Nggak Pakai Skincare Apapun Tapi Kulit Mulus, Ternyata Microbiome Alasannya

Reporter : Wuri Anggarini
Jumat, 25 September 2020 07:00
Nggak Pakai Skincare Apapun Tapi Kulit Mulus, Ternyata Microbiome Alasannya
Cari tahu lebih lanjut tentang Microbiome yuk!

Bertahun-tahun mencoba berbagai skincare yang katanya bisa membuat kulit glowing, tapi ternyata belum berhasil menemukan produk yang bisa memberikan efek sesuai janji. Di sisi lain, ada orang terdekat yang punya kulit mulus tanpa menggunakan skincare apapun. Kok bisa sih?

Melihat orang lain punya kulit mulus tanpa effort apapun pasti langsung membuatmu merasa dunia sangat tidak adil. Tapi, jangan panik dulu saat berhadapan dengan situasi seperti ini. Ternyata, kondisi tersebut dipengaruhi oleh microbiome yang ada di dalam kulit. Apa itu?

1 dari 3 halaman

Mengenal Microbiome yang Punya Peranan Penting Pada Kulit

Tahu nggak sih kalau lebih dari 50% sel tubuh kita adalah microbiome? Istilah ini juga dikenal dengan sebutan microbiota, yaitu kumpulan mikroorganisme yang hidup di setiap lingkungan. Di tubuh manusia sendiri, ada milyaran bakteri, jamur, dan virus yang hidup bersama-sama di berbagai organ, seperti sistem pencernaan, lidah, bahkan termasuk kulit.

Microbiome punya peran yang penting banget pada kulit manusia. Organ tubuh ini punya fungsi sebagai pertahanan pertama sistem imun dan melindungi organ tubuh penting lainnya. Di sinilah hidup microbiome kompleks yang kondisinya bervariasi antara satu orang dengan yang lainnya.

2 dari 3 halaman

Menjaga Keseimbangan Microbiome Kulit Juga Wajib

© shutterstock

Kulit yang sehat sendiri adalah yang punya kondisi microbiome bervariasi dan seimbang. Jika microbiome kulit nggak seimbang, kamu rentan mengalami masalah kulit seperti jerawat, eksim, ruam, alergi, dan lain sebagainya. Sekarang sudah paham dong kalau salah satu penyebab masalah kulit nggak harus dari faktor eksternal, tapi juga bisa karena kondisi microbiome yang ada di dalam kulit.

Lalu muncul deh pertanyaan selanjutnya. Gimana sih cara menjaga keseimbangan microbiome pada kulit? Ternyata jawabannya cukup sederhana karena berkaitan dengan penerapan gaya hidup sehat dan seimbang. Mulai dari konsumsi makanan yang bernutrisi baik, mengandung banyak serat dan probiotik. Penting juga untuk belajar mengelola stres dengan baik.

Selanjutnya, disarankan kamu menghindari penggunaan antibiotik dan antiseptik berlebihan. Jika harus mengonsumsi obat-obatan semacam ini, sebaiknya ikuti petunjuk dokter. Olahraga secara teratur juga penting dan sebisa mungkin jauhi polusi udara yang berlebihan. Terakhir yang nggak kalah penting adalah menggunakan produk alami dan aman untuk microbiome.

3 dari 3 halaman

Gunakan Produk Skincare Berbahan Alami dan Biome Friendly

© shutterstock

Memang ada orang tertentu yang bisa menjaga microbiome seimbang secara alami. Kalau kamu bukan salah satunya, jangan sedih. Saatnya mendukung dengan produk skincare berbahan alami dan biome friendly, yaitu yang dapat menjaga keseimbangan microbiome yang ada pada kulit. Seperti rangkaian produk Biome Beauty yang dihadirkan oleh Nusantics.

Biome Beauty mengusung konsep Clean Beauty Philosophy, yaitu menggunakan bahan alami yang hanya dibutuhkan oleh kulit dan lebih bersih untuk bumi. Nusantics percaya bahwa segala sesuatu yang dikenakan di kulit akan diserap tubuh walaupun tidak 100%, tapi tetap mempengaruhi keseimbangan microbiome kulit. Hal ini juga berdampak pada kesehatan. Oleh karena itu, Biome Beauty hanya menggunakan bahan-bahan yang memang diperlukan.

Produk ini juga tidak menggunakan bahan-bahan kimia yang bisa berisiko pada kesehatan kulit, seperti Parabens, Sodium Laureth Sulfate (SLS), PEG, Phtalate, Synthetic Fragrance, Formaldehyde-release preservative, Triclosan, Mineral Oil, Paraffin, Coal Tar-derived. Jadinya lebih aman untuk kulit.

©

Ada 4 varian produk Biome Beauty yang bisa menjadi bagian dari ritual skincare sehari-hari:

1. Biome Spray Essence

Ini adalah produk andalan untuk meredakan sunburn atau saat kamu merasa kulit terlihat kusam. Cara pemakaiannya cukup semprotkan 3-4 pumps ke area wajah langsung. Gunakan produk ini sebagai first step skincare sebelum serum atau moisturizer. Simpan di dalam lemari es untuk menjaga formulanya tetap optimal.

2. Biome Moisturizing Balm

Skincare ini multifungsi, karena bisa digunakan untuk wajah, tubuh, tangan, bibir, siku, lutut, tumit, hingga kuku. Oleskan produk ini di bagian tubuh yang diinginkan lalu pijat tubuh lembut. Rasakan sendiri keajaibannya.

3. Biome Treatment Essence

Produk ini pastinya bakal bikin jatuh cinta. Active ingredients di dalamnya bekerja untuk mengecilkan pori-pori, mencerahkan kulit, dan melindungi kulit dari efek radikal bebas. Supaya aplikasinya optimal, gunakan Biome Spray Essence terlebih dulu, lalu gunakan 2-3 tetes Treatment Essence ini, ratakan di area wajah dan leher. Aplikasikan di pagi hari sebelum menggunakan riasan dan di malam hari sebelum penggunaan face oil.

4. Biome Oil Serum

Produk yang satu ini bekerja sebagai pengganti pelembap dan krim malam. Formulanya dapat menyerap hingga ke lapisan kulit terdalam untuk membuatnya tetap lembap dan glowing. Supaya hasilnya maksimal, gunakan Biome Oil Serum setelah mengaplikasikan Biome Spray Essence. Tap tap secara merata pada wajah dan leher.

Pastikan kamu hanya menggunakan skincare, dengan bahan yang alami dan hanya dibutuhkan kulit. Kalau sudah sehat, skincare itu tidak wajib kok! Info lebih lengkap klik di sini.

Beri Komentar