Bagaimana Reaksi Jeep Ketika Mengetahui Suzuki Jimny Meluncur? (Foto: Dream.co.id/Arie Dwi Budiawati)
Dream – Suzuki belum lama ini merilis Jimny terbarunya. Mobil 4x4 ini menyapa penggemar off road di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019.
Lalu, bagaimana respons kompetitor? Agen Pemegang Merek (APM) Jeep di Indonesia, Hascar, angkat bicara tentang mobil anyar Suzuki ini.
“ Sama-sama (kendaraan) ikonik,” kata CEO Hascar, Ari Utomo, kepada wartawan di booth Jeep, ICE BSD, Tangerang, Banten, kemarin.
Namun, ketika disinggung harga, Ari enggan membahas lebih lanjut. Sebab, selisih harga Suzuki Jimny dengan Jeep Wrangler terbilang jauh.
Harga Jeep Wrangler seharga Rp1,34 miliar - Rp1,65 miliar, sedangkan Jimny Rp315,5 juta untuk transmisi manual dan Rp328 juta untuk transmisi otomatis.
“ Saya nggak mau ngomongin brand lain. Kami punya kualitas dan kelas yang berbeda,” kata dia.
Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali memperkenalkan Jimny kepada para penggemar otomotif Indonesia. Mobil berpenggerak roda 4x4 dihadirkan untuk memenuhi permintaan pecinta offroad.
" Untuk mengapresiasi pencinta Jimny, kami meluncurkan Jimny generasi keempat yang menghadirkan fitur-fitur modern," ujar President Director PT SIS, Seiji Itayama, dalam gelaran GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

Suzuki Jimny pertama kali hadir di Indonesia pada 1979. Hingga saat ini, mobil tersebut telah terjual sebanyak 130 ribu unit.
Seri terbaru Jimny yang diluncurkan tahun ini dilengkapi mesin empat silinder berkapasitas 1.462 cc, 102/6.000 ps @rpm, 130/4.000 nm @rpm dengan sistem penggerak 4-wheel drive.
Soal desain, kata Seiji, Jimny 2019 mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya. Contohnya, bentuk fog lamp dan headlamp LED project mengadopsi dari Jimny LJ80, dua garis horizontal di sisi kap mesin mengambil desain dari Jimny SJ410 dan bentuk grille diwarisi dari Jimny JB77.

Jimny keluaran terbaru ini memiliki delapan warna yakni super white, silky silver metallic, medium gray, bluish black pearl 3, jungle green, kinetic yellow+bluish black pearl 3, brisk blue metallic+bluish black pearl 3, chiffon ivory metallic+bluish black pearl 3.
Selain mengusung banyak warna, Jimny terbaru juga menawarkan pilihan transmisi manual dan automatic.
Untuk harga, mobil ini dibanderol Rp315,5 juta untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi automatic, harganya sebesar Rp328 juta.

Suzuki tidak akan menerapkan kebijakan khusus untuk penjualan Jimny 2019. Berbeda dengan Jimny 2017 yang ditawarkan terbatas hanya 88 unit, Jimny 2019 ditargetkan terjual 50 unit per bulan untuk seluruh Indonesia.
" Kebetulan alokasi kita terima 50 unit perbulan," kata 4W Sales Director PT SIS, Makmur.
Menurut Makmur, target penjualan sebanyak 50 unit per bulan itu sesuai dengan kebijakan dari Jepang selaku tempat pembuatannya. Sebab, saat ini Jimny belum dapat diproduksi di Indonesia.
Pada bagian lain, Marketing Director SIS, Donny Saputra, memastikan produk Jimny 2019 aman. Dia yakin tidak akan ada recall atau penarikan unit untuk pasar Indonesia. " Recall hanya terjadi di Jepang," kata dia.
Donny memastikan jika Jimny yang dikirimkan dari Jepang ke Indonesia tidak bermasalah sama sekali.
" Terkait recall hanya yang dipasarkan domestik di Jepang saja," ucap dia.
Dream - Wrangler Indonesia sedang mencari para petualang sejati yang akan dibawa ke Amerika Serikat. Para True Wanderer itu akan diseleksi dan dua pemenang berkesempatan traveling hari di Las Vegas dan Los Angles, Amerika Serikat dibekali uang saku senilai US$ 750.
Brand Manager Wrangler Indonesia, Liga Meirani mengatakan, pencarian True Wanderer 2019 ini sudah masuk di tahun kelima.
" Acara ini yang sudah kita lakukan yang ke lima, yang ditujukan untuk menjalin rasa persaudaraan dengan brand Wrangler dengan komunitas yang mencintai kegiatan outdoor yang biasa kita berikan reward," ujar Meirani di Jakarta, Selasa 7 Mei 2019.
General Manager Marketing and Communication Wrangler Indonesia, Ludy Paat mengatakan, untuk mengikuti acara ini sangat mudah. Calon peserta cukup mengunggah foto atau video di Instagram dan Facebook dengan menggunakan #TW2019, #TrueWonderer2019, #WranglerJeansID, #Live2Wander.
" Kalau tahun kemarin itu harus daftar isi biodata di website dulu, kemudian upload video di website. Tahun ini simple banget," ucap Ludy.
Dengan kemudahan itu, Wrangler Indonesia menargetkan akan ada 50 peserta yang mengikuti acara ini. " Karena ini daftarnya gampang banget jadi pesertanya 50 ribu. Tahun kemarin itu yang daftar 11.321," kata dia.
Waktu pendaftaran dilaksanakan dari 7 Mei hingga 16 Juni 2019. Dari hasil pendaftaran itu akan disaring 10 finalis yang akan diumumkan pada 23 Juni 2019.
Sepuluh finalis itu kemudian akan diseleksi kembali dengan diberikan kesempatan traveling dari 3-7 Juli 2019. Dalam traveling itu, para finalis akan ditantang membuat konten dengan tema #TrueFoodie, #TrueFriends, #TrueCulture, #TrueView dan #TrueDenim.
Setelah itu, ke sepuluh finalis itu akan diseleksi kembali dan menghasilkan dua pemenang. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada 15 Agustus 2019.(Sah)
Advertisement
Jadi Pahlawan Lingkungan Bersama Trash Hero Indonesia

10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu

KAJI, Komunitas Bagi Para Alumni Mahasiswa Indonesia di Jepang

4 Komunitas Seru di Depok, Membaca Hingga Pelestarian Budaya Lokal

Universitas Udayana Buka Suara Terkait Dugaan Perundungan Timothy Anugerah


Azizah Salsha di Usia 22 Tahun: Keinginanku Adalah Mencari Ketenangan
Hj.Erni Makmur Berdayakan Perempuan Kalimantan Timur Lewat PKK

Benarkah Gaji Pensiunan PNS Naik Bulan Ini? Begini Penjelasan Resminya!

Timnas Padel Indonesia Wanita Cetak Sejarah Lolos ke 8 Besar FIP Asia Cup 2025

Hore, PLN Berikan Diskon Tambah Daya Listrik 50% Hingga 30 Oktober 2025

AMSI Ungkap Ancaman Besar Artificial Intelligence Pada Eksistensi Media


10 Brand Kosmetik Paling Ramah Muslim di Dunia, Wardah Nomor Satu