Transformasi Mitsubishi Triton: Si Mewah Penakluk Ganasnya Alam Liar

Reporter : Arie Dwi Budiawati
Jumat, 19 Maret 2021 17:17
Transformasi Mitsubishi Triton: Si Mewah Penakluk Ganasnya Alam Liar
Mobil double cabin ini bisa `melahap` medan-medan berat.

Dream – Mitsubishi Motors sudah dikenal lama sebagai produsen kendaraan tangguh yang bisa melaju di beragam medan berat. Salah satunya adalah pikap double cabin, yaitu Mitsubishi Triton.

Sejarah Triton ini dimulai sejak 1978. Kala itu, pikap ini dijual dengan nama Forte dan L200. Di Indonesia, mobil ini baru diperkenalkan pada 2002.

Seiring dengan perkembangan tren dan teknologi, kendaraan niaga ringan memimpin pasar small pick up 4x4. Mobil itu sudah mengalami beberapa kali perubahan fitur dan nama.

Menurut Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, Ryoichi Inaba, ketangguhan dan keandalannya terbukti telah dipercaya penggelut bisnis hingga segmen hobi. Bahkan dijadikan mobil resque (tanggap bencana).

Triton memiliki peran penting bagi beragam industri di Indonesia, utamanya di sektor pertambangan, minyak dan gas serta perkebunan. " Kini populasi lebih dari 117 ribu unit,' ujar Ryoichi Inaba.

Berikut ini adalah sejarah Triton di Indonesia.

1 dari 8 halaman

Mitsubishi Multistrada L200 (2002)

Ini adalah generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang hadir di Tanah Air pada tahun 2002 silam. Wujud Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan bentuk double cabin.

Mitsubishi Multistrada L200 (2002)

Memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia untuk kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 ini dibekali mesin 4D56 2.5 L dengan teknologi intercooler. Tenaga Strada L200 ini mampu menghasilkan hingga 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Ground clearance yang tinggi dan fitur turbo intercooler membuat Triton digemari oleh kalangan offroader.

2 dari 8 halaman

Mitsubishi Strada Triton (2008)

Pada tahun 2008, Mitsubishi menghadirkan generasi kedua dengan mengusung nama Strada Triton dengan perubahan total. Peningkatan signifikan terdapat pada sektor mesin untuk varian GLS dan Exceed menggunakan mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Sedangkan untuk varian GLX menggunakan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Awal tahun 2010, Strada Triton mendapatkan minor facelift serta memiliki tipe baru, yaitu GLS AB Double Cabin dengan tambahan airbag dan rem ABS. Produsen mobil berlogo tiga berlian ini juga memperkenalkan fitur modern easy select 4WD di Triton.

 

Mitsubishi Strada Triton (2008)

 

Enam tahun kemudian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) menghadirkan generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power pada 2014 yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.

Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus. Transmisi ini menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi.

3 dari 8 halaman

Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)

Pada 2014, MMKSI menghadirkan generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power yang mengusung mesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Hadirnya generasi terbaru ini juga lengkap dengan tampilan eksterior dan interior mewah layaknya kendaraan penumpang kelas atas.

 

Mitsubishi Strada Triton Hi Power (2014)

Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power dilengkapi dengan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang memberikan perpindahan kecepatan yang halus serta dapat menciptakan profil kendaraan yang sesuai dengan karakteristik pengemudi.

Kendaraan double cabin ini juga dilengkapi dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly yang memungkinkan pengemudi memindahkan sistem penggerak 2WD ke 4WD saat kendaraan sedang berjalan (selama kecepatan masih di bawah 100 km per jam).

4 dari 8 halaman

Mitsubishi Triton (2015)

Diluncurkan pada tahun 2015, generasi baru dengan nama Mitsubishi Triton diluncurkan dengan mengusung tagline “ Sport Utility Double Cabin” dengan empat konsep, yaitu Modern, Fungsional, Handal dan Nyaman. Triton juga mengunggulkan desain bak yang lebih besar dibandingkan pendahulunya.

 

Mitsubishi Triton (2015)

 

Untuk area mesin, Triton ini masih menggunakan mesin 4D56 2.5 liter 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT. Tenaganya mampu menghasilkan 176 hp pada 4000 rpm dan torsi 40.8 kgm di 2000 rpm. Triton ini mengalami peningkatan pada torsi dibandingkan pendahulunya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1800 – 3500 rpm.

Mitsubishi Triton ini juga sudah dibekali dengan fitur keamanan canggih, seperti SRS Airbag, immobilizer, collapse steering column, ABS – EBD dan sasis dilengkapi Reinforced Impact Evolution untuk menyerap energi benturan demi melindungi penumpang.

5 dari 8 halaman

Mitsubishi Triton Athlete (2018)

Varian ini diluncurkan untuk menyasar pada pehobi offroad. Tepat di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018. Triton Athlete hadir dengan penyegaran utama dari segi tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty dan stylish serta tangguh untuk berpetualang.

Kenyamanan disuguhkan melalui keyless operation system, push start button dan leather seat material+power seat dengan paduan aksen hitam dan oranye pada interior.

 

 

Mitsubishi Triton Athlete (2018)

 

Pada sisi eksterior Triton Athlete menawarkan penyegaran pada desain, seperti Sporty Black Grille; Stylish Sporty Bar; Aggressive 17 inch Alloy Wheel, Sporty Front Bumper Garnish, Stylish Body Stripping, Stylish Gate Spoiler, Sporty Black Side Step, Sporty Rear Bumper, Sporty Black Door Handle, Sporty Black Electric Folding Door Mirror, Stylish HID Headlamp With DRL.

Spesifikasi mesin yang ditawarkan masih serupa dengan varian sebelumnya, yaitu Berkode 4D56, mesin 2.5 liter dengan VGT mampu menghasilkan tenaga sebesar 176 HP dan 400 Nm. Mesin dikawinkan dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan atau otomatis 5-percepatan.

6 dari 8 halaman

Mitsubishi New Triton (2019)

Setahun berikutnya, MMKSI menghadirkan penyegaran terbaru untuk Triton dengan memasarkan New Triton di pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kendaraan ini sudah memiliki tampilan yang lebih segar berkat desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors.

Selain punya wajah yang jauh lebih segar dan keren, generasi baru dari Mitsubishi New Triton ini juga punya mesin baru. Mesin yang ditanamkan menggunakan mesin berkode 4N15 yang sama dengan milik Pajero Sport. Mesin ini berkapasitas 2.400 cc, 4 silinder, turbocharger.

Tenaga yang dapat dihasilkan dari mesin ini mencapai 180 hp. Mesin tersebut dipadukan dengan dua pilihan transmisi yakni 5 dan 6 percepatan manual, serta 6 percepatan otomatis. Percepatan manual 5 speed hanya tersedia pada Mitsubishi New Triton varian terendah single cabin.

Mitsubishi New Triton (2019)

New Triton ini hadir dengan enam varian, mulai dari varian tertinggi yakni Ultimate A/T Double Cabin 4WD dan dibawahnya ada varian Exceed MT Double Cabin 4WD. Untuk dua varian double cabin lainnya yaitu GLS MT Double Cabin 4WD dan varian HDX MT Double Cabin.

Sementara untuk dua varian yang mempunyai single cabin adalah HDX MT Single Cabin 4WD dan GLX HR MT Single Cabin 2WD. Seluruh varian Mitsubishi Triton diproduksi di pabrik Mitsubishi Motors di Laem Chabang, Thailand.

Mitsubishi Triton di Indonesia sendiri berhasil meraih penjualan terbesar ketiga di dunia, setelah Thailand dan Australia. Di Indonesia, Mitsubishi Triton dengan penggerak empat roda menyumbangkan market share sebesar 65 persen. Hal ini pula membuat Triton diklaim sebagai rajanya pikap 4x4.

7 dari 8 halaman

Tak Kalah dari Sedan Mewah

Mitsubishi New Triton hadir dengan desain garang khas petualang dan tetap menawarkan kemewahan. 

Grille dan bumper mengusung dengan gaya Dynamic Shield ala Mitsubishi. Penampilannya kini jauh lebih modern dan mewah, berkat adanya aksen berbahan krom di kaca spion, tuas pembuka pintu serta bagasi. Seluruh lampu juga sudah memakai teknologi LED yang hemat energi.

Bak yang biasa dipakai untuk membawa barang sudah dilengkapi dengan bed liner, sehingga aman dari goresan. Tersedia pijakan kaki untuk masuk ke dalam kabin.

Interiornya juga tidak kalah dari sedan mewah. Tersedia pelapis kulit dan panel instrumen dengan tambahan layar LCD untuk menampilkan beragam informasi.

Untuk sistem hiburan sudah 2-DIN, jadi lebih mudah diakses dan bisa terhubung ke ponsel serta memutar tayangan video. Pada setir dipasang tombol untuk mengatur audio dan fitur cruise control.

Pengaturan penyejuk kabin memakai sistem digital, dan di dekatnya tersedia soket untuk mengisi ulang baterai ponsel. Kaca spion dalam dibekali teknologi yang bisa meredupkan sinar dari lampu kendaraan di belakang secara otomatis.

Mobil yang dibekali ABS, kontrol traksi, sensor kondisi belakang saat mundur, dan hill start assist ini ditawarkan dengan harga mulai dari Rp247 juta on the road Jakarta.

8 dari 8 halaman

Merasakan Sensasi Ganasnya 'King of The King' Triton

Reputasi 40 tahun Mitsubishi Triton sebagai kendaraan double cabin 4x4 menempatkannya sebagai 'King of the King' di kelasnya. Reputasi itu makin melekat kuat pada sosok New Triton yang diuji coba di sirkuit off road di kawasan BSD Serpong, Tangerang, Banten, saat mobil ini diluncurkan pada Agustus 2019.

Panitia menyiapkan tiga buah New Triton 4x4 untuk melahap rute tanah liat sejauh 1,4 kilometer. Tujuannya agar merasakan sensasi kegarangan New Triton di berbagai lintasan off road dengan medan cukup berat.

Mitsubishi juga menyiapkan tiga pereli profesional, dua diantaranya dari Jepang, Hiroshi Masuoka dan Kazuto Koide yang sangat berpengalaman di rali Paris Dakar dan pereli nasional Rizal Sungkar, saat awak media melakukan test ride.

Pada kesempatan ini Dream mencoba rasakan menjadi penumpang--bangku depan--New Triton 4x4 yang kemudikan pereli Rizal Sungkar. " Kita selfie dulu bro," ajak Rizal sebelum menggeber rival Toyota Hilux.

Mitsubishi New Triton© Dream

Begitu masuk, interiornya memang mewah. Rasanya sangat nyaman. Raungan mesin diesel 4N15 berkapasitas 2,4 liter yang muncul tidak terlalu mengganggu kesenyapan kabin. Dan go!

Mitsubishi New Triton© Dream

Di bawah terik matahari menyengat, Triton langsung digeber. Rute tahan liat yang sebagian berdebu dan basah, dapat dilahap tanpa kendala. Bahkan tikungan tajam dan sulit mampu dilalui dengan mulus meski dengan kecepatan tinggi. Gokil sih!

Mitsubishi New Triton© Dream

Goncangan yang muncul akibat akselerasi boleh dibilang masih dalam batas kewajaran. Mengingat lintasan tidak rata didominasi tanah liat basah dan berlumpur.

" Asyik kan!" seru Rizal di balik kemudi saat melahap tikungan tajam.

Mitsubishi New Triton© Dream

Sejumlah penyempurnaan yang dilakukan membuat New Triton memiliki akselerai yang lebih ok dari pendahulunya. Selain itu, tersemat juga fitur baru, off road mode yang memaksimalkan traksi dan parameter stabilitas kontrol sesuai kondisi medan, serta hill decent control yang berfungsi mengontrol katup agar kecepatan kendaraan terjaga saat melintasi berbagai permukaan jalan.

Mitsubishi New Triton© Dream

Tanpa terasa kita sudah kembali ke titik start. Dari sesi test ride singkat itu bisa disimpulkan; predikat 'King of the King' agaknya tidak 'lebay' jika melihat kemampuan New Triton yang punya keunggulan lebih dibanding kompetitor.

Beri Komentar