Ilustrator Rachel Ajeng `Lawan` Stereotipe Wanita Asia

Reporter : Cynthia Amanda Male
Kamis, 6 Desember 2018 10:42
Ilustrator Rachel Ajeng `Lawan` Stereotipe Wanita Asia
Dia pernah tidak pede dengan penampilannya sebagai wanita Asia, tapi kini tidak.

Dream – Banyak tren makeup yang bermuncukan dalam satu waktu. Gaya makeup pun tidak bisa disamakan antara satu orang dengan yang lainnya. Setiap orang punya gaya yang khas.

Sama halnya dengan pelukis. Setiap lukisan mereka memiliki karakteristik unik yang tidak dimiliki oleh orang lain.

Tapi, tidak semua orang bisa tampil percaya diri dengan gayanya masing-masing. Apalagi dengan adanya media sosial yang mempermudah masuknya komentar negatif.

Hal ini dirasakan oleh Ilustrator muda, Rachel Ajeng. Dia sempat mengalami kesulitan untuk merasa pede sebagai wanita Asia.

Stereotipe wanita adalah berkulit putih, bertubuh mungil dan berambut lurus. Sementara dia memiliki rambut keriting sebahu dan berkulit sawo matang.

" Aku belajar banget waktu kuliah, kalau banyak orang seperti aku. Jadi aku nggak merasa aneh atau sendirian,” kata Ajeng dalam “ Make Over Beauty Beyond Rules” di Jakarta.

" Ketika sudah bisa menerima diri sendiri, aku bisa berkarya lebih lepas," kata wanita yang akrab disapa Ajeng ini di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Rabu 5 Desember 2018.

Lewat kepercayaan diri itu, Ajeng mulai belajar menemukan karakternya, baik berpenampilan maupun melukis ilustrasi.

" Kalau makeup aku selalu pilih warna hangat seperti coklat dan oranye. Itu juga warna yang sering dipakai untuk melukis,” kata dia.

Ajeng mengatakan makeup warna hangat itu sesuai dengan karakternya yang menyukai kehangatan dan bertemu dengan orang-orang baru. 

2 dari 2 halaman
asset dream.co.id
Beri Komentar
Ditemukan Luka Tembak Pada Jenazah Karyawan Istaka Karya