Sering Menunda Istirahat, Kesehatan Jiwa Taruhannya

Reporter : Mutia Nugraheni
Senin, 7 November 2022 17:48
Sering Menunda Istirahat, Kesehatan Jiwa Taruhannya
Bukan hanya istirahat secara fisik, tapi juga pikiran.

Dream - Kesibukan kuliah, bekerja, pergaulan dan aktivitas di dunia maya, membuat waktu berputar dengan sangat. Hal ini seringkali tak disadari. Tenggelam dalam kesibukan, membuat kita jadi menyepelekan waktu istirahat.

Rasanya seperti rugi jika waktu digunakan untuk istirahat. Faktanya, istirahat adalah sesuatu yang vital bagi tubuh kita, dan hal yang harus diprioritaskan. Abraham Maslow, psikolog ternama asal Amerika Serikat, merancang piramida kebutuhan.

Ia menempatkan prioritas kebutuhan dasar dan istirahat adalah salah satunya. Bukan hanya istirahat secara fisik, tapi juga pikiran.

" Juga berarti memberi pikiran ruang untuk memutuskan hubungan dari rutinitas, memberi ruang untuk diri sendiri, dan tidak sibuk sepanjang waktu. Dengan kata lain, membiarkan diri beristirahat berarti membiarkan harmoni mengalir antara tubuh, pikiran, dan emosi," ujarnya.

 

1 dari 4 halaman

Untuk membuat kehidupan lebih seimbang, ada beberapa trik yang bisa Sahabat Dream terapkan.

Atur Prioritas
Demi mendapat istirahat berkualitas, penting untuk mengatur prioritas dalam keseharianmu. Tuliskan apa yang harus dilakukan dalam satu hari, di pagi hari. Dahulukan yang paling penting. Ini cukup membantu mengurai " rencana di otak" agar pikiran tak terlalu terbebani.

Lakukan Secara Bertahap
Lakukan kegiatan atau goals dengan bertahap, multitasking akan mengurangi efektivitas kerja. Hasil pekerjaan dan aktivitas pun jadi tak maksimal.

Ketahui yang Harus Dilakukan segera
Mengerjakan yang harus dilakukan segera akan membantu mengatur prioritas kamu. Cari yang paling berdampak besar, dan bila ditunda akan sangat fatal. Hal ini cukup bisa menentukan prioritas.

Penting untuk menyediakan waktu tenang, melepaskan rutinitas, dan memberikan waktu pada diri sendiri. Kurang istirahat bukan hanya membuat fisik mengalami kelelahan hebat, tapi juga psikologis jadi tak stabil.

Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Exploring Your Mind

2 dari 4 halaman

Bebas Ribet, Coba 6 Cara Redakan Stres dan Rasa Sakit

Dream - Meminimalkan stres yang disebabkan kehidupan sehari-hari penting untuk kesehatan secara keseluruhn. Terkadang, saat level stres tinggi sampai memicu rasa nyeri di bagian tubuh tertentu.

Misalnya kepala terasa pusing, leher tegang, perut mual dan masih banyak lagi. Dalam kondisi seperti ini, idealnya kita beristirahat dan mencari cara untuk menurunkan level stres.

Ada beberapa cara juga yang bisa dilakukan untuk meredakan stres dan nyeri. Sahabat Dream bisa melakukan beberapa hal berikut ini

Taruh Es di Area Tubuh yang Sakit
Mungkin Sahabat Dream sudah familiar dengan mengobati rasa sakit menggunakan es batu. Hal ini karena es batu dapat membantu menangani cedera serta peradangan dan pembengkakakan pada tubuh. Ambil saja es batu dan taruh di area tuuh yang sakit. Bisa juga menggunakan kompres es.

Pijat Bagian Tengah Alis untuk Kurangi Penat
Bagian tengah alis adalah salah satu titik tekanan yang dapat mengurangi semua jenis rasa sakit dan stres. Memberi tekanan pada titik tersebut bisa menjadi salah sati cara untuk menghilangkan stres dan rasa cemas dari tubuh.

 

 

3 dari 4 halaman

Pijat Telinga
Selain dahi, telinga merupakan salah satu titik tekanan lainnya. Memijat telinga dapat membantu mengurangi rasa stres. Lakukan pijatan dengan lembut, bisa dengan menggunakan baby oil.

Konsumsi oatmeal
Oat atau gandum mempunyai segudang manfaat bagi tubuh, salah satunya dapat menbantu relaksasi tubuh. Jika rutin dikonsumsi, magnesium dan potassium yang terjandung pada oatmeal berfungsi menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kadar serotonin, yang bisa meredakan stres.

 

4 dari 4 halaman

Minum Jus Jeruk
Jeruk kaya akan vitamin C, yang diketahui dapat membantu mengurangi stres. Stres itu sendiri sering dikaitkan dengan kekurangan vitamin C. Sehingga, mengkonsumsi jus jeruk adalah salah satu cara termudah untuk mendapatkan kadar vitamin C bagi tubuh. Pastikan saja jus tersebut berasal dari perasan jeruk asli, bukan jus kemasan.


Mengunyah Permen Karet
Permen karet ternyata bisa membantu meredakan stres dan kecemasan. Menurut sebuah studi, mengunyah permen karet dapat mengurangi stress yang dirasakan pada peserta penelitian. Jadi, selalu sediakan permen karet di tas, Sahabat Dream.


Laporan: Meisya Harsa Dwipuspita/ Sumber: Brightside

Beri Komentar