Percantik Rumah Sambut Lebaran, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?

Reporter : Iwan Tantomi
Minggu, 5 April 2020 07:00
Percantik Rumah Sambut Lebaran, Apa Saja yang Perlu Dilakukan?
Tak perlu keluar banyak uang kok, cukup lakukan beberapa trik mudah berikut ini.

Keputusan untuk nggak mudik tahun ini memberimu kesempatan untuk menjamu keluarga maupun teman-teman yang datang untuk bersilaturahmi. Agar para tamu dapat menghabiskan waktu dengan nyaman dan kebersamaan kian terjaga, saatnya mempercantik rumah Sahabat Dream. Tak perlu keluar banyak uang kok, cukup lakukan beberapa trik mudah berikut ini.

Pasang Wallpaper

Dinding ruang tamu atau keluarga mulai tampak kusam. Daripada menyewa tukang cat, ada cara hemat untuk menghadirkan suasana baru, yaitu dengan menggunakan Wallpaper Dinding.

Pilih warna cerah dengan motif yang nggak terlalu ramai untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas dan terang. Mulai dari wallpaper foam 3D yang kekinian hingga wallpaper bermotif batik atau garis-garis yang sederhana. Mengaplikasikannya ke dinding pun cukup mudah, tinggal sediakan perlengkapannya dan memasangnya dengan hati-hati agar tampak rapi.

Tata Ruangan

Tak punya anggaran untuk membeli perabotan baru? Tenang, ada cara mudah untuk menyiasatinya misalnya dengan menggeser sofa, meletakkan karpet dan bantal di bawah untuk area duduk, hingga meletakkan meja di sudut untuk tempat kue dan camilan lainnya. Jika sofa dalam keadaan yang kotor bisa dibersihkan terlebih dahulu atau gunakan kain pembungkus sofa untuk menyamarkan tampilannya yang mulai kusam.

Tambahkan Dekorasi Sederhana

Untuk menghidupkan ruangan, tambahkan beberapa elemen dekorasi yang menarik. Mulai dari pigura foto atau kaligrafi bernuansa islami di dinding, meletakkan tanaman hias atau rangkaian bunga untuk menyegarkan suasana, hingga memajang cermin dengan bingkai unik. Bukan hanya menjadikan ruangan tampak lebih indah tapi juga memberikan ilusi ruang yang lebih luas.

Wadah Makanan

Berkumpul bersama keluarga atau menyambut kerabat maupun teman-teman yang datang berkunjung tentunya kurang semarak tanpa kehadiran makanan khas Lebaran. Bukan hanya menyajikan makanan berat dalam wadah yang menarik, tapi juga kemasan kue kering maupun camilan lainnya.

Gunakan toples bening berbahan kaca atau plastik untuk memudahkan par atamu memilih makanan yang ingin dicicipi. Jangan biarkan wadah makanan tampak polos, tambahkan dekorasi cantik seperti pita atau hiasan yang identik dengan Lebaran lainnya.

Jaga Kebersihan Ruang

Bukan hanya memikirkan soal dekorasinya saja, ruang yang bersih dan tertata rapi bikin penghuni dan para tamu merasa nyaman. Selain membersihkan ruang yang dipakai untuk menyambut tamu, seperti ruang tamu atau keluarga, jangan lupa untuk menjaga kebersihan dapur dan kamar mandi. Tambahkan keset dengan desain menarik atau tambahkan aromaterapi yang dapat menyamarkan bau tak sedap.

Jangan Lupakan Taman

Kalau memiliki taman di rumah, coba rapikan sebelum para tamu datang. Apalagi jika taman berada di depan yang nantinya akan dilewati oleh banyak orang, sebisa mungkin rapikan cabang tanaman, potong rumput dan jangan lupa untuk menyiramnya. Jika nggak memiliki taman, atur pot-pot tanaman di halaman rumah untuk memberikan sentuhan asri dan sejuk.

Mumpung masih ada waktu, nggak ada salahnya untuk bersiap sejak dini, salah satunya penuhi semua kebutuhan Ramadan di Tokopedia. Serta nikmati berbagai promo Ramadhan, hadiah dan penawaran menarik lainnya mulai 1 April-13 Mei 2020. Jangan lupa top up OVO, karena dengan OVO transaksi belanja online jadi lebih praktis! (adv/eth/tmi)

Beri Komentar