Simak Daerah yang Lebih Dulu Dapat Pelat Nomor Putih

Reporter : Nabila Hanum
Rabu, 15 Juni 2022 14:14
Simak Daerah yang Lebih Dulu Dapat Pelat Nomor Putih
Peralihan warna pelat kendaraan akan diprioritaskan pada tiga daerah ini.

Dream - Korlantas Polri akan menerapkan peralihan pelat kendaraan dari warna dasar hitam menjadi warna putih. Peralihan warna pelat kendaraan itu lebih dulu diterapkan di tiga wilayah, yakni Jawa Timur, Jawa Barat, dan Sumatera Utara.

" Alhamdulillah, saat ini material (pelat) sudah cukup banyak yang diproduksi. Kita utamakan wilayah yang materialnya sudah habis, Jawa Timur, Jawa Barat, Sumatera Utara," kata Kasubdit STNK Korlantas Polri, Kombes Taslim Chairuddin, dilansir dari Merdeka.com, Rabu 15 Juni 2022.

Taslim menyebut, untuk kendaraan yang pajak lima tahunannya sudah habis masa berlaku akan mendapatkan pelat berwarna putih.

" Kapan persisnya sulit saya jawab secara pasti. Oleh sebab itu masyarakat sabar saja dan menunggu saja perkembangannya. Di awal saya prediksi di pertengahan Juni ini sudah mulai digunakan, ternyata sisa stok masih ada, ini bukan bermaksud main-main, melainkan sekedar prediksi," ujarnya.

Dia menjelaskan, ada beberapa mekanisme untuk masyarakat bisa mendapatkan plat putih. Salah satunya yakni dengan masa plat lima tahunannya itu sudah mulai habis.

" Mekanismenya sama dengan layanan Regident selama ini, berproses secara alami, masyarakat datang minta layanan Regident. Lalu kita gunakan material yang ada, namun kita prioritaskan dulu untuk menghabiskan material stok lama," jelasnya.

1 dari 2 halaman

Berlaku Juni 2022, Simak Syarat Ganti Pelat Nomor Putih Gratis

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri akan memberlakukan penggantian pelat nomor putih pada kendaraan mulai bulan Juni 2022.

" (pelat putih) Tahun ini kan. Ini kan masih dilelang, lelang ini sudah selesai, nah ada pertanyaan, kira-kira kapan pak? Secepatnya gitu. Karena lelang sudah selesai mudah-mudahan secepatnya nih," kata Dir Regident Korlantas Polri, Brigjen Yusri Yunus.

Namun demikian, bagi kendaraan yang masih menggunakan pelat hitam tidak perlu terburu-buru untuk mengganti dengan warna putih.

" Jadi ya semoga secepetnya ini, kalau ininya udah selesai cepet. Bisa bulan Juni? Bisa jadi kalau sudah cepet, pokoknya tahun ini tahun ini pelat putih. Sama enggak ada prioritas wilayah," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Syarat Ganti Pelat Nomor Putih

Yusri mengatakan bahwa kebijakan penggantian pelat nomor putih ini tidak akan dikenakan biaya tambahan.

" Enggak ada. Kalau pas pelat hitam keluar biaya enggak? Enggak. Sama saja kayak pelat hitam,” kata Yusri Yunis dikutip dari laman NTMC Polri, Jumat 20 Mei 2022.

Pemilik kendaraan hanya membayar pajak lima tahunan seperti biasanya dan langsung mendapatkan pelat nomor putih.

Penggantian pelat nomor putih akan dilakukan secara bertahap. Oleh karena itu, bagi pemilik kendaraan dengan pelat nomor hitam tidak perlu melakukan pergantian pelat nomor putih sebelum masa berlakunya habis pada tahun ini.

Menurutnya, perubahan warna tersebut bertujuan untuk memuluskan pelaksanaan efektivitas ETLE. Sebab, penggunaan warna dasar putih tulisan hitam pada pelat nomor kendaraan akan lebih mudah terbaca oleh kamera pengawas di jalan.

Beri Komentar