui perbedaan antara pendarahan haid dengan flek.

Flek merupakan keluarnya bercak darah yang lebih sedikit, umumnya flek dikaitkan dengan kehamilan, ovulasi, atau hubungan intim. Flek juga dapat disebabkan oleh perubahan berat badan ekstrim dan stres. Hormon stres kortisol dapat memengaruhi fungsi ovarium, yang dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur, bahkan flek di antara masa menstruasi. Selain itu, obat-obatan tertentu seperti pil kb juga dapat menyebabkan flek.

Lalu bagaimana membedakannya? Pada umumnya, menstruasi terjadi pada jadwal yang cukup teratur, dan pendarahan ringan yang terjadi di antara menstruasi biasanya diklasifikasikan sebagai flek.

 

1 dari 1 halaman

Dua Kali Haid dalam Satu Bulan

Menstruasi dua kali dalam sebulan bisa menjadi tanda gangguan kesehatan tertentu. Seseorang tidak seharusnya mengalami pendarahan berat lebih sering dari siklus standar menstruasi.

Sementara flek yang terjadi di antara menstruasi dapat menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu, termasuk infeksi vagina, polip serviks, polip rahim, hiperplasia endometrium, kanker endometrium, kehamilan, ketidakseimbangan hormon, dan penggunaan kontrasepsi hormonal

" Pendarahan berat dan berkepanjangan dalam periode haid kemungkinan besar karena adanya kondisi mendasar yang perlu segera ditangani. Terutama jika kita tidak tahu alasan mengapa hal itu bisa terjadi," kata Kecia Gaither, MD, MPH, FACOG, seorang spesialis obstetri dan ginekolog, dikutip dari PopSugar.

Penting untuk konsul ke dokter jika mengalami menstruasi tidak beraturan, dua kali dalam satu bulan atau flek di antara menstruasi. Terutama jika disertai dengan gejala-gejala lain. Seperti penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, rambut rontok, nyeri payudara, kelelahan, nyeri panggul, keluarnya cairan beraroma tak sedap atau atau pendarahan berat disertai gumpalan darah besar. 

 

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: PopSugar

Beri Komentar